Sukses

Pose Yoga yang Efektif untuk Bantu Program Hamil

Yoga bisa jadi pilihan baik untuk membantu kesuksesan program hamil. Ini dia gerakan yoga agar cepat hamil yang bisa Anda coba.

Rutin olahraga memang bisa menjadi cara meningkatkan kesuburan. Salah satu olahraga yang dikatakan bisa membantu memaksimalkan program hamil adalah yoga. 

Dokter Sara Elise Wijono, MRes, menjelaskan, apa pun jenisnya, olahraga memang bisa membantu meningkatkan kesuburan, termasuk yoga. 

“Intinya, kalau tubuh dalam kondisi sehat, pasti fungsi organnya juga jadi lebih maksimal, salah satunya bagian reproduksi. Yoga jadi salah satu pilihan olahraga yang membantu tubuh jadi lebih sehat,” jelas dr. Sara.

“Tidak hanya wanitanya saja yang butuh tubuh sehat, tapi juga pasangannya,” tambahnya. 

Jika diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, maka yoga diharapkan bisa menjadi penunjang kesuksesan program hamil. 

Artikel Lainnya: Aplikasi Program Hamil Berguna Lainnya Selain Kalender Kesuburan

Melansir Parents, adapun beberapa pose yoga untuk program hamil yaitu:

1 dari 4 halaman

1. Staff Pose, Foot and Ankle Warm Up

Pose ini bertujuan untuk menyeimbangkan dasar panggul. Bagi wanita yang gemar pakai heels, pose yoga ini cocok untuk meratakan kembali posisi dasar panggul. 

Anda bisa duduk tegak sambil meluruskan kedua kaki di depan. Kemudian, putar pergelangan kaki searah jarum jam selama 5 kali. Ulangi ke arah berlawanan. 

Dorong telapak kaki ke arah bawah sebanyak 10 kali secara bergantian. Goyangkan dan pijat kembut jari kaki. Lalu, tutup dengan mengangkat kaki ke atas dan bawah secara bergantian, supaya sendi dan lutut jadi lentur. 

2. Half Ankle to Knee 

Sama dengan sebelumnya, Anda diminta duduk tegak di atas matras yoga. Kemudian, tekuk lutut kiri dan letakkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kaki kiri. Tekan telapak tangan kiri pada telapak kaki kiri. 

Gunakan juga tangan Anda untuk menekan kaki kiri ke arah bawah. Bila sudah dilakukan sebanyak 3 set, ganti kaki kanan dengan urutan yang sama. 

3. Alternating Knee to Chest 

Bila sering menghabiskan waktu duduk di depan laptop, pose ini cocok untuk Anda. 

Atur posisi terlentang sambil menekuk kaki kiri ke atas (kaki kanan tetap lurus). Gunakan tangan untuk menahan kaki kiri, tahan napas selama 5 detik kemudian buang secara perlahan. Lakukan 5 set dan ganti dengan kaki kanan. 

Artikel Lainnya: 5 Peran Suami dalam Program Hamil Istri

2 dari 4 halaman

4. Bridge Pose

Pose bridge membantu meningkatkan koneksi yang tangguh antara pinggul, panggul, dan punggung bawah. Posisi ini juga bisa merangsang sistem kekebalan dan endokrin. 

Posisikan tubuh berbaring terlentang dengan lutut ditekuk sambil telapak kaki menapak ke lantai. Letakkan tangan di samping badan. 

Sambil mengambil napas, dorong badan ke atas lalu turunkan secara perlahan. Anda bisa lakukan pose ini selama 10-15 menit setiap harinya. 

5. Shoulder Opening Mountain Pose 

Berdiri tegak dan beri jarak antara kedua kaki. Angkat kedua tangan di atas dengan telapak tangan saling berhadapan. Turunkan lengan dan letakkan di sisi tubuh. Ulangi gerakan ini sebanyak 60 kali. 

6. High Lunge with Side Stretch

Gerakan ini bisa membantu Anda untuk meregangkan panggul depan dan otot-otot panggul lainnya. Pose yoga ini juga bisa memperkuat bagian paha dan perut. 

Berdiri tegak sambil memajukan kaki kanan. Tekuk lutut kaki kanan membentuk posisi 90 derajat. Angkat tangan kiri. Tahan selama beberapa detik, kemudian ulangi gerakan yang sama pada bagian kanan.

7. Yogini Squat 

Kata siapa yoga tidak bisa membangkitkan gairah seksual? Gerakan yoga yang satu ini bisa menguatkan dasar panggul dan membuat gairah seks jadi bertambah. 

Posisikan diri dengan berjongkok sambil membuka kaki lebar. Pastikan telapak kaki menyentuh lantai seutuhnya. 

Tempelkan kedua telapak tangan di depan dada agar posisi bisa lebih tegak. Tahan dalam beberapa menit. Istirahatlah kalau merasa pegal atau sakit. 

Artikel Lainnya: 6 Persiapan Sebelum Menjalani Program Hamil

3 dari 4 halaman

8. Goddess Pose

Pose ini bisa membantu tubuh jadi lebih relaks karena tidak butuh banyak gerakan. 

Cukup berbaring di atas matras yoga. Letakkan kedua tangan di perut, sambil tempelkan kedua telapak kaki sehingga membentuk lambang permata atau ketupat. Atur pernapasan selama 3-5 menit. 

9. Seated Twist

Anda cukup duduk tegak dengan kaki menyila. Miringkan tubuh ke arah kiri sampai pinggang dan punggung terasa agak tertarik. Tahan selama beberapa detik. 

Lakukan gerakan yang sama pada sisi kanan. 

10. Corpse Pose 

Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, tutuplah dengan pose corpse. Berbaringlah santai dengan meregangkan kaki dan tangan. Atur pernapasan sambil memejamkan mata. 

Pose ini membantu meredakan cemas dan stres yang kerap memengaruhi kesuburan. 

Itu dia beberapa gerakan yoga agar cepat hamil yang bisa Anda coba. Maksimalkan olahraga untuk program hamil dengan pola hidup sehat lainnya.

Konsultasi ke dokter bisa lebih mudah lewat Live Chat. Gunakan Kalender Kesuburan untuk bantu mengetahui masa subur Anda.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar