Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Inilah Daftar Makanan Laut yang Baik untuk Penderita Diabetes

Inilah Daftar Makanan Laut yang Baik untuk Penderita Diabetes

Konsumsi ikan laut ternyata baik untuk penderita diabetes. Apa saja pilihan seafood untuk diabetes? Berikut daftarnya untuk Anda.

Banyak orang mengaitkan diabetes pada masalah gula darah saja. Padahal, lebih dari itu, resistensi insulin juga bisa memicu masalah pada jantung. Bahkan, menurut CDC, diabetesi tipe 2 lebih mungkin dua kali lipat menderita penyakit jantung atau stroke.

Itulah alasannya, pola diet penderita diabetes sebisa mungkin harus bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. Dan, ikan laut adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Tidak hanya sumber protein, ikan laut juga sumber lemak sehat, vitamin, dan juga mineral penting. Diabetesi, yuk makan ikan. Berikut pilihan seafood untuk diabetes. 

1 dari 2 halaman

Pilihan Ikan Laut untuk Diabetes

Dijelaskan dr. Arina Heidyana, berbagai jenis ikan, termasuk makanan laut, bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

“Misalnya, salmon, tuna, sarden. Makanan laut lainnya, seperti udang dan lobster juga diperbolehkan,” ujarnya.

“Asupan tersebut diperbolehkan karena mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam lemak Omega 3 yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung, otak, dan juga baik dalam mengendalikan gula darah,” jelas dr. Arina.

Artikel lainnya: Menu dan Pola Makan untuk Meringankan Gejala Diabetes

Berikut pilihan seafood untuk penderita diabetes:

1. Salmon

Ikan salmon baik untuk penderita diabetes tipe 2 karena kaya akan asam lemak omega-3. Menurut AHA, kandungan ini dapat membantu mengurangi risiko komplikasi umum terkait diabetes, seperti penyakit jantung, gagal jantung, dan stroke.

Analisis dari 4 penelitian internasional yang diterbitkan pada Maret 2021 di JAMA Internal Medicine menemukan, makan setidaknya 2 porsi ikan per minggu dikaitkan dengan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian yang lebih rendah di antara penderita penyakit jantung. 

2. Sarden

Ikan sarden tidak hanya tinggi omega-3, tetapi juga mengandung kalsium untuk vitamin D. Menurut USDA, 1 ons sarden kaleng menawarkan 108 mg kalsium dan 1,36 mcg vitamin D.

Hal tersebut membuat sarden sangat baik untuk dimasukkan dalam daftar makanan diet untuk diabetes dan program kesehatan tulang Anda. Namun, cek kembali kadar garamnya. Pastikan sarden kaleng yang dikonsumsi rendah garam.

3. Tuna

Ikan laut untuk diabetes berikutnya adalah tuna. Ikan berlemak ini memiliki kandungan protein yang bagus.

Dilansir dari Everydayhealth, ikan laut ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Dan yang tak kalah pentin, tuna tidak meningkatkan kadar gula darah.

Ikan ini punya kandungan asam lemak Omega-3, EPA, dan juga DHA. Penelitian yang diterbitkan pada Januari 2014 di jurnal Diabetes Care menemukan bahwa pria yang secara teratur mengonsumsi diet tinggi omega-3 berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. 

Artikel lainnya: Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

4. Ikan Kod

Kod merupakan ikan putih rendah kalori yang berprotein tinggi. Menurut USDA, terdapat 148 kalori dan 32,6 gr protein per fillet ikan kod kukus atau rebus.

Seafood untuk diabetes ini memiliki sedikit lemak jenuh dan jumlah omega-3 yang bagus. 

5. Ikan Trout

Ikan trout mengandung asam lemak Omega-3 dalam jumlah yang tinggi, menurut Julie Stefanski, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Ikan berdaging putih ini bisa disajikan dalam dalam beragam cara. Anda bisa memotong kecil daging ikan, lalu menumisnya. Campurkan bersama sayuran favorit Anda.

6. Udang

Udang punya kandungan rendah kalori dan tinggi protein. Sekitar 4 ons udang mengandung 120 kalori dan 23 gr protein, menurut USDA.

Tapi ingat, udang mengandung kolesterol yang lebih tinggi (170 mg) daripada jenis makanan laut lainnya. Bila diabetesi ingin menghindari masalah kolesterol tinggi, batasi konsumsi seafood yang satu ini.

7. Kepiting dan Lobster

Kepiting dan lobster rupanya termasuk dalam deretan seafood untuk diabetes. Menurut USDA, satu cangkir kepiting kukus hanya mengandung sekitar 97 kalori dan hampir 1 gr lemak.

Sementara itu, 1 cangkir lobster kukus menyediakan 128 kalori dan 1,2 gr lemak. Namun, hindari menambahkan banyak mentega cair saat memasak karena akan meningkatkan kadar lemak dan kalori. 

Makanan laut nyatanya baik untuk penderita diabetes, selama pengolahan baik dan porsinya pas. Jangan lupa untuk mengombinasikan dengan varian menu lainnya dan menerapkan pola hidup sehat serta aktif.

Dapatkan Informasi seputar penyakit diabetes lainnya di aplikasi Klikdokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar