Sukses

Tips Makan di Luar untuk Penderita Diabetes

Aturan diet kerap membuat penderita diabetes bingung ketika harus makan di luar rumah. Agar kadar gula darah tetap stabil, ikuti enam tips ini.

Penderita diabetes harus taat pada aturan makan yang diterapkan dokter. Pola makan diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes) harus dijaga baik agar kondisi kadar gula darah tetap normal dan tak ada gejala atau komplikasi yang muncul. 

Karena hal tersebut, diabetesi terkadang khawatir bila diajak makan di luar rumah. Mereka takut jika dietnya menjadi tak terkontrol saat makan di restoran Namun, hal itu bukanlah masalah besar. Menurut dr. Theresia Rina Yunita, ada beberapa tips makan di luar rumah untuk diabetesi.

Pertama. usahakan untuk makan di waktu yang sama setiap hari agar kadar gula darah tetap stabil. Lalu, pilih makanan dengan sumber karbohidrat sehat. Dokter Theresia mengatakan, “Biasakan untuk pesan nasi merah dibandingkan nasi putih saat makan di luar rumah.” 

“Porsi makan juga harus secukupnya, tidak sedikit dan tidak berlebih, sebaiknya didiskusikan dengan dokter atau ahli gizi,” tambah. dr. Theresia. Untuk tahu tips makan di luar rumah bagi penderita diabetes, simak ulasan lengkap berikut ini. 

Artikel Lainnya: Menu dan Pola Makan untuk Meringankan Gejala Diabetes

1 dari 3 halaman

1. Sebelum berangkat, Pantau Gula Darah Terlebih Dahulu

Sebelum makan di luar rumah, perhatikan dan periksa kadar gula dalam darah. Jangan lupa untuk selalu membawa obat saat makan dan alat glukometer untuk mengecek kadar gula darah setelah Anda makan di luar rumah.

2. Cari Tahu Menu Restoran

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini Anda bisa mencari tahu menu makanan restoran yang dituju secara online. Mengetahui menu dapat membantu merencanakan makanan apa yang akan dipesan. 

Dengan melihat foto makanan di menu restoran, Anda juga bisa mendapat gambaran seberapa besar porsi atau ukuran hidangan yang disajikan.

3. Pilihlah Menu yang Sehat

Kunci menikmati makan di luar adalah memilih hidangan bergizi. Hal ini memang tidak mudah, karena makanan di beberapa restoran biasanya mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Anda bisa bertanya dan meminta rekomendasi pelayan tentang pilihan menu yang lebih sehat. Sesuaikan menunya dengan pantangan dan anjuran makanan untuk kondisi diabetes.

Artikel Lainnya: Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

2 dari 3 halaman

4. Memerhatikan Minuman yang Anda pesan

Mengonsumsi minuman manis membuat tubuh harus menerima kalori dalam jumlah berlebih. Oleh karena itu, Anda harus menghindari memesan minuman manis.

“Kurangi atau hindari juga memesan minuman yang berwarna karena umumnya menggunakan gula. Cobalah ganti dengan air putih atau jika mau jus mintalah tidak menggunakan gula,” kata dr. Theresia. 

5. Bawalah Pemanis sendiri

Penderita diabetes dapat mengonsumsi minuman manis dengan membawa pemanis buatan khusus untuk diabetesi. 

“Tidak semua resto menyediakan sweetener (pemanis) pengganti untuk diabetes. Untuk itu, bawalah sweetener sendiri untuk berjaga-jaga,” ujar dr. Theresia. 

6. Pilih Menu Anak 

Rata-rata makanan cepat saji mengandung lebih dari 1.000 kalori. Untuk menjaga agar tidak kelebihan kalori, Anda bisa memesan menu anak-anak daripada menu biasa untuk orang dewasa. 

Itu dia kesembilan tips makan di luar rumah bagi penderita diabetes. Untuk tahu informasi seputar penyakit diabetes lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa dapatkan produk kesehatan khusus penderita diabetes di Belanja Sehat. 

(OVI/JKT) 

0 Komentar

Belum ada komentar