Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Si Kecil Sakit, Kapan Harus Periksa ke Dokter Spesialis Anak?

Si Kecil Sakit, Kapan Harus Periksa ke Dokter Spesialis Anak?

Terdapat beberapa gejala penyakit anak yang tidak bisa dianggap sepele. Lantas, kapan perlu membawa si kecil berobat ke dokter spesialis anak ketika dirinya sakit?

Tidak setiap penyakit yang dialami anak membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter. Kendati demikian, bukan berarti Anda bisa menganggap sepele gangguan kesehatan yang dialami si kecil.

Faktanya, terdapat beberapa penyakit yang bisa memberikan gejala berat pada si kecil. Pada kondisi seperti ini, si kecil perlu segera dibawa ke dokter spesialis untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

Adapun beberapa tanda dan gejala si kecil perlu segera dibawa untuk periksa ke dokter spesialis anak, yaitu:

1 dari 5 halaman

1. Demam Tinggi Lebih dari 3 Hari

Anda sebaiknya segera membawa si kecil yang demam ke dokter, khususnya jika kondisi tersebut terjadi pada anak yang baru saja dilahirkan atau masih berusia di bawah 2 bulan.

Terlepas dari usianya, si kecil yang demam lebih dari 39 derajat Celcius juga wajib segera dibawa berobat ke dokter spesialis anak.

Artikel Lainnya: Kapan Waktu yang Tepat Membawa Anak ke Dokter Gigi?

“Kalau anak demam mencapai 39 derajat Celcius atau lebih, tidak turun dengan pemberian paracetamol, dan berlangsung lebih dari 1 hari, sebaiknya segera dibawa ke dokter,” ucap dr. Arina Heidyana.

“Anak yang demam dengan suhu di bawah 39 derajat namun berlangsung selama 3 juga sebaiknya segera dibawa berobat ke dokter,” tegasnya.

2. Muntah Terus-menerus

Anda mesti segera membawanya berobat ke dokter jika si kecil muntah secara tiba-tiba.

Hal ini penting untuk dilakukan, apalagi jika kondisi tersebut terjadi terlalu sering. Hal serupa juga berlaku untuk anak yang sudah lebih besar.

"Segera berobat ke dokter jika anak muntah terus-menerus dan banyak, disertai darah, keluar cairan berwarna kuning atau kehijauan, tidak mau makan atau minum, dan tubuhnya semakin lemas," ucap dr. Arina.

2 dari 5 halaman

3. Mata Merah

Mata merah pada bayi yang baru lahir dapat terjadi akibat pembuluh darah yang pecah. Kondisi ini memang bisa sembuh dengan sendirinya dalam 1 hingga 2 minggu.

Apabila kondisi ini tidak kunjung membaik setelah durasi tersebut, Anda mesti segera membawa si kecil ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Pilek yang Berlangsung Lama

Melansir dari Mayoclinic, Anda mesti segera membawa si kecil berobat ke dokter spesialis anak apabila ia mengalami pilek yang berlangsung selama 10 hingga 14 hari.

Hal tersebut tak boleh luput dilakukan, apalagi jika pilek si kecil disertai dengan keluarnya lendir secara terus-menerus dan mengganggu pernapasannya.

Artikel Lainnya: Sederet Bahaya Penyakit Celiac Terhadap Kesehatan Anak

3 dari 5 halaman

5. Perubahan Nafsu Makan

Perubahan nafsu makan pada bayi yang terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi tanda dari suatu penyakit. Anda mesti segera membawanya ke dokter apabila ia juga menolak untuk menyusu.

6. Perubahan Perilaku

Jika bayi sulit dibangunkan atau sering mengantuk, segera bawa berobat ke dokter. Beri tahu juga kepada dokter apabila bayi tampak sangat lemas, menangis lebih sering dari biasanya, atau sangat sulit untuk dihibur.

7. Pusar atau Penis Berdarah

Segera bawa si kecil ke dokter spesialis anak jika area pusar atau penis miliknya tiba-tiba memerah dan mengeluarkan cairan abnormal, seperti darah.

4 dari 5 halaman

8. Sulit Bernapas

Jika Anda memiliki anak berusia 2 bulan hingga 1 tahun yang bernapas sangat cepat, dan disertai dengan perubahan warna kulit menjadi pucat atau kebiruan, jangan tunda untuk segera membawanya ke dokter spesialis.

9. Ruam

Ruam kemerahan pada anak dapat menjadi tanda bahaya, khususnya jika terjadi di sekujur tubuh dan tanpa penyebab yang jelas. Jika si kecil mengalaminya, segera bawa berobat ke dokter spesialis anak.

Tidak ingin langsung membawa si kecil ke dokter spesialis? Anda bisa berkonsultasi dengan dokter umum dan tenaga profesional lainnya melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar