Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Kesuburan Pria Dipengaruhi oleh Kualitas Tidur?

Benarkah Kesuburan Pria Dipengaruhi oleh Kualitas Tidur?

Kualitas tidur yang buruk disebut dapat mengganggu kesuburan pria. Apakah medis setuju dengan itu? Benarkah kualitas tidur termasuk hal yang mempengaruhi kesuburan pria?

Kualitas tidur yang buruk tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit. Pada pria, kondisi tersebut juga disebut dapat menurunkan tingkat kesuburan.

Benarkah demikian? Apakah medis setuju bahwa kualitas tidur adalah hal yang mempengaruhi kesuburan pria? Yuk, cek faktanya.

Artikel Lainnya: Sederet Kebiasaan yang Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria

1 dari 3 halaman

Benarkah Kualitas Tidur Pengaruhi Kesuburan Pria?

Faktanya, kualitas tidur memang berhubungan erat dengan tingkat tingkat kesuburan pria. 

Penelitian yang dilakukan oleh Fertility & Sterility mengatakan, mengistirahatkan tubuh selama 7 hingga 8 di malam hari dapat mengoptimalkan kesehatan sperma Anda.

Di dalam penelitian tersebut dikatakan, pria yang tidur kurang dari 6 jam dalam semalam memiliki kemungkinan 31 persen lebih kecil untuk bisa membuahi sel telur. 

“Menurut penelitian dari Pubmed, hal tersebut mungkin terjadi karena orang yang tidurnya kurang akan mengalami peningkatan produksi antibodi anti-sperma (ASA),” kata dr. Atika

Nilai ASA, lanjut dr. Atika, mengalami peningkatkan pada subjek pria yang kurang tidur. 

“Ada kemungkinan bahwa durasi dan kualitas tidur yang buruk dapat berkontribusi pada gaya hidup tidak sehat, penurunan libido (gairah seksual), dan penurunan performa seks,” ucap dr. Atika.

“Akan tetapi, hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikannya,” tegasnya

Artikel Lainnya: Pilihan Olahraga yang Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

2 dari 3 halaman

Tips Agar Tidur Cukup Setiap Hari

Meski masih belum dapat dipastikan, Anda tetap dianjurkan untuk berupaya memiliki kualitas tidur yang baik. Durasi tidur Anda pun mesti diusahakan hanya selama 7 hingga 8 jam setiap malam.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memiliki kualitas tidur yang baik setiap hari: 

  • Tidurlah di waktu yang sama setiap hari, agar jam biologis di tubuh Anda tidak kebingungan.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur, setidaknya selama 30 menit dalam sehari dan sebanyak 5 kali dalam seminggu. 
  • Hindari paparan blue light yang dipancarkan oleh alat elektronik setidaknya satu jam sebelum waktu tidur
  • Jaga agar kamar tidur Anda tetap sejuk, gelap, dan tenang. 

Apabila Anda telah menerapkan cara-cara di atas namun kualitas tidur masih belum bisa diperbaiki juga, sebaiknya segera berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Tak hanya itu, Anda juga mesti berobat ke dokter apabila tak kunjung memiliki momongan meski kualitas tidur sudah diperbaiki. Jangan lupa ajak pasangan Anda, karena kehamilan hanya bisa terjadi apabila kedua belah pihak memiliki tingkat kesuburan yang optimal.

Punya pertanyaan seputar kesuburan pria? Ingin bertanya langsung kepada dokter mengenai cara memiliki kualitas tidur yang lebih baik? Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar