Ginjal dan Saluran Kemih

Keluhan Beser Bisa Diatasi dengan Senam Kegel

Tri Yuniwati Lestari, 20 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Aktivitas terganggu gara-gara sering beser? Kondisi ini dapat diatasi dengan senam kegel. Simak gerakan senam kegel untuk mengatasi beser di artikel ini!

Keluhan Beser Bisa Diatasi dengan Senam Kegel

Sering bolak-balik ke kamar mandi lantaran beser tentu dapat mengganggu aktivitas. Kondisi ini bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri, apalagi jika Anda sampai ‘bocor’ di tengah jalan.

Nah, bagi Anda yang beser, ada suatu latihan yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Latihan ini dikenal dengan sebutan senam kegel.

Senam kegel adalah latihan untuk memperkuat otot dasar panggul. Gerakan ini umumnya dilakukan untuk membantu proses persalinan. Namun, tak ada salahnya juga untuk dilakukan orang pada umumnya, salah satunya untuk mengatasi beser.

Manfaat Senam Kegel untuk Mengatasi Beser

Secara umum, manusia buang air kecil sebanyak 4 hingga 8 kali dalam sehari. Namun, jika buang air kecil lebih dari 8 kali dalam sehari, itu artinya Anda mengalami kondisi yang dikenal dengan istilah beser alias inkontinensia urine.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan beser adalah otot dasar panggul yang lemah. Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res, beser yang terjadi akibat kondisi tersebut dapat diatasi dengan melakukan senam kegel. 

“Senam kegel fungsinya untuk melatih otot dasar panggul. Jadi, bisa membantu kalau memang penyebabnya (beser) dari sana,” kata dr. Sara.

Kendati demikian, senam kegel tidak cocok untuk semua kondisi beser. Artinya, pada beberapa kasus, senam kegel tidak dapat memberikan manfaat yang optimal. Contoh kasus-kasus tersebut antara lain seperti keluar urine saat bersin, batuk atau tertawa.

Artikel Lainnya: Apa Beda Beser Akibat Diabetes dan Kebanyakan Minum?

Gerakan Senam Kegel untuk Mengatasi Beser

Berikut ini gerakan senam kegel atasi beser yang bisa Anda lakukan secara rutin dan teratur agar manfaatnya optimal:

  • Anda dapat melakukan senam kegel dalam posisi apa pun. Namun, jika Anda pemula, sebaiknya awali gerakan Anda dari posisi berbaring.
  • Sempurnakan posisi Anda untuk melakukan gerakan kegel. Sambil berbaring, mulailah dengan berpura-pura sedang mencoba untuk menghentikan aliran kencing.
  • Tarik dan ketatkan otot-otot bawah panggul Anda. Tahan posisi tersebut selama 10 detik, lalu istirahat selama 10 detik. Ulangi hingga beberapa kali.
  • Fokuslah pada pengetatan pada otot dasar panggul Anda. Lakukan secara perlahan dan hati-hati, agar tidak melibatkan bagian otot-otot di perut, paha, atau bokong.
  • Hindari menahan nafas saat Anda melakukan senam kegel. Sebaliknya, bernapaslah dengan bebas selama melakukan gerakan kegel.
  • Lakukan satu set senam kegel dengan 10 hingga 15 kali pengulangan, setidaknya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Jika Anda telah terbiasa dengan senam kegel sambil berbaring, cobalah untuk melakukan gerakan tersebut sambil duduk di sofa. Pastikan gerakan yang dilakukan tetap berfokus pada otot-otot bawah panggul.

Hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu tidak melakukan gerakan senam kegel saat Anda ingin buang air kecil. Pasalnya, mencoba menahan atau menghentikan aliran urine ketika buang air kecil dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam mempraktikkan gerakan senam kegel untuk mengatasi beser, sebaiknya minta saran dan tuntunan lebih lanjut dari dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

senam kegelBeser

Konsultasi Dokter Terkait