Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Sampai Terlewat Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil Ini

Jangan Sampai Terlewat Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil Ini

Dikenal sebagai sayur yang punya banyak gas, ternyata ada banyak manfaat kembang kol untuk ibu hamil. Apa saja, sih? Simak di sini.

Dari banyak jenis sayuran, kembang kol mungkin belum jadi preferensi asupan harian ibu hamil. Padahal, kembang kol kaya nutrisi yang baik untuk membantu kesehatan ibu maupun janin selama kehamilan.

Apa saja sih manfaat kol untuk ibu hamil? Mari kita simak ulasannya di bawah ini. 

1 dari 2 halaman

Manfaat Kol untuk Ibu Hamil

Kembang kol punya bentuk yang mirip dengan brokoli. Hanya saja, kembang kol punya tekstur yang lebih padat, berwarna putih, dan terdapat daun di bagian bawahnya.

Selain kaya akan vitamin dan mineral, kembang kol juga punya antioksidan, serat, kalium, dan asam folat dapat bermanfaat baik untuk ibu selama kehamilan. 

Hanya saja, kembang kol juga tinggi gas. Jika dimakan terlalu banyak, Anda bisa merasakan perut kembung dan tidak nyaman. 

Namun, jika dikonsumsi dalam porsi yang pas serta diimbangi dengan asupan sehat lainnya, kembang kol akan menawarkan banyak kebaikan bagi ibu hamil. Berikut manfaat kembang kol untuk ibu hamil.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Sayur Oyong untuk Ibu Hamil

1. Kaya Akan Asam Folat

Dokter Devia Irine Putri mengatakan bahwa kembang kol kaya akan asam folat. Nutrisi ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel janin dalam perut.

Memenuhi asupan asam folat harian bisa menurunkan risiko cacat lahir pada otak maupun pada saraf bayi. Anda juga bisa menemukan sumber asam folat pada sayur bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

2. Sumber Vitamin C

Dilansir dari Mom Junction, selama hamil Anda penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 80-85 mg setiap harinya. 

Beruntungnya, dalam satu cangkir kembang kol, kebutuhan vitamin C ibu hamil ini sudah dapat dipenuhi. 

3. Kaya Akan Serat

“Kandungan serat dalam kembang kol juga tergolong tinggi sehingga ini berfungsi baik untuk sistem pencernaan ibu hamil seperti sembelit atau sulit buang air besar (BAB),” ujar dr. Devia.

Anda juga bisa mengimbanginya dengan makan buah yang kaya akan serat seperti pisang dan pepaya untuk mencegah sembelit. 

4. Sumber Zat Besi 

Zat besi penting untuk ibu hamil karena punya peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Nantinya, sel darah merah ini akan memasok oksigen dan nutrisi lainnya ke tubuh ibu hamil.

Kabar baiknya, kembang kol punya kandungan zat besi yang tinggi. Selain dari kol, Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari sayuran hijau dan daging merah.

Artikel Lainnya: Nutrisi dan Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

5. Sumber Lemak Baik

Kata siapa sumber lemak baik hanya berasal dari makanan laut seperti ikan? Kembang kol juga menyediakan sumber lemak omega-3 yang baik untuk tubuh ibu hamil. 

Kandungan ini nantinya berfungsi sebagai antiinflamasi, meningkatkan aktivitas kardiovaskular, dan memastikan fungsi saraf bekerja dengan efisien. 

6. Menjaga Kesehatan Jantung 

“Kandungan potasium dan kalium di dalam kembang kol juga membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah selama kehamilan,” jelas dr. Devia.

Jadi, tidak hanya kesehatan janin saja yang terjaga, tapi kesehatan ibu juga terjamin ketika makan kembang kol dalam porsi yang tepat. 

7. Kaya Vitamin K

Mengutip laman The Parenting, ada beberapa potensi manfaat kembang kol untuk ibu hamil lainnya. Sayuran ini memiliki vitamin K yang melimpah untuk membantu bumil terhindar dari kondisi perdarahan defisiensi Vitamin K.

8. Sumber Fosfor dan Magnesium

Kembang kol juga kaya akan fosfor yang membantu membangun tulang yang kuat bagi Anda dan bayi yang sedang berkembang. Asupan ini juga mengandung magnesium yang dapat mencegah rahim berkontraksi sebelum waktunya.

Meski kembang kol tidak disarankan untuk dimakan dalam jumlah banyak, bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan kembang kol. Satu cangkir dalam sehari masih cukup untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil.

Untuk memperoleh nutrisi yang lebih lengkap, variasikan dengan menu sehat lainnya setiap  hari. Dapatkan informasi kesehatan ibu hamil lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar