Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Latihan Mindfulness yang Bermanfaat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Latihan Mindfulness yang Bermanfaat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Latihan mindfulness ternyata dapat meningkatkan kesehatan kulit. Bagaimana cara berlatih mindfulness untuk kesehatan kulit? Intip ulasannya di sini.

Mindfulness merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan seseorang. Tidak hanya baik untuk kesehatan mental, latihan mindfulness juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, lho!

Amy Wechsler MD, seorang dokter kulit sekaligus psikiater mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab penuaan dini adalah stres. “Stres dapat membuat proses penyembuhan luka jadi lambat, kelenjar minyak tidak terkontrol, dan peradangan jadi sulit diatasi,” jelasnya.

Stres dapat disebabkan oleh hormon pelepas kortikotropin. Hormon tersebut berhubungan erat dengan peradangan yang memicu jerawat. Dilansir dari Everyday Health, saat sedang stres, kulit akan sulit memperbaiki kerusakan secara mandiri.  

Oleh karena itu, melakukan mindfulness sangat penting untuk meredakan stres dan meningkatkan kesehatan kulit.

Artikel Lainnya: Mengenal Struktur Kulit Manusia

1 dari 3 halaman

Kaitan Stres dengan Mindfulness

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mindfulness adalah latihan yang membuat pikiran menjadi fokus pada kondisi saat ini. Mindfulness juga merupakan kesadaran dari pikiran, perasaan, sensasi tubuh, serta lingkungan sekitar Anda.

Mindfulness, dalam hal ini bermeditasi selama beberapa menit, dapat membawa energi (disebut sebagai prana) sekaligus membuat tubuh jadi tenang dan rileks. Selama bermeditasi, prana membantu memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang membuat kulit tampak segar dan awet muda.

Saat berlatih pernapasan, oksigen dapat masuk ke dalam kulit dan meningkatkan kesehatan sel. Peningkatan oksigen di dalam sel ini dapat meremajakan kulit, serta menyeimbangkan kesehatan tubuh dan pikiran.

Mindfulness dengan cara meditasi juga menurunkan tekanan darah dan nyeri akibat ketegangan, misalnya meredakan sakit kepala, mag, insomnia, nyeri otot dan masalah persendian.

Bahkan, menurut studi tahun 2018 yang diterbitkan oleh Journal of Behavioral Medicine, latihan mindfulness dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka, terutama meredakan gejala psoriasis.

Artikel Lainnya: Manfaat Helichrysum Essential Oil untuk Kesehatan Kulit

2 dari 3 halaman

Latihan Mindfulness untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Psikolog Ikhsan merekomendasikan beberapa latihan mindfulness yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Berikut latihan yang bisa Anda coba.

  1. Gunakan Kelima Indra Tubuh

“Cobalah untuk menyebutkan 5 hal yang bisa kita lihat, sentuh 4 hal yang bisa kita rasakan, dengarkan 3 suara yang bisa kita dengar, sebutkan 2 wangi yang tercium, serta rasakan 1 rasa di lidah,” kata psikolog Ikhsan.

Latihan tersebut membuat Anda fokus pada kondisi saat ini dan tidak memikirkan hal sebelum atau yang akan terjadi. Latihan ini ini juga dapat menurunkan tingkat stres. 

  1. Lakukan Relaksasi Pernapasan

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah relaksasi pernapasan. Cobalah fokus kepada diri sendiri dan sediakan waktu untuk melakukan relaksasi pernapasan. 

“Sediakan waktu 5 menit. Tarik napas perlahan dari hidung dalam hitungan 3 detik, lalu 3-5 detik dan tahan sebentar. Pada detik 6-8, hembuskan napas perlahan melalui mulut,” ujar psikolog Ikhsan.

Melakukan relaksasi pernapasan selama 5 menit ini dapat membantu melatih mindfulness setiap harinya. 

Artikel Lainnya: Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Masalah Kulit

  1. Ambil Waktu untuk Istirahat

Terkadang Anda perlu waktu satu menit untuk beristirahat. Berhenti sejenak dari aktivitas dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Menurut EverydayHealth, latihan mindfulness yang satu ini dapat membantu memecahkan masalah atau menemukan solusi dari persoalan yang sedang dihadapi.

  1. Lakukan Meditasi

“Duduklah dengan tenang dan dengarkan suara yang dapat membuat tenang. Entah itu suara alam atau suara musik yang slow. Kemudian, fokus kepada diri sendiri dan lakukan latihan pernapasan secara perlahan,” kata psikolog Ikhsan. Lakukan meditasi minimal 10 menit setiap hari.

  1. Pemindaian Tubuh di Waktu Tidur

Teknik ini melibatkan mindfulness ke bagian tubuh yang berbeda, seperti gerakan atau sensasi yang bergerak dari ujung kepala sampai ujung kaki. 

Rasakan sensasi tubuh yang muncul seperti getaran, sensasi kesemutan, berat, tekanan, gerakan, panas, dan rasa sejuk yang muncul di kulit. 

Itu dia beberapa latihan mindfulness yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Untuk tahu informasi kesehatan kulit lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar