Kehamilan

Kenali Kondisi Dry Heaving, Mual tapi Tidak Muntah saat Hamil

Zahra Aminati, 10 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bund, pernah merasa mual tapi tidak muntah saat hamil? Kondisi ini dinamakan dengan dry heaving. Bagaimana cara menanganinya? Berikut ulasannya.

Kenali Kondisi Dry Heaving, Mual tapi Tidak Muntah saat Hamil

Saat sedang hamil muda, banyak ibu yang mengeluhkan mual dan muntah, utamanya di pagi hari. Namun, ada sebagian ibu yang merasakan mual tapi tidak ada yang dimuntahkan.

Dalam medis, kondisi ini disebut dry heaving. Mari kenali masalah kehamilan tersebut lebih lanjut.

Apa itu Dry Heaving?

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita, “Dry heaving adalah sensasi ingin muntah tanpa benar-benar muntah.”

Kondisi ini dapat dipicu oleh olahraga yang berlebihan, banyak mengonsumsi minuman beralkohol, atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

Saat sensasi mual muncul, jaringan otak yang mengontrol refleks muntah bisa terangsang. Nah, meski rasa mual sudah berhenti, perintah muntah dari otak masih aktif. Akibatnya, timbul kontraksi otot perut yang dapat menekan diafragma.

Hal tersebut akan membuat saluran napas tertutup seperti refleks muntah yang sesungguhnya, tapi tidak ada sesuatu yang keluar dari dalam.

Saat mengalami dry heaving, para ibu hamil akan merasakan kering di area mulut serta tenggorokan. Anda juga akan merasa tidak nyaman dan dapat kehilangan nafsu makan. 

Artikel lainnya: Mual Saat Hamil Muda, Atasi dengan Tips Ini

Rasa mual yang dirasakan bukan hanya terjadi di pagi hari, tapi juga di siang dan malam hari. Beberapa aroma yang tercium di hidung ibu hamil bisa menjadi pemicu dry heaving

Gejala berat lain bisa dirasakan bersama dry heaving, seperti kesulitan bernapas, nyeri dada yang cukup parah, denyut jantung meningkat, sakit perut, nyeri otot, ada darah di dalam urine, intensitas buang air kecil menurun, serta mengeluarkan feses yang berdarah.

Cara Mengatasi Dry Heaving pada Ibu Hamil

Menurut dr. Theresia, kondisi mual tapi tidak muntah saat hamil ini dapat sembuh dengan sendirinya.

“Namun, untuk mengurangi keluhan, ibu dapat melakukan rest and relax dengan posisi setengah duduk, penggunaan aromaterapi, mengonsumsi jahe, minum air putih, serta minum obat mual dan muntah,” katanya.

Secara lebih lengkap, berikut penjelasan cara mengatasi dry heaving pada ibu hamil. 

1. Istirahat dan Relaksasi

Ibu hamil yang mengalami dry heaving perlu melakukan istirahat dan relaksasi. Hal itu bisa dilakukan misalnya dengan latihan mengatur pernapasan, senam hamil, snacking yang sehat, serta cukupi waktu tidur. 

Artikel lainnya: Mual dan Muntah saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat?

2. Gunakan Minyak Aromaterapi

Minyak aromaterapi juga bisa membantu menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Beberapa essential oil yang bisa dicoba, misalnya aroma sereh, lavender, dan peppermint.

3. Konsumsi Jahe

Dalam takaran yang tepat, konsumsi teh jahe dapat bermanfaat untuk menghilangkan mual pada ibu hamil.

Dinukil dari Healthline, jahe secara khusus mengandung dua senyawa unggul, yakni gingerol dan shogaol. Keduanya diduga bekerja pada reseptor sistem pencernaan dan mempercepat pengosongan perut. Efeknya, rasa mual dapat berkurang.

4. Minum Air Putih

Sensasi mulut kering sering dikeluhkan bumil yang mengalami dry heaving. Itu sebabnya, konsumsi air putih amat dianjurkan. Minumlah setidaknya 2 liter air sehari. 

5. Minum Obat Mual dan Muntah

Jika memang mual dan muntah mengganggu aktivitas Anda, dr. Theresia menyarankan untuk minum obat mual dan muntah. Namun, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Hindari minum obat tanpa resep dokter karena dapat berbahaya bagi janin Anda. 

Dry heaving mungkin dapat mengganggu aktivitas harian ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan langkah-langkah di atas. Bila keluhan tidak juga mereda, segera periksakan diri ke dokter.

Kamu bisa tanya dokter online lewat Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

KehamilanDry Heaving

Konsultasi Dokter Terkait