Sukses

Mengenal Prosedur dan Manfaat Scaling Gigi

Scaling merupakan prosedur pembersihan gigi. Ada banyak manfaat scaling gigi. Untuk tahu informasi selengkapnya, simak ulasan ini.

Salah satu cara menjaga kesehatan dan kebersihan gigi adalah dengan rutin melakukan scaling.

Menurut drg. Callista Argentina Wulansari scaling berfungsi membersihkan plak gigi, karang gigi, serta noda gigi (stain) yang menumpuk. “Idealnya melakukan scaling gigi setiap 6 bulan sekali,” jelas drg. Callista.

Scaling gigi, menurut drg. Callista, dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk balita. “Prosedurnya menggunakan alat scaler ultrasonic dengan ujung (tip) yang memiliki getaran tertentu. Jadi, scaling mampu merontokkan karang gigi yang keras sekalipun,” kata drg. Callista.

Artikel Lainnya: Bahaya Langsung Merokok Setelah Cabut Gigi

1 dari 3 halaman

Mengapa Butuh Scaling Gigi?

American Dental Association menjelaskan bahwa penyakit gusi disebabkan oleh lapisan bakteri lengket yang disebut dengan plak. Apabila tidak dibersihkan, bakteri di dalam plak gigi dapat menyebabkan gusi meradang.

Saat terjadi peradangan, gusi akan menjauh dari gigi dan membentuk ruang yang disebut dengan saku gusi (pocket).

Jika pocket sudah terbentuk maka plak gigi akan mudah terperangkap di dalamnya. Alhasil, risiko terjadinya radang gusi meningkat. Bila tidak dibersihkan, saku gusi akan penuh dan menyebabkan penyakit gusi, penumpukan karang gigi dan bisa menyebabkan gigi keropos.

Apabila plak dan karang gigi dapat dideteksi sejak dini dan tidak sampai merusak struktur di garis bawah gusi, dokter dapat membersihkannya dengan metode scaling biasa. 

Namun, jika kantong di antara gusi dan gigi Anda terlalu dalam, dokter gigi dapat melakukan tindakan scaling dan root planing.

Menurut studi tahun 2015 yang dipublikasi oleh Journal of American Dental Association, scaling dan root planing bermanfaat bagi pasien periodontitis kronis (penyakit gusi yang mengarah pada kondisi gingivitis).

Kendati perawatan ini harus dilakukan rutin, namun drg. Callista mengatakan, “Efek samping dari scaling gigi biasanya timbul rasa linu jika gigi tersebut sensitif atau berlubang.”

Anda dapat merasakan ngilu karena karang gigi sudah besar dan akan meninggalkan ruang usai perawatan scaling. Akan tetapi, kondisi ngilu dan linu bisa diobati tergantung dari tingkat keparahannya.

Artikel Lainnya: Habis Scaling Gigi Jadi Renggang, Apa Penyebabnya?

2 dari 3 halaman

Manfaat Scaling Gigi

Selain untuk menghilangkan plak dan karang gigi, scaling juga menghadirkan manfaat lain untuk kesehatan gigi dan mulut. Berikut manfaat scaling yang perlu Anda tahu.

1. Membuat Gigi Lebih Bersih

Seiring berjalannya waktu, gigi akan mengalami perubahan karena banyaknya jenis makanan yang masuk ke dalam mulut Anda. Lama kelamaan, plak dapat terbentuk dan membuat warna gigi menjadi kuning.

Dengan melakukan scaling, plak serta beberapa noda di permukaan gigi bisa hilang, gigi pun terlihat lebih sehat.

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Kumpulan plak gigi mengandung bakteri penyebab infeksi. Jika tidak segera ditangani, plak dapat menyebabkan gejala gusi bengkak, mudah berdarah, dan terasa sakit.

Bila dibiarkan, kondisi tersebut bisa berkembang menjadi periodontitis. Periodontitis merupakan peradangan serius yang dapat merusak gigi dan jaringan penyangga gigi lainnya. Dengan melakukan scaling secara rutin, Anda sudah melakukan pencegahan dan mengurangi risiko terkena penyakit gusi.

Artikel Lainnya: Mengenal Metode Kuretase pada Gigi

3. Menghilangkan Bau Mulut

Karang gigi merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Karang gigi dapat menyebabkan bau mulut. Dengan melakukan scaling, dokter akan menghilangkan karang gigi dan setelahnya mulut pun terasa bersih. Scaling juga membuat napas Anda terasa segar dan bau mulut menghilang.

4. Mengurangi Risiko Gigi Copot

Karang gigi dapat menyebabkan kondisi gigi copot. Saat gigi sudah goyang atau bahkan copot, Anda jadi sulit untuk mengunyah makanan. Kondisi tersebut juga dapat menghilangkan rasa percaya diri Anda.

Ketika melakukan scaling, dokter akan membersihkan gigi dan menghilangkan risiko gigi copot.

5. Terhindar dari Risiko Penyakit Lainnya

Penyakit gusi berhubungan dengan kondisi kesehatan yang serius, seperti diabetes, penyakit jantung, demensia, bahkan penyakit kanker tertentu. Rutin scaling di dokter gigi dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut.

Itu dia beberapa penjelasan serta manfaat dari scaling gigi. Untuk tahu informasi kesehatan gigi lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter gigi lewat fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

1 Komentar