Jantung

Menyingkap Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Jantung

Tri Yuniwati Lestari, 17 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin menjaga kesehatan jantung? Salah satu asupan yang bisa Anda coba adalah kacang mete. Yuk, cek kata dokter soal manfaat kacang mete untuk jantung!

Menyingkap Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Jantung

Anda pasti sudah tidak asing dengan kacang mete, bukan? Kacang yang hampir selalu hadir sebagai camilan hari raya ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Salah satu manfaat kacang mete yang paling diidam-idamkan adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. 

Manfaat kacang mete untuk jantung berawal dari kemampuannya dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

Menguak Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Melansir dari healthline, kacang mete seberat 1 ons atau 28 gram yang tidak dipanggang atau tidak diasinkan memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 157 kilokalori
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 12 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga: 67 persen dari nilai harian
  • Magnesium: 20 persen dari nilai harian
  • Mangan: 20 persen dari nilai harian
  • Seng: 15 persen dari nilai harian
  • Fosfor: 13 persen dari nilai harian
  • Besi: 11 persen dari nilai harian
  • Selenium: 10 persen dari nilai harian
  • Tiamin: 10 persen dari nilai harian
  • Vitamin K: 8 persen dari nilai harian
  • Vitamin B6: 7 persen dari nilai harian

Selain yang telah disebutkan, kacang mete juga sangat kaya akan antioksidan polifenol dan karotenoid. Senyawa tersebut sangat baik untuk melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan di dalam tubuh..

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Keju bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Kacang Mete untuk Jantung

Melansir dari times now news, satu studi menunjukkan bahwa konsumsi kacang mete secara rutin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi tekanan darah pada orang diabetes tipe 2.

Selain itu, dijelaskan oleh dr. Atika, kacang mete juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. 

Kedua asam lemak esensial tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit penyakit jantung.

“Ada juga studi yang menyebutkan bahwa kacang mete bisa memperbaiki profil kolesterol dalam darah. Bila kadar kolesterolnya baik, maka risiko penyakit jantung koroner juga akan lebih rendah,” ucap dr. Atika.

Tidak berhenti di situ, kacang mete juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, B6, kalium, dan asam folat. Kombinasi tersebut membuatnya mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, manfaat kacang mete untuk jantung mungkin akan dirasakan berbeda pada tiap orang. Pasalnya, melansir healthline, terdapat penelitian dengan temuan yang bertentangan dengan manfaat kacang mete untuk jantung. 

Penelitian yang terbit dalam jurnal National Library of Medicine (PubMed) itu mengatakan bahwa konsumsi kacang mete secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida, namun tidak berpengaruh pada kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), maupun kolesterol baik (HDL).

Penelitian lain yang terbit dalam jurnal National Library of Medicine (PubMed) juga gagal menemukan perubahan signifikan dalam kadar kolesterol atau trigliserida setelah mengonsumsi 28 hingga 108 gram kacang mete per hari selama 4 hingga 12 minggu.

Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian menilai bahwa temuan yang tidak konsisten tersebut mungkin disebabkan oleh terbatasnya jumlah penelitian dan partisipan. 

Akan tetapi, para ilmuwan menyimpulkan bahwa konsumsi kacang mete tetap baik untuk kesehatan. Asalkan, porsinya tetap dibatasi dan konsumsinya dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat.

Meski khasiat kacang mete untuk jantung masih belum dapat dipastikan, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Tetap ingat untuk mengombinasikannya dengan gaya hidup sehat, agar kesehatan jantung Anda dapat terjaga lebih optimal.

Ingin bertanya atau melakukan konsultasi secara daring dengan tenaga medis terpercaya? Anda bisa memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

makananJantung

Konsultasi Dokter Terkait