Sukses

Daftar Buah yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan

Buah ternyata bisa bantu menambah berat badan. Ini dia pilihan buah untuk meningkatkan berat badan yang bisa Anda coba.

Terkadang, menaikkan berat badan tidak segampang yang Anda pikirkan. Selain makanan bergizi dan olahraga, rupanya ada beberapa jenis buah yang bisa menambah berat badan. 

Beberapa buah punya kalori rendah tapi kaya akan lemak baik dan sumber karbohidrat. Nutrisi tersebut bisa membantu Anda menambah berat badan dengan sehat.

Ini dia pilihan buah penambah berat badan yang bisa dicoba:

1. Pisang 

Pisang menjadi salah satu pilihan buah untuk meningkatkan berat badan yang tepat. Tidak hanya kaya serat, tapi buah ini juga menjadi sumber karbohidrat dan kalori yang baik. 

Melansir Healthline, 1 pisang berukuran sedang (118 gr) mengandung sekitar 105 kalori dan 0,4 gram lemak. 

Selain itu, pisang mengandung banyak mikronutrien yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan. 

Artikel Lainnya: Tips Sehat Menambah Berat Badan untuk si Kurus

1 dari 4 halaman

2. Alpukat

Alpukat juga menjadi sumber lemak baik yang bisa membantu menaikkan berat badan. Setengah buah alpukat mengandung sekitar 161 kalori dan 15 gram lemak.  

Alpukat juga kaya vitamin dan mineral, termasuk kalium serta vitamin K, C, B5 (asam pantotenat), dan B6 (piridoksin). 

Anda bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau dijadikan jus. Konsumsi alpukat dapat dilakukan harian untuk meningkatkan berat badan. 

3. Kelapa 

Daging buah kelapa juga dianggap efektif meningkatkan berat badan. Dalam 28 gram daging kelapa, terdapat 99 kalori dan 9,4 gram lemak. 

Daging kelapa juga mengandung banyak mineral penting, termasuk fosfor dan tembaga. 

Anda bisa mengonsumsi daging kelapa dengan banyak cara, misalnya campuran salad buah atau smoothie bowl.

4. Mangga 

Buah mangga juga merupakan salah satu sumber kalori dan karbohidrat yang baik. Sebanyak 165 gram mangga mengandung 99 kalori dan 0,6 gram lemak. 

Meski bisa menaikkan berat badan, Anda perlu waspada dengan kadar gula mangga. Jika Anda menderita diabetes, maka porsi mangga harus dibatasi dan tidak boleh dikonsumsi berlebihan. 

Artikel Lainnya: Agar Terkontrol, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

2 dari 4 halaman

5. Kurma

Satu kurma mengandung sekitar 66,5 kalori dan 0,1 gram lemak. Namun, sama halnya seperti mangga, buah kurma juga punya kandungan gula tinggi sehingga perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. 

6. Plum Kering

Satu porsi buah plum mengandung 67 kalori dan 0,1 lemak. Tidak hanya itu, plum juga mengandung 18 gram karbohidrat yang bisa membantu menaikkan berat badan. 

Selain itu, plum dikenal karena kemampuannya untuk meringankan sembelit. Kandungan seratnya mempercepat pencernaan makanan. 

7. Aprikot Kering

Selain menjadi sumber kalori yang baik, aprikot kering mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin untuk mendukung kesehatan mata. 

Satu porsi aprikot kering (28 gram) mengandung 67 kalori, 18 gram karbohidrat, dan 0,1 gram lemak. 

8. Nanas

Dalam satu porsi buah nanas terkandung sekitar 84 gram kalori. Nanas juga mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

9. Kismis 

Satu porsi kismis (28 gram) mengandung sekitar 85 gram kalori, 22 gram karbohidrat, dan 0,1 gram lemak.

Anda bisa menjadikan kismis sebagai camilan harian atau menambahkannya ke dalam smoothie bowl

Artikel Lainnya: 6 Buah Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

3 dari 4 halaman

10. Buah Ara Kering

Dalam 28 gram buah ara kering, tersedia sekitar 70 kalori, 0,3 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat. Selain dimakan langsung, buah ara atau fig juga nikmat bila dikonsumsi dengan yoghurt atau salad. 

11. Anggur 

Tidak disangka, satu cup anggur mengandung sekitar 104 kalori yang tentunya bisa menambah berat badan. 

Anggur juga punya kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. 

Itulah daftar buah yang bisa menambah berat badan. Meski begitu, Anda juga perlu mengombinasikan asupannya dengan makanan sehat lainnya.

Dokter Atika menjelaskan, “Beberapa jenis buah memang memiliki total kalori yang cukup tinggi untuk mempercepat target menaikkan berat badan. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan makanan tinggi lemak lain, seperti telur, susu, yoghurt, daging sapi, ayam, ikan, dan lain-lain.” 

Lalu, imbangi pula dengan olahraga. Jika rutin dilakukan, maka berat badan ideal akan tercapai. Konsumsilah buah-buahan penambah berat badan di atas dengan tidak berlebihan.

Untuk tips lainnya seputar menambah berat badan dan gizi, konsultasi ke dokter kini lebih cepat dan mudah lewat LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar