Kanker

Mengenal Sel Natural Killer dalam Pengobatan Kanker

Tamara Anastasia, 13 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sel natural killer merupakan sel yang bisa bekerja efektif dalam membunuh sel kanker. Seperti apa manfaat dan cara kerjanya?

Mengenal Sel Natural Killer dalam Pengobatan Kanker

Tubuh memang punya sistem kekebalan tubuh yang dapat menangkal virus penyebab penyakit. Tahukah Anda kalau tubuh juga punya suatu sel yang bisa membantu dalam penyembuhan kanker

Ya, sel itu disebut sel natural killer atau sel NK. Lantas, bagaimana sel ini bekerja dan apakah setiap orang memilikinya? 

Potensi Sel Natural Killer untuk Mengatasi Kanker

Natural killer cells merupakan bagian dari sel darah putih yang dapat membunuh sel kanker atau sel lainnya yang juga berpotensi merugikan tubuh. 

Bahkan, beberapa studi menyebutkan sel NK lebih efektif ketimbang sel pertahanan tubuh lainnya. 

Dijelaskan oleh dr. Atika, sel natural killer adalah sel alami di dalam tubuh dan merupakan salah satu turunan sel limfosit. 

Selama ini, memang sel NK diketahui berguna untuk membunuh sel yang terinfeksi virus. Hanya saja, studi terbaru menyebutkan sel ini diketahui mungkin efektif dalam membatasi pertumbuhan tumor.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Stem Cells, para peneliti di University of California San Diego School of Medicine dan University of Minnesota, AS, melaporkan sel natural killer (NK) termodifikasi dari sel induk pluripoten yang diinduksi (iPSCs) menunjukkan peningkatan aktivitas melawan kanker ovarium.

Seperti sel T, sel NK merupakan bagian integral dari sistem kekebalan tubuh. Mereka bekerja dengan cara agak berbeda dari sel T. Tetapi, keduanya menjadi pejuang kanker yang efektif ketika diberi alat untuk melakukan fungsinya dengan baik.  

Dan Kaufman, ilmuwan utama dalam studi NK dari UC San Diego School of Medicine, mengatakan sel NK mungkin menawarkan “keuntungan signifikan” dibandingkan sel T untuk penderita kanker.

Artikel lainnya: Selain Kayu Bajakah, 6 Herbal Ini Dipercaya Bisa Mencegah Kanker 

Cara Kerja Sel Natural Killer

Saat bekerja menghadapi sel kanker, sel natural killer akan menyerang sel-sel abnormal sebelum membelah dirinya. 

Sel kanker akan melepaskan diri dari koloni dan menyebar ke organ tubuh lainnya (metastasis). Karena fungsinya ini, sel natural killer dianggap dapat menjadi metode alami mencegah kanker.

Adapun beberapa tahapan cara kerja sel natural killer yaitu: 

  1. Sel NK akan bekerja sama dengan saluran limfosit untuk mendeteksi keberadaan sel kanker di dalam tubuh. 
  2. Sel NK akan mendeteksi keberadaan sel abnormal. Biasanya, sel abnormal akan diidentifikasi dari bentuk, perilaku, dan komponen proteinnya.
  3. Jika ada jejak DNA yang berbeda dari suatu sel, maka sel NK akan menganggapnya sebagai parasit atau musuh di dalam tubuh.
  4. Setelah mengetahui keberadaan sel abnormal, sel NK akan bekerja secara bersamaan dengan zat tubuh lainnya untuk menyerang membran sel asing dan merusak nukleusnya (inti sel). 
  5. Sel NK akan memberikan sinyal kepada zat lain di dalam tubuh untuk membantunya menyerang sel jahat tersebut. Pemberian sinyal ini akan ditandai dengan pelepasan hormon. 

Jadi, semakin besar sel abnormal tersebut, maka semakin besar juga hormon yang dihasilkan. 

Artikel lainnya: Manfaat Daun Kemangi untuk Pengobatan Kanker

Efektivitas Sel Natural Killer untuk Mengatasi Kanker

Dokter Atika mengatakan, “Sel NK hanya membunuh sel tumor yang memiliki reseptor untuk sel NK. Dan dari penelitian, ternyata tumor juga bisa mengubah lingkungan mikro yang menyebabkan penekanan fungsi sel NK dan merusak reseptornya.”

“Walaupun semua orang punya sel natural killer, tapi ini tidak serta-merta menghilangkan kanker,” lanjutnya.

Pada tubuh orang yang sehat, sel natural killer bisa dengan efektif membedakan mana sel abnormal dan normal. Itu alasannya, kenapa sel natural killer dianggap efektif dalam membunuh sel kanker. Meski begitu, butuh pengembangan lebih lanjut mengenai hal ini. 

Konsultasi ke dokter onkologi seputar pengobatan kanker bisa lebih mudah lewat Live Chat.

(FR/JKT)

Pengobatan kankerKanker

Konsultasi Dokter Terkait