Sukses

Ibu Hamil Gemar Makan Protein Bar? Ini Tips Konsumsinya

Protein bar jadi camilan enak dan sehat saat lapar. Apakah protein bar baik untuk ibu hamil? Simak manfaat dan tips makan protein bar untuk ibu hamil.

Protein merupakan komponen penting untuk dipenuhi selama masa kehamilan. Pasalnya, asupan tersebut berguna dalam perkembangan jaringan tubuh janin. Karenanya, ibu hamil wajib makan makanan berprotein. 

Protein bar termasuk camilan yang bisa dimakan ibu hamil. Bagaimana manfaat protein bar untuk ibu hamil dan tips mengonsumsinya?

1 dari 3 halaman

Konsumsi Protein Bar dalam Kehamilan

Menurut Food and Drug Administration, AS, protein memainkan peran penting dalam berbagai proses di tubuh, termasuk pembekuan darah, keseimbangan cairan, kekebalan, penglihatan, serta pembentukan hormon dan enzim. 

Selama mengandung, Anda harus mendapatkan cukup protein untuk mendukung pertumbuhan janin. Itu dia mengapa mengonsumsi makanan kaya protein harus dilakukan oleh bumil setiap harinya. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, sebenarnya tidak ada aturan khusus yang melarang ibu hamil makan protein bar

Artikel Lainnya: Bolehkan Ibu Hamil Makan Ikan Asin?

Protein bar sebenarnya tidak masalah untuk ibu hamil. Ini tidak hanya mengandung protein, tapi juga sumber serat dan lemak baik bagi ibu yang sedang mengandung. Biasanya, protein bar bisa dimakan sebagai camilan siang, sore, atau malam hari,” jelasnya.

Dokter Devia menyarankan agar ibu hamil memilih protein bar dengan kandungan gula rendah dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 

Protein bar bukanlah makanan utama. Jadi, Anda tetap perlu makan makanan pokok bergizi seimbang untuk memenuhi asupan protein harian. 

Anda bisa membuat protein bar dengan bahan-bahan yang sehat. Misalnya, menggunakan granola, buah potong kering, biji-bijian, dan yoghurt. Bisa juga tambahkan selai kacang atau selai cokelat rendah gula. 

Kalau ingin menambahkan rasa manis, Anda bisa pilih madu alami secukupnya. 

2 dari 3 halaman

Ibu Hamil, Perhatikan Kadar Gula di Dalam Protein Bar

Bila Anda hendak membeli protein bar yang dijual di pasaran, jangan lupa perhatikan kadar gula di dalamnya.

Menurut data dari USDA (United States Department of Agriculture), 1 batang protein bar bisa mengandung sekitar 24 gram gula. Jumlah ini lebih banyak ketimbang 1 batang permen. 

Asupan gula memang tetap dibutuhkan selama kehamilan. Tapi, bukan berarti Anda bisa makan makanan mengandung gula tinggi terus-menerus tanpa dibatasi. 

Artikel Lainnya: Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Hamil Trimester Pertama

Sebuah penelitian pada Juni 2018 di American Journal of Preventive Medicine menemukan, asupan gula tinggi selama kehamilan dapat berdampak negatif pada anak.

Studi lain pada 2017 di European Respiratory Journal menyimpulkan, asupan gula yang lebih tinggi selama kehamilan dikaitkan dengan atopi atau kecenderungan genetik untuk mengembangkan penyakit alergi.

Tidak hanya kandungan gula, protein bar juga bisa mengandung kafein tinggi yang juga tidak terlalu baik untuk ibu selama kehamilan. 

Menurut data dari studi Snart-Gravid yang melibatkan 5.132 wanita Denmark, para peneliti menemukan ibu hamil yang mengonsumsi banyak kafein dikaitkan dengan risiko keguguran yang tinggi. 

Studi lain di jurnal BMC Medicine pada Februari 2013 menemukan, asupan kafein selama kehamilan dikaitkan dengan berat badan lahir rendah.

Ibu hamil boleh saja makan protein bar, asalkan konsumsi dengan porsi yang tepat.

Konsultasi ke dokter kandungan seputar camilan sehat saat hamil lewat LiveChat. Kunjungi Belanja Sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi kehamilan Anda.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar