Diet dan Nutrisi

Mengenal Manfaat Buah Bit untuk Jantung

dr. Nadia Octavia, 04 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah bit memang tak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk jantung?

Mengenal Manfaat Buah Bit untuk Jantung

Kamu mungkin tidak begitu familier dengan buah bit. Buah ini memang jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Padahal, buah bit kaya zat gizi yang menyehatkan, termasuk untuk kesehatan jantung.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, buah bit mengandung kalium, fosfor, kalsium, zink, natrium, nitrat, serat, serta vitamin B1, B2, dan C. Selain itu, buah berwarna merah ini memiliki senyawa antioksidan dan antiradang yang baik untuk jantung.

Lalu, apa saja manfaat buah bit untuk jantung?

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Jantung

Terdapat beberapa khasiat buah bit untuk kesehatan jantung, di antaranya: 

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah bit mengandung senyawa bioaktif unik bernama betalains. Senyawa antiradang ini dapat menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu pengerasan arteri akibat penumpukan plak.

Aterosklerosis termasuk jenis peradangan di pembuluh darah pemicu penyakit jantung. Nah, betalains bisa membantu menurunkan risiko peradangan tersebut.

Artikel lainnya: Waspada, Ini Bahaya Konsumsi Buah Bit Berlebihan

2. Menjaga Tekanan Darah Normal

Manfaat buah bit untuk pengidap penyakit jantung juga bisa mengontrol tekanan darah. Buah berwarna eksotis ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap berada di kisaran normal.

Menurut penelitian, setelah beberapa jam bit dikonsumsi, air raksa di alat pemeriksaan bisa turun sebanyak 4 sampai 10 milimeter. Artinya, tekanan darah jadi lebih rendah. 

Dengan menurunkan tekanan darah, sistem kerja jantung menjadi normal dan lebih sehat.

3. Membangun Kekuatan Otot 

Pasien gagal jantung akan kehilangan kekuatan otot secara bertahap. Fungsi jantung yang tidak lagi optimal dalam mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh bisa mengurangi kekuatan otot. 

Para peneliti menduga keadaan tersebut dapat diperbaiki dengan mengonsumsi jus buah bit secara rutin dan teratur. Riset yang mendukung dugaan ini dimuat dalam jurnal Circulation: Heart Failure.

Peneliti menemukan sembilan orang pasien gagal jantung mengalami peningkatan kekuatan otot sebesar 13 persen. Manfaat tersebut diperoleh setelah mereka rutin dan teratur mengonsumsi jus buah bit selama dua minggu. Diduga, khasiat tersebut berasal dari kandungan nitrat di dalam buah bit.

4. Meningkatkan Performa Jantung 

Manfaat buah bit untuk jantung lainnya, yaitu dapat meningkatkan performa jantung. Berbagai studi melaporkan bahwa nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan performa fisik, termasuk jantung. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plant Cell Physiology, nitrat dapat memengaruhi performa fisik. Senyawa ini bisa meningkatkan efisiensi mitokondria yang berperan memproduksi energi pada sel-sel tubuh. 

Studi lainnya menyebutkan bahwa jus buah bit dapat meningkatkan performa seseorang yang akan bersepeda. Jus buah bit juga meningkatkan penggunaan oksigen hingga 20 persen.

Artikel lainnya: Segudang Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Cara Konsumsi Bit yang Baik untuk Jantung

Menilik Manfaat Buah Bit untuk Menstruasi

Menurut riset yang dilakukan British Heart Foundation, jus buah bit berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan pembuluh darah yang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat ini bisa didapatkan dengan rutin minum 140 mililiter jus buah bit setiap hari selama sepekan.

Selain itu, jus buah bit juga baik dikonsumsi sekitar 2-3 jam sebelum berolahraga.

Meski buah bit terbukti baik untuk kesehatan jantung, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi khasiatnya. Namun, tidak ada salahnya #JagaSehatmu dengan konsumsi jus buat bit setiap harinya!

Untuk tahu jenis asupan lain yang baik untuk kesehatan jantung, konsultasikan langsung kepada dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

(ADT/JKT)

buahJantung

Konsultasi Dokter Terkait