Sukses

Mengenal Manfaat Buah Bit untuk Jantung

Buah bit memang tak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk jantung?

Apakah Anda pernah melihat langsung buah bit? Buah ini memang tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

Kendati demikian, tahukah Anda bahwa buah bit punya banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan jantung?

Faktanya, bit adalah buah yang rendah kalori dan lemak. Melansir healthline, buah ini juga mengandung nitrat dan pigmen anorganik.

Artikel Lainnya: Sering Keringat Dingin, Benarkah Gejala Penyakit Jantung?

Berikut ini kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah bit:

  • Kalori: 44 kilokalori
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 6 persen dari nilai harian
  • Folat: 20 persen dari nilai harian
  • Vitamin B6: 3 persen dari nilai harian
  • Magnesium: 6 persen dari nilai harian
  • Kalium: 9 persen dari nilai harian
  • Fosfor: 4 persen dari nilai harian
  • Mangan: 16 persen dari nilai harian 
  • Besi: 4 persen dari nilai harian 

Artikel Lainnya: Hindari Olahraga Ini Jika Anda Punya Penyakit Jantung

Berkat kandungan-kandungan di atas, berikut ini beberapa manfaat buah bit untuk jantung:

1 dari 2 halaman

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Melansir dari medicalnewstoday, buah bit memiliki nutrisi yang mencakup banyak vitamin esensial, mineral, dan antioksidan. 

Buah dengan warna eksotis ini juga mengandung senyawa bioaktif unik yang disebut betalains. Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, senyawa tersebut bersifat antiradang, sehingga dapat menurunkan risiko pembentukan plak aterosklerosis yang menyebabkan penyakit jantung.

“Beberapa penyakit pembuluh darah terkait jantung itu memang disebabkan karena adanya peradangan (di pembuluh darah). Jadi, kandungan betalains itu bisa membantu menurunkan risiko peradangan tersebut,” ucap dr. Iqbal.

2. Menjaga Tekanan Darah pada Penderita Penyakit Jantung

Berdasarkan dr. Iqbal, buah bit baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami penyakit jantung. Sebab, buah tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah tetap di rentang normal.

“Menurut penelitian, setelah beberapa jam konsumsi bit, buah tersebut dapat membantu menurunkan 4 sampai 10 milimeter air raksa (di alat pemeriksaan). Itu artinya, tekanan darah lebih rendah,” tutur dr. Iqbal.

“Dengan menurunkan tekanan darah, sistem kerja jantung juga akan menjadi normal atau lebih sehat,” sambungnya.

3. Membangun Kekuatan Otot pada Penderita Gagal Jantung

Pasien gagal jantung akan kehilangan kekuatan otot secara bertahap. Hal ini terjadi karena fungsi jantung yang tidak lagi optimal dalam mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Para peneliti berhipotesis bahwa keadaan tersebut dapat diperbaiki dengan mengonsumsi jus buah bit secara rutin dan teratur.

Hipotesis tersebut berawal dari sebuah studi baru yang terbit dalam jurnal Circulation: Heart Failure. Penelitian tersebut menyertakan 9 orang pasien gagal jantung yang diberikan jus buah bit selama 2 minggu secara rutin dan teratur.

Hasilnya, pasien-pasien tersebut mengalami peningkatan kekuatan otot sebesar 13 persen. Hal ini diduga berkat kandungan nitrat yang ada di dalam buah bit.

Demikan beberapa manfaat buah bit untuk jantung. Sebagian dari manfaat tersebut masih bersifat dugaan, karena masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar membuktikannya.

Kendati begitu, tak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi buah bit secara rutin. Asalkan dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, niscaya Anda dapat merasakan manfaat buah but untuk jantung.

Apabila terdapat gangguan kesehatan tertentu yang membuat Anda ragu untuk mengonsumsi buah bit secara rutin, tak ada salahnya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

1 Komentar