Sukses

Apakah Memijat Testis Bisa Mengatasi Varikokel?

Terapi pijat dipercaya bisa mengatasi kondisi varikokel. Apakah memijat varikokel merupakan tindakan yang tepat? Simak penjelasan dokter berikut ini.

Kondisi pembengkakan di bagian tubuh tertentu umumnya bisa diredakan dengan cara dipijat atau urut. Salah satu kondisi yang diyakini bisa membaik dengan cara terapi pijat adalah varikokel.

Penyakit yang menyerang testis pria ini kerap menimbulkan gejala nyeri dan bengkak. Lantas, benarkah terapi pijat bisa mengatasi varikokel? Simak jawaban dokter lewat ulasan berikut ini.

Artikel Lainnya: Nyeri pada Skrotum, Kenali Penyebab yang Paling Sering

 

1 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Varikokel

Varikokel merupakan kondisi pembesaran pembuluh darah yang terjadi di dalam kantong testis. 

Varikokel membuat jumlah produksi dan kualitas sperma menurun sehingga bisa menyebabkan kemandulan. Namun, tidak semua kondisi varikokel dapat memengaruhi produksi sperma.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari varikokel. Namun, para ahli kesehatan berpendapat bahwa varikokel terbentuk karena gangguan katup di pembuluh darah vena.

Oleh karena itu, varikokel dapat menyebabkan kerusakan testis dan membuat tingkat kesuburan pria menurun. Varikokel biasanya terbentuk saat masa pubertas.

Varikokel kerap terjadi di testis sebelah kiri. Karena sebagian besar posisi pembuluh darah vena ada di testis sebelah kiri. Kondisi varikokel di testis umumnya sama dengan varises di kaki.

Artikel Lainnya: Buah Zakar Mendadak Nyeri? Segera Lakukan Penanganan Ini

2 dari 3 halaman

Apakah Varikokel Bisa Diatasi dengan Cara Pijat?

Pada dasarnya varikokel tidak memerlukan pengobatan atau penanganan khusus. Namun, jika kondisi ini menyebabkan nyeri, testis jadi mengecil, atau pria sampai mengalami ketidaksuburan, sebaiknya segera berobat ke dokter.

Lalu, bagaimana dengan tindakan memijat testis? Apakah pijat bagian testis bisa mengatasi varikokel?

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan, “Pijat tidak bisa mengatasi varikokel. Hal ini akan memicu pecahnya pembuluh darah. Penanganan varikokel hanya bisa dengan terapi embolisasi dan operasi.”

Dilansir dari VeinVascular, gangguan pembuluh darah, misalnya yang terjadi pada varises atau varikokel, dapat disebabkan oleh insufisiensi vena kronis.

Artikel Lainnya: 5 Masalah Kesehatan yang Berkaitan dengan Nyeri Testis

Insufisiensi terjadi ketika dinding vena tidak berfungsi dengan baik. Ketika aliran darah di pembuluh darah vena tak lancar, bisa timbul pembengkakan dan perubahan warna kulit di area tersebut.

Pijat memang efektif menghilangkan pembengkakan dan ketidaknyamanan akibat insufisiensi vena. Akan tetapi, memijat tidak membuat sirkulasi darah kembali lancar, apalagi menyembuhkan kondisi tersebut.

Faktanya, pijat justru dapat memperburuk varikokel atau varises, membentuk pembuluh darah laba-laba (spider vein), dan memicu kondisi trombosis vena dalam (deep vein thrombosis).

Mengatasi varikokel dengan tindakan pijat sangat tidak disarankan, ya! Risiko dan komplikasi pecah pembuluh darah bisa rentan terjadi dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jika varikokel membuat testis terasa nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri atau menggunakan celana dalam yang longgar. Anda juga wajib berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi varikokel.

Untuk tahu informasi tentang kesehatan atau penyakit yang menyerang bagian organ intim pria lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar