Ibu Menyusui

Minum Soda Saat Menyusui, Adakah Dampak Buruknya?

dr. Karin Wiradarma, 02 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ibu menyusui, Anda salah satu yang gemar minum soda? Kalau ya, batasi mulai sekarang. Pasalnya, ada beberapa dampak buruk ibu menyusui minum soda.

Minum Soda Saat Menyusui, Adakah Dampak Buruknya?

Tidak sedikit orang yang menyukai minuman bersoda, tak terkecuali ibu menyusui. Meski begitu, ibu yang baru saja melahirkan mungkin bertanya-tanya mengenai keamanan minuman soda untuk dikonsumsi.

Dikhawatirkan, konsumsi soda, terutama yang rutin bisa berefek buruk pada bayi di masa depan. Bagaimana faktanya? Apakah ibu menyusui boleh minum soda

Busui Minum Soda, Ini Bahayanya

Meski minuman soda terasa manis dan menyegarkan, ibu menyusui lebih disarankan untuk menghindari konsumsi soda. Soalnya, minum soda saat menyusui dapat membawa sejumlah efek buruk, di antaranya:

  1. Meningkatkan Berat Badan

Bahaya minum soda yang pertama adalah bisa meningkatkan berat badan ibu menyusui. Asupan gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat menyebabkan kelebihan kalori yang berakibat kepada kegemukan.

Artikel lainnya: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Bagi busui yang punya program diet mengembalikan bentuk tubuh pascamelahirkan, sebaiknya hindari konsumsi soda, ya!

  1. Meningkatkan Risiko Diabetes

Umumnya, minuman kemasan, seperti jus buah, kopi, dan soda mengandung gula dalam jumlah besar. Asupan gula yang tinggi dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya diabetes tipe-2.

Mengonsumsi asupan tinggi gula saat menyusui juga bisa meningkatkan kadar gula dalam ASI. Pada akhirnya, kandungan gula dapat turun ke bayi. 

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Selain gula, minuman soda banyak mengandung kafein yang berbahaya untuk ibu menyusui. 

Jika soda diminum berlebihan, kandungan kafein di dalamnya bisa menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya tekanan darah tinggi.

  1. Merusak Gigi dan Tulang

Soda juga mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi. Kedua jenis asam ini sanggup merusak lapisan enamel gigi, lo. Padahal, enamel adalah lapisan paling keras pada gigi manusia. Akibatnya, erosi gigi pun tidak terhindarkan. 

Selain itu, asam fosfat dan asam sitrat dalam soda juga bisa mengganggu kesehatan tulang. Hal ini bisa membuat busui minum soda kian risiko mengalami osteoporosis.

  1. Perlemakan Hati

Dampak negatif ibu menyusui minum soda berikutnya adalah perlemakan hati. Asupan gula berlebih dalam minuman soda dapat menumpuk di hati sehingga menimbulkan perlemakan hati. 

Apabila dibiarkan, perlemakan dapat mengakibatkan pengerasan hati (sirosis). Kondisi ini berbahaya, karena bisa memicu gangguan fungsi hati.

  1. Penyakit Jantung

Salah satu dampak jangka panjang dari busui minum soda adalah penyakit jantung. Penyakit ini dapat terjadi akibat kegemukan, diabetes melitus, dan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kebiasaan minuman soda.

Minum Soda saat Menyusui Juga Berbahaya bagi Bayi

Selain berdampak negatif pada busui, minuman soda juga dapat membahayakan bayi. Apa saja bahayanya?

Penurunan Perkembangan Kognitif

Sebuah penelitian soal efek busui minum soda pernah dilakukan di Children's Hospital Los Angeles, Amerika Serikat. Studi yang melibatkan 88 relawan itu menemukan minuman soda bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada ibu maupun bayi yang menyusu.

Artikel lainnya: Amankah Minum Air Es Saat Menyusui?

Selain bisa menyebabkan diabetes, asupan tinggi gula saat menyusui bisa menyebabkan keterlambatan perkembangan kognitif anak. Peneliti mengungkapkan balita berusia 2 tahun yang ibunya mengonsumsi minuman manis setiap hari saat menyusui mengalami perkembangan kognitif yang lebih buruk.

Bayi Rewel

Minum soda saat menyusui juga berpotensi membuat bayi rewel. Kandungan kafein dalam soda juga bisa membuat bayi sulit tidur sehingga jadi lebih rewel. 

Biasanya, kondisi ini akan dirasakan ketika ibu minum lebih dari 10 cangkir soda setiap hari. Jika dibiarkan, bayi rewel akan mengalami penurunan kesehatan karena tidak mendapat waktu tidur yang cukup. Mereka bisa jadi tidak nafsu makan karena kelelahan.

Gangguan Pencernaan pada Bayi

Efek negatif ibu menyusui minum soda bisa menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi. Hal ini terutama dialami bayi dengan pencernaan sensitif. Bayi dapat mengalami sakit perut, kembung, dan sering buang angin.

Ibu menyusui minum soda bisa membahayakan kesehatan diri dan bayi. Karenanya, sebisa mungkin #JagaSehatmu dan si kecil dengan hindari minum soda saat menyusui, ya!

Jika Mama ingin memuaskan hasrat mengonsumsi minuman manis, cobalah ganti soda dengan jus buah segar yang dibuat sendiri di rumah. Buat jus buah tanpa tambahan gula.

Asupan yang aman diminum saat menyusui bisa Mama konsultasikan langsung lewat fitur tanya dokter spesialis anak di KlikDokter. Ikuti terus informasi lengkap seputar kesehatan ibu menyusui dan anak dengan mengunduh aplikasi KlikDokter!

(ADT/JKT)

Ibu Menyusui

Konsultasi Dokter Terkait