Jantung

Tidur Miring ke Kiri Berbahaya untuk Kesehatan Jantung?

Tri Yuniwati Lestari, 20 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada sebuah kabar burung yang mengatakan bahwa tidur miring ke kiri dapat mengganggu kesehatan jantung. Apa pendapat medis mengenai kabar ini? Simak faktanya!

Tidur Miring ke Kiri Berbahaya untuk Kesehatan Jantung?

Beberapa orang tidak pernah luput untuk memperhatikan posisi tidur sehari-hari. Pasalnya, terdapat sebuah kabar yang mengatakan bahwa posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan jantung.  

Menurut kabar tersebut, posisi tidur miring ke kiri tidaklah dianjurkan, karena dapat mengganggu kesehatan jantung. 

Apakah medis setuju dengan hal tersebut? Lantas, bagaimana dengan posisi tidur miring ke kanan? 

Tidur Miring ke Kiri, Benarkah Berbahaya untuk Kesehatan Jantung?

Melansir dari healthline, ada sedikit penelitian yang menemukan beberapa bukti bahwa tidur miring ke kiri dapat meningkatkan tekanan pada jantung. Penelitian ini pertama kali dilakukan pada tahun 1997.

Para peneliti menyatakan, tidur miring ke kiri dapat menyebabkan perubahan nyata pada aktivitas listrik jantung, yang diukur dengan alat elektrokardiogram (EKG). 

Penelitian tersebut dilanjutkan oleh studi terbaru pada tahun 2018. Studi ini juga menemukan hasil yang serupa, bahwa tidur miring ke kiri dapat menyebabkan jantung bergeser dan berputar.

Lantas, apakah itu berarti bahwa bahaya tidur miring adalah dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung?

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, berbaring miring ke kiri memang dapat mengubah aktivitas listrik jantung. Namun, tidak ada bukti bahwa hal tersebut dapat membahayakan kesehatan jantung.

“Tidak benar jika tidur dengan posisi miring (ke kiri) dapat berbahaya untuk kesehatan jantung. Dengan kata lain, jantung tidak akan mengalami gangguan hanya karena tidur menyamping ke kiri,” ucap dr. Dyah Novita.

Hal yang diungkapkan oleh dr. Dyah Novita tidak hanya berlaku untuk tidur miring ke kiri, tapi juga ke sebelah kanan. 

Faktanya, beberapa ahli memang berpendapat bahwa tidur miring ke kanan dapat menekan vena cava pada jantung. Vena cava adalah bagian jantung yang membawa kembali darah yang kaya karbondioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung

Akan tetapi, hingga saat ini masih belum ada bukti bahwa tidur miring ke kanan dapat meningkatkan risiko gagal jantung

Artikel Lainnya: 4 Anjuran Posisi Tidur untuk Kesehatan

Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Karena penelitian mengenai bahaya tidur miring masih bersifat kontroversial, hingga saat ini masih belum jelas mengenai posisi tidur terbaik untuk kesehatan jantung.

Namun, jika Anda belum memiliki masalah jantung yang mendasari, mendapatkan tidur yang berkualitas dengan durasi yang cukup adalah hal yang lebih penting daripada mempermasalahkan posisi.

Sebuah tinjauan studi pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan, kualitas tidur yang buruk dan durasi tidur yang pendek dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Atas dasar itu, Anda sebaiknya tidak terlalu memusingkan posisi tidur sehari-hari. Tidurlah dengan posisi favorit, dengan tetap memperhatikan kenyamanan dan bisa membuat Anda terbangun dalam keadaan prima.

Tetap khawatir dengan kesehatan jantung karena sedari awal memiliki penyakit yang berhubungan dengan organ tersebut? Jika ya, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

tidurJantung

Konsultasi Dokter Terkait