Sukses

Pola Hidup Sehat untuk Penderita Kanker Otak

Menjalani pola hidup sehat akan memberikan dampak positif bagi penderita kanker otak. Ini tips pola hidup sehat penderita kanker otak.

Karena menyerang organ vital yaitu otak, penyakit kanker otak bisa membuat penderitanya stres dan tidak semangat hidup. Oleh karena itu, dukungan psikologis dan pola hidup sehat penderita kanker otak sangat diperlukan di samping pengobatan utama.

Pola hidup sehat untuk kanker otak dapat membantu proses pemulihan dan menjaga kualitas hidup penderita. Berikut ini beberapa tips hidup sehat untuk penderita kanker otak yang bisa diterapkan:

1 dari 4 halaman

1. Makanan dengan Komposisi Gizi yang Baik

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, salah satu pola hidup yang harus diperhatikan penderita kanker otak adalah makan makanan dengan komposisi gizi yang baik. 

“Jadi, segala nutrisi itu harus tetap terpenuhi dan terjaga,” kata dr. Iqbal. Dengan memerhatikan makanan berkomposisi gizi yang baik, harapan hidup penderita kanker otak dapat lebih meningkat. 

2. Hindari Konsumsi Karbohidrat Simpleks

Karbohidrat simpleks (sederhana) sifatnya cepat diserap tubuh dan mengandung banyak gula. “Hindari konsumsi karbohidrat simpleks atau yang mengandung gula simpleks,” kata dr. Iqbal. 

Contoh makanan karbohidrat atau gula simpleks antara lain permen, kue bolu, sirup, roti putih, dan lain-lain. Menurut American Brain Tumor Association, roti putih tinggi gula dan rendah nutrisi.

Kandungan gula di dalam karbohidrat simpleks dapat memicu peradangan di dalam tubuh pengidap kanker. 

Jadi, pastikan untuk menghindari makanan-makanan yang memiliki karbohidrat simpleks tinggi. Pengidap kanker otak disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah. 

Karbohidrat kompleks akan lebih lama terpecah di dalam tubuh. Jadi, kadar gula darah tidak langsung naik dan akan lebih aman dibandingkan karbohidrat simpleks. 

Artikel lainnya: Gejala Umum Kanker Otak yang Harus Diwaspadai

2 dari 4 halaman

3. Hindari Makanan Berlemak

Dokter Iqbal juga menyarankan penderita kanker otak untuk menghindari makanan berlemak dalam menjalani pola hidup sehat. 

Makanan digoreng biasanya banyak mengandung lemak jenuh atau trans fat. “Lemak jenuh akan mempertinggi risiko peradangan,” kata dr. Iqbal. 

Sebaiknya, perbanyaklah konsumsi makanan mengandung lemak tidak jenuh, misalnya buah alpukat. 

4. Batasi Konsumsi Daging

Mengonsumsi daging secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker. Beberapa sumber juga mengatakan, konsumsi daging dapat meningkatkan risiko inflamasi. Tentunya, hal ini akan berdampak buruk bagi penderita kanker otak. 

Artikel lainnya: Cegah Kanker dengan Berbagai Tips Berikut Ini

3 dari 4 halaman

5. Aktif Berolahraga

Hampir semua penyakit dapat dicegah dan dikelola kondisinya dengan berolahraga, termasuk kanker otak. Olahraga dapat meningkatkan kondisi kesehatan penderita. 

“Latihan olahraga yang ringan saja, yang penting bergerak. Hal ini agar dapat meningkatkan hormon baik dalam tubuh Anda,” saran dr. Iqbal. 

Selain itu, menjaga berat badan tetap ideal dan menghindari depresi juga bisa dilakukan. Cara ini mampu menunjang kesehatan penderita kanker.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Para pengidap kanker umumnya mengalami kondisi kesehatan mental yang tidak stabil. Menjaga kesehatan mental tetap terkendali memang sulit, namun hal ini berpengaruh pada kesehatan penderita kanker. 

Bila ada sanak saudara yang menderita kanker otak, usahakan agar ia bisa merasakan kebahagiaan dan bantu agar terhindar dari depresi.

Konsultasi ke dokter spesialis onkologi bisa lebih mudah lewat Live Chat di KlikDokter. Ikuti tips pola hidup sehat penderita kanker di atas agar penyakit lebih terkontrol dan kualitas hidup membaik. Pastikan juga nutrisi harian pengidap kanker terpenuhi.

(FR/JKT)  

1 Komentar