Perawatan Wanita

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pemeriksaan Mamografi Payudara

Tri Yuniwati Lestari, 14 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setiap wanita dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mamografi guna mendeteksi risiko kanker payudara. Simak persiapan tes mamografi agar hasilnya bisa optimal.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pemeriksaan Mamografi Payudara

Mamografi adalah pemeriksaan rontgen payudara menggunakan sinar-X. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi kanker payudara dan masalah lain pada organ tersebut.

Pemeriksaan mamografi disarankan untuk dilakukan secara rutin, setidaknya satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dan pengobatan sejak dini, sehingga dapat meminimalkan risiko komplikasi.

Nah, bagi wanita yang ingin mengikuti pemeriksaan mamografi, Anda mesti melakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Persiapan sebelum mamografi bertujuan agar hasilnya bisa optimal dalam mendeteksi ada atau tidaknya penyakit yang bersarang di payudara Anda.

Berikut ini adalah beberapa persiapan mamografi yang perlu dilakukan:

1. Pilih Rumah Sakit yang Terpercaya

Menurut dr. Devia Irine Putri, hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai langkah persiapan pemeriksaan mamografi adalah memilih rumah sakit terpercaya atau terakreditasi baik.

Pastikan juga untuk memilih rumah sakit yang memiliki standar tinggi terhadap perawatan radiologi. Anda ingin mendapatkan rasa aman, nyaman, dan hasil yang optimal, bukan?

2. Berkonsultasi Terlebih Dahulu dengan Dokter

Setelah memilih rumah sakit yang tepat, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter.

Anda dapat bertanya kepada dokter mengenai hal apa pun terkait pemeriksaan mamografi. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan nantinya sudah sesuai dengan prosedur.

3. Persiapkan Dokumen Penting

Baru pertama kali melakukan pemeriksaan mamografi? Jika ya, Anda mesti membawa daftar riwayat pemeriksaan, biopsi, atau perawatan payudara lain yang pernah dilakukan sebelumnya.

“Bawa hasil mamografi sebelumnya jika ada, kemudian katakan tentang keluhan atau riwayat yang perlu diketahui dokter,” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Prosedur Pemeriksaan Kanker Payudara dengan Mammografi

4. Atur Jadwal

Melansir dari American Cancer Society, mamografi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Pasalnya, pemeriksaan ini mengharuskan payudara Anda untuk menempel di dua pelat khusus untuk memastikan gambar dapat diambil dengan jelas.

Atas dasar itu, jadwalkan pemeriksaan mamografi saat payudara Anda tidak terasa nyeri atau bengkak guna mengurangi rasa tidak nyaman.

"Sebaiknya melakukan pemeriksaan mamografi bukan di saat haid atau satu minggu sebelumnya. Soalnya, di saat-saat tersebut, payudara biasanya akan terasa nyeri dan menyebabkan ketidaknyamanan," ucap dr. Devia.

Para ahli mengatakan bahwa seminggu setelah menstruasi adalah waktu terbaik untuk menjalani tes mamografi.

5. Jangan Gunakan Kosmetik

Dilansir dari Bicard, pemakaian bedak, deodoran, parfum, dan losion dapat mengganggu hasil pencitraan. Maka, hindari penggunaan kosmetika tersebut di hari pemeriksaan mamografi agar hasilnya optimal.

Faktanya, zat aluminium yang mungkin ditemukan dalam produk-produk tersebut dapat pula membuat hasil positif palsu pada pemeriksaan mamografi. Hal ini dapat membuat Anda mesti melakukan pemeriksaan tambahan, yang sebenarnya tidak diperlukan.

6. Hindari Minuman Berkafein

Mengonsumsi kopi atau asupan lain yang mengandung kafein memang tidak akan berpengaruh terhadap hasil pemeriksaan mamografi.

Namun, jika Anda adalah wanita yang sensitif terhadap kafein, sebaiknya asupan yang mengandung zat tersebut dihindari di hari pemeriksaan. Kafein pada orang-orang yang sensitif dapat menyebabkan payudara terasa nyeri.

7. Gunakan Pakaian Setelan

Saat pemeriksaan mamografi, Anda akan diminta untuk melepas baju untuk diganti dengan pakaian khusus.

Oleh karena itu, untuk membuat pemeriksaan lebih nyaman, sebaiknya hindari penggunaan dress atau pakaian terusan.

Butuh tuntunan dan saran lanjutan dari dokter terkait persiapan mamografi? Anda bisa berkonsultasi menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Payudara

Konsultasi Dokter Terkait