Sukses

Aturan Mengkonsumsi Singkong untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus membatasi konsumsi nasi putih. Singkong bisa jadi alternatifnya. Simak manfaat dan tips makan singkong untuk diabetes.

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang menyediakan beberapa nutrisi penting. Tak hanya enak dan bergizi, cara pengolahannya pun mudah. Singkong bisa dimakan secara utuh atau dimasak menjadi beragam hidangan.

Singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sehat, tak terkecuali bagi penderita diabetes. Bagaimana manfaat singkong untuk diabetes dan aturan aman mengonsumsinya? 

Artikel lainnya: Manfaat Ubi Jalar untuk Diabetes, Mampu Turunkan Gula Darah?

1 dari 3 halaman

Singkong Dapat Mendukung Kesehatan Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus membatasi konsumsi karbohidrat yang mengandung banyak gula. Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, singkong boleh dimakan oleh penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah. “Nilainya di bawah batas nilai IG, yaitu 55,” kata dr. Dyah Novita. 

Melansir Healthline, 100 gram singkong rebus mengandung 112 gram kalori, 27 gram karbohidrat, 1 gram serat, serta tiamin, fosfor, kalsium, dan riboflavin.

Singkong mengandung pati resisten yang tinggi, yaitu sejenis pati yang dapat melewati pencernaan dan memiliki sifat yang mirip dengan serat larut. Mengonsumsi makanan tinggi pati resisten dipercaya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Pati resisten akan memberi makan bakteri baik di usus agar dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Pati resisten juga telah dipelajari khasiatnya untuk kesehatan metabolisme yang lebih baik dan mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan potensinya untuk kontrol gula darah, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi nafsu makan. 

Namun, singkong dapat berbahaya bila tidak disajikan dengan benar atau masih ada kandungan senyawa beracun hidrogen sianida.

Dilansir dari Live Strong, beberapa penelitian percaya bahwa sianida di dalam singkong dapat memperburuk kesehatan penderita diabetes. Kadar sianida di dalam kulit singkong dapat dikurangi dengan teknik pengolahan yang tepat. 

Artikel lainnya: Menu dan Pola Makan untuk Meringankan Gejala Diabetes

2 dari 3 halaman

Tips Konsumsi Singkong untuk Penderita Diabetes

Singkong aman untuk diabetesi asal dimasak dengan cara yang benar dan dimakan dalam jumlah tidak berlebihan. Menurut dr. Dyah Novita, penderita diabetes bisa makan singkong sebanyak 3-5 porsi setiap hari.

Berikut tips mengolah dan mengonsumsi singkong untuk penderita diabetes:

  • Kupas kulit singkong. Pada kulit singkong terdapat sebagian besar senyawa penghasil hidrogen sianida. 
  • Rendam singkong di dalam air selama kurang lebih 2 hari sebelum dimasak untuk mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya yang dikandungnya. 
  • Masak singkong dengan cara direbus atau dipanggang hingga matang.
  • Konsumsi singkong bersama makanan berprotein. Protein dapat membantu membersihkan tubuh dari racun hidrogen sianida. 

Singkong merupakan jenis karbohidrat yang boleh dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Pengolahannya harus benar agar racun di kulit singkong tidak masuk ke tubuh. 

Bila Anda ingin tanya lebih lanjut seputar konsumsi singkong dan makanan untuk diabetes, konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam lebih mudah di Live Chat. Beli susu dan camilan rendah gula lebih praktis di Belanja Sehat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar