Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia Beserta Fungsinya

Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia Beserta Fungsinya

Sistem peredaran darah manusia memiliki tugas yang penting dalam menunjang kehidupan. Yuk, kenali, agar Anda dapat lebih peduli terhadap kesehatan organ tubuh ini!

Setiap manusia memiliki sistem peredaran darah atau dikenal dengan istilah kardiovaskular. Sistem ini berbentuk seperti lingkaran, yang terus berputar dan mengalir di dalam tubuh Anda. 

Sistem peredaran darah pada manusia bermula dan bermuara di organ jantung. Meski demikian, bukan berarti organ-organ tubuh lain tidak memegang peran yang penting dalam sistem tersebut.

Yuk, berkenalan dengan sistem peredaran darah manusia beserta fungsinya dalam menunjang kehidupan!

Artikel Lainnya: 8 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah Tubuh

1 dari 3 halaman

Komponen yang Berperan dalam Sistem Peredaran Darah Manusia

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita, ada beberapa komponen penting yang terlibat dalam sistem peredaran manusia.

Berikut ini komponen-komponen yang dimaksud:

  • Jantung

Jantung terdiri dari dua bagian yang disatukan. Berkat aksi pemompaannya yang konsisten, organ vital ini dapat menjaga sistem peredaran darah tetap bekerja setiap saat.

  • Arteri

Arteri membawa darah yang kaya oksigen dari jantung dan ke berbagai organ atau jaringan yang ada di dalam tubuh.

  • Vena

Vena membawa darah yang kekurangan oksigen ke paru-paru. Di organ ini, darah tersebut akan ‘diisi ulang’ dengan oksigen segar.

  • Darah

Darah bertugas untuk melakukan transportasi hormon, nutrisi, oksigen, antibodi, dan hal-hal penting lainnya untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Artikel Lainnya: Senam Kaki Diabetes Lancarkan Sirkulasi Darah

2 dari 3 halaman

Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah manusia terbagi menjadi dua tipe, yaitu:

1. Sirkulasi Pulmonal

Sirkulasi pulmonal adalah lingkaran pendek dari jantung ke paru-paru, dan kembali lagi ke jantung.

Melansir dari Kidshealth, arteri pulmonalis adalah pembuluh darah yang berada di jantung. Pembuluh darah tersebut terbagi menjadi dua cabang utama yang bekerja membawa darah dari jantung ke paru-paru.

Di paru-paru, darah mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Kemudian, darah tersebut kembali ke jantung melalui vena pulmonalis.

“Darah yang mengandung karbondioksida akan dibawa vena ke jantung bagian kanan, kemudian ke paru-paru untuk dibersihkan. Setelah kembali diisi ulang dengan oksigen, darah tersebut akan kembali masuk ke jantung bagian kiri,” jelas dr. Theresia.

2. Sirkulasi Sistemik

Melansir healthline, sirkulasi sistemik adalah bagian yang membawa darah mengandung oksigen dari jantung dan ke organ maupun jaringan tubuh lainnya.

Dalam sirkulasi sistemik, darah yang kembali ke jantung dan telah mengambil banyak oksigen dari paru-paru akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta.

Cabang-cabang dari aorta mengirim darah ke otot-otot jantung itu sendiri, serta semua bagian tubuh lainnya. Seperti pohon, cabang-cabang pembuluh aorta memiliki ukukran yang semakin kecil saat semakin jauh dari jantung.

“Sirkulasi sistemik membawa oksigen atau darah bersih ke seluruh tubuh melalui jantung bagian kiri, kemudian menuju aorta, dan mencapai bagian tubuh paling ujung,” tutur dr. Theresia.

Di setiap bagian tubuh terdapat jaringan pembuluh darah kapiler yang bertugas untuk menghubungkan cabang arteri ke vena terkecil.

Kapiler kecil akan mengarah ke vena kecil, lalu ke vena yang lebih besar hingga mendekati jantung.

Dua vena besar yang menuju ke jantung adalah vena cava superior dan vena cava inferior.

Setelah kembali ke jantung, darah akan masuk ke sirkulasi paru untuk membuang karbondioksida dan mengambil lebih banyak oksigen. Proses ini terus terjadi berulang kali di dalam tubuh Anda.

Fungsi peredaran darah manusia sangatlah penting dalam menunjang kehidupan manusia. Mari jaga kesehatannya dengan menerapkan gaya hidup sehat, rutin berolahraga, cukup istirahat, kelola stres, serta menjauhi rokok dan alkohol.

Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem peredaran darah pada manusia, tak perlu sungkan untuk bertanya langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar