Sukses

Letak Jerawat di Tubuh dan Artinya Bagi Kesehatan

Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tetapi di bagian tubuh lainnya. Berikut adalah lima letak jerawat di tubuh dan artinya bagi kesehatan Anda.

Beberapa jerawat terkadang tak hanya muncul di wajah, namun juga di bagian tubuh lain, seperti di punggung, paha, tangan, leher, bahkan dada.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, jerawat bisa muncul karena pori-pori kulit yang tersumbat.  “Lalu sumbatan ini menjadi terinfeksi bakteri kulit sehingga meradang,” kata dr. Sara.

Selain itu, letak jerawat di tubuh Anda memiliki makna dan penyebab yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa letak jerawat di tubuh dan penyebabnya yang harus Anda tahu.

Artikel Lainnya: Efektivitas Terapi Intense Pulsed Light untuk Mengatasi Jerawat

1 dari 4 halaman

1. Jerawat di Punggung

Jerawat di punggung dapat disebabkan oleh kelenjar minyak tubuh yang terlalu aktif, penumpukan sel kulit mati, dan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Penyebab jerawat di punggung sendiri bisa karena kondisi lembap, pengaruh hormon, atau akibat mengonsumsi makanan misalnya yang tinggi gula.”

Dilansir Very Well, mengenakan pakaian yang ketat juga dapat menyebabkan jerawat di punggung. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan pakaian yang bersih, tidak terlalu ketat, dan berbahan lembut atau halus untuk kulit.

2. Jerawat di Tangan

Jerawat di tangan diyakini sebagai pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin.

Anda bisa mengatasi jerawat di tangan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah, sayur, dan biji-bijian setiap harinya.

Jerawat di area ini juga bisa menandakan bahwa tubuh Anda alergi terhadap sesuatu. Perhatikan pula penggunaan produk deterjen, lotion, atau sabun mandi.

Sebab produk tersebut mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi kulit atau menyumbat pori-pori.

Artikel Lainnya: Manfaat Klorofil untuk Mengatasi Jerawat

2 dari 4 halaman

3. Jerawat di Leher

Dikutip dari Healthline, penyebab jerawat di leher umumnya sama dengan jerawat di wajah, yakni karena adanya sumbatan di pori-pori kulit.

Tak hanya itu, faktor penyebabnya jerawat di leher dapat disebabkan karena kebersihan yang kurang baik, misalnya jarang atau kurang bersih saat membersihkan keringat di leher. Menggunakan produk yang dapat menyumbat pori-pori di kulit, seperti pelembab atau tabir surya, juga dapat menimbulkan jerawat.

Lalu, mengenakan pakaian berbahan kurang nyaman serta rambut kotor yang sering bergesekan dengan leher juga dapat menyebabkan jerawat.

4. Jerawat di Paha

Jerawat di paha biasanya muncul karena Anda alergi terhadap produk seperti deterjen atau krim cukur.

Dokter Devia mengatakan “Jerawat di paha sebenarnya jarang terjadi. Bila terjadi, biasanya itu mengarah kepada bisul atau folikulitis. Lalu, bisa juga terjadi karena infeksi bakteri, kondisi lembap, kurang terjaganya kebersihan.”

Untuk mengatasi jerawat yang letaknya di paha, Anda bisa menjaga kebersihan tubuh dengan memakai pakaian bersih, celana yang longgar, dan gunakan deterjen berbahan lembut mengurangi iritasi.

Artikel Lainnya: Mengenal Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout

3 dari 4 halaman

5. Jerawat di Dada

Dokter Devia menjelaskan bahwa jerawat di dada dapat muncul karena faktor kebersihan yang kurang baik. Kebersihan yang kurang baik bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Penggunaan produk perawatan tubuh tertentu seperti lotion atau parfum juga dapat membuat jerawat di dada muncul.

Ia menambahkan, ukuran jerawat di dada harus diperhatikan dengan baik. Karena beberapa benjolan di dada yang awalnya mirip jerawat bisa menjadi tanda tumor.

“Jika awalnya mirip jerawat, lalu dia berubah ukuran menjadi besar, itu bisa mengarah ke tumor. Namun, kalau jerawat itu ukurannya kecil saja, tidak masuk dalam kategori tumor,” jelas dr. Devia.

Itu dia penjelasan mengenai letak jerawat dan penyebabnya. Untuk mencegah jerawat muncul, Anda harus menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan dengan baik.

Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter apabila mendapati jerawat muncul di beberapa bagian tubuh yang tak biasa. Untuk tahu informasi atau tips kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar