HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Konsumsi Kopi Dicampur Protein Bubuk (Proffee)
Diet dan Nutrisi

Manfaat Konsumsi Kopi Dicampur Protein Bubuk (Proffee)

Tri Yuniwati Lestari, 16 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Viral di TikTok minuman proffee yaitu campuran kopi dan protein bubuk. Apa lebih sehat dari kopi biasa? Ini kata dokter.

Manfaat Konsumsi Kopi Dicampur Protein Bubuk (Proffee)

Protein bubuk biasanya digunakan untuk campuran sereal dan smoothies. Baru-baru ini, menambahkan protein bubuk ke dalam kopi menjadi tren baru. Minuman ini disebut proffee (protein coffee).

Meskipun kombinasi tersebut terdengar cukup aneh, mencampurkan protein bubuk ke kopi dianggap dapat meningkatkan stamina. Benarkah? Ini tanggapan dokter.

Manfaat Minum Proffee bagi Kesehatan

Minuman berkafein salah satunya kopi memang dapat memberi energi. Para peneliti pun telah mempelajari dampak kafein pada kopi yang memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Sementara, bubuk protein juga dapat memberikan energi dan menunjang kesehatan. Lantas, apa manfaatnya bila protein bubuk dan kopi dicampur? Berikut ini manfaat proffee yang bisa Anda rasakan:

Artikel Lainnya: Daftar Manfaat Sehat Minum Kopi Setiap Hari

Meningkatkan Energi

Melansir Healthline, menggabungkan bubuk protein dengan kopi dapat meningkatkan energi untuk Anda yang sering olahraga atau latihan otot.

Kopi kaya akan kafein yang merupakan stimulan alami. Kandungan ini dapat meningkatkan kontraksi otot dan ketahanan terhadap kelelahan saat mengonsumsinya dalam waktu 60 menit sebelum berolahraga. 

Bubuk protein pun dapat membantu pemulihan otot setelah olahraga, serta menjadikan tubuh lebih kuat dan berenergi. Oleh karena itu, campuran kopi dan protein powder dinilai baik untuk meningkatkan energi.

Membantu Memenuhi Kebutuhan Protein 

Salah satu manfaat proffee yang diklaim dalam video yang beredar di TikTok adalah membantu memenuhi kebutuhan protein harian tanpa menggunakan suplemen.

Protein paling baik dikonsumsi saat sarapan, terutama bila Anda aktif secara fisik dan ingin membangun otot atau meningkatkan kekuatan.

Namun, bagaimanapun makan sarapan lengkap dan seimbang adalah strategi yang lebih baik. Menu ini membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya selain protein.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, menambahkan bubuk protein ke kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, protein bisa mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang lebih lama.

“Tujuan dari kopi yang dicampur bubuk protein itu agar tubuh lebih bertenaga dan kenyang lebih lama, lalu untuk mencegah asupan [makan] yang lebih banyak,” ucap dr. Iqbal.

Protein juga membantu proses metabolisme untuk membakar lebih banyak kalori. Asupan protein yang tepat dapat membantu mempertahankan massa otot sambil menghilangkan lemak tubuh.

Kafein juga memiliki potensi manfaat dalam penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan, kopi meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar hormon rasa lapar, dan meningkatkan kadar hormon kenyang.

Artikel Lainnya: Minum Kopi Usai Olahraga, Boleh atau Tidak?

Amankah Proffee Dikonsumsi Setiap Hari?

Dokter Iqbal menjelaskan, sebenarnya manfaat kopi yang dicampur bubuk protein akan dirasakan pada tubuh bila disajikan dalam takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. 

Jika konsumsi terlalu banyak atau kadarnya berlebihan, maka proffee dapat berbahaya untuk kesehatan.

“Kadar berlebihan artinya protein terlalu banyak atau kafein terlalu banyak. Seharusnya bertujuan untuk menyehatkan jantung tapi malah menyebabkan aritmia atau kelainan lain pada jantung,” ungkap dr. Iqbal.

Konsumsi terlalu banyak protein juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Beberapa produk protein bubuk pun ditambahkan gula, sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan.

“Jika bubuk protein yang digunakan memiliki gula tambahan yang cukup banyak, takutnya malah menyebabkan diabetes atau kadar gula darah yang cukup tinggi,” jelas dr. Iqbal. 

Saran dari dr. Iqbal, kalau Anda ingin menikmati proffee, sebaiknya perhatikan lebih detail terlebih dulu takaran dan kadar gula di dalam bubuk protein ataupun kopi yang akan digunakan.

Ingin tahu tips konsumsi kopi yang paling tepat sesuai kondisi tubuh Anda? Chat dokter saja lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

kafeinproteinkopi

Konsultasi Dokter Terkait