Sukses

Sering Makan Nanas Bisa Picu Kista Ovarium?

Kista ovarium dapat disebabkan oleh banyak faktor. Apakah salah satunya karena kegemaran mengonsumsi nanas? Ini jawabannya.

Kista ovarium adalah kantong berisikan cairan yang tumbuh pada indung sel telur. Kantong ini biasanya muncul saat masa subur maupun saat sedang masuk siklus menstruasi. 

Sebagian besar kista ovarium memang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, bahkan bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Kista biasanya baru bergejala jika membesar dan tidak kunjung hilang. Penderita bisa mengeluhkan nyeri panggul dan kembung.

Soal penyebab, kista ovarium dapat dipicu oleh banyak faktor, misalnya saja siklus menstruasi atau adanya sel yang tidak normal. Namun, apakah gangguan kesehatan ini dapat dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi buah nanas?

Artikel lainnya: Benarkah Kebiasaan Makanan Bermicin Bisa Terkena Kista Ovarium?

1 dari 2 halaman

Benarkah Nanas Bisa Picu Kista Ovarium?

Makan nanas menyebabkan kista ovarium sempat diungkap aktris Dinda Kirana beberapa waktu lalu. Aktris muda itu baru saja mengabarkan dirinya tengah menjalani operasi pengangkatan kista kedua pada ovariumnya.

Setahun sebelum operasi kedua, dia juga mengaku sempat memiliki kista ovarium sebesar 3 sentimeter. Menurut dokter, kista yang dialami Dinda adalah kista ovarium berjenis endometriosis yang memang rawan dialami wanita. 

Setelah menjalani operasi, Dinda Kirana menyarankan kepada seluruh wanita untuk tetap waspada dan memperhatikan asupan makannya. Dia menyebut nanas sebagai salah satu makanan yang harus dihindari. Bagaimana tanggapan dokter soal ini?

Menanggapi hal ini, dr. Reza Fahlevi setuju bahwa nanas atau Ananas comosus bisa memicu kista ovarium. Hanya saja, tidak serta merta nanas bisa secara langsung memicu kista ovarium pada seorang wanita. 

“Buah nanas memang mengandung alkohol, meski kadarnya sedikit. Terutama saat buah sudah matang, kandungan alkoholnya mungkin jadi lebih banyak. Hal inilah yang memicu munculnya kista ovarium tersebut,” ujar dia.

Dijelaskan dr. Reza, kista ovarium tidak akan langsung muncul jika hanya makan nanas dalam jumlah yang tepat atau hanya sesekali. Misalnya, Anda makan nanas satu minggu sekali, maka nanas tidak akan memicu kista ovarium.

Artikel lainnya: Awas, Wanita Sering Sakit Pinggang Tanda Kista Ovarium!

Justru, buah dengan rasa asam dan manis ini adalah pilihan asupan sehat yang memiliki banyak nutrisi. Nanas merupakan sumber vitamin C, serat, dan enzim bromelin. Enzim ini dapat membantu penyerapan makanan dalam tubuh. 

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu kalau risiko terkena kista ovarium semakin tinggi jika Anda memiliki faktor lain, seperti masalah hormonal, infeksi panggul yang parah hingga menyebar ke ovarium, kehamilan, dan endometriosis.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji juga bisa meningkatkan risiko kista ovarium. Makanan cepat mampu memicu inflamasi atau peradangan pada jaringan tubuh.

Jadi, perhatikan selalu asupan makan Anda. Utamakan menu seimbang dalam diet harian Anda. Bila ada keluhan di organ reproduksi Anda, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dapatkan konsultasi kesehatan langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar