Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Cepat Hamil Setelah KB yang Terbukti Efektif dan Aman

Tips Cepat Hamil Setelah KB yang Terbukti Efektif dan Aman

Beberapa wanita mungkin butuh waktu lebih lama untuk kembali hamil setelah lepas KB. Namun, adakah cara cepat hamil setelah KB tanpa menunggu lama? Simak di sini.

Banyak wanita yang mengeluh kesulitan untuk hamil setelah lepas KB. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang menggunakan KB hormonal untuk jangka waktu yang lama.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hormon reproduksi yang ada di dalam tubuh wanita memang tidak akan langsung stabil begitu orang tersebut melepas KB.

Dengan kata lain, wanita yang hendak hamil setelah lepas KB mesti menunggu selama beberapa waktu.

Kendati demikian, bukan berarti Anda yang hendak hamil setelah lepas KB harus pasrah begitu saja. Anda tetap harus berupaya agar kehamilan bisa diraih tanpa menunggu waktu terlalu lama.

Adapun beberapa cara cepat hamil setelah KB yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1 dari 5 halaman

1. Berikan Waktu bagi Tubuh untuk Beradaptasi

Semua butuh proses untuk kembali seperti sedia kala. Hal ini juga berlaku untuk kondisi hormonal di dalam tubuh wanita yang baru saja lepas KB.

“Setelah lepas dari KB, siklus haid wanita biasanya tidak akan langsung teratur dan membutuhkan waktu untuk bisa kembali normal. Oleh karena itu, bersabarlah dan berikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi,” ucap dr. Dyah Novita.

Artikel Lainnya: Tak Sengaja Minum Pil KB saat Hamil, Apakah Berbahaya?

2. Mengatur Pola Makan Sehat

Berdasarkan dr. Dyah Novita, wanita yang berencana untuk segera hamil setelah lepas KB harus mengatur pola makan dengan baik.

Orang tersebut mesti meningkatkan asupan sayur dan buah, khususnya yang mengandung banyak asam folat, zat besi, vitamin B kompleks, dan sebagainya.

Di samping itu, hindari pula jenis makanan yang berlemak dan berminyak agar berat badan dan kondisi hormon di dalam tubuh bisa segera stabil.

2 dari 5 halaman

3. Olahraga Rutin

Cara agar cepat hamil setelah KB suntik yang perlu Anda terapkan berikutnya adalah berolahraga secara rutin.

“Tidak perlu olahraga berat. Mulailah dari olahraga yang ringan, namun dilakukan secara rutin dan teratur,” tutur dr. Dyah Novita.

“Jangan lupa untuk terus mengatur pola makan dengan meningkatkan konsumsi sayur serta buah-buahan, juga menghindari fast food,” sambungnya.

4. Menghitung Masa Subur

Setelah siklus haid kembali lancar, cobalah untuk menghitung dan menandai masa subur Anda.

Dengan begini, Anda dan pasangan bisa langsung berhubungan seks ketika masa subur sedang berlangsung.

Faktanya, berhubungan seks saat masa subur terbukti bisa memperbesar peluang hamil.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan hubungan seks secara teratur saat masa subur sedang berlangsung agar kehamilan bisa segera diraih.

Artikel Lainnya: 7 Kesalahan yang Membuat Anda Hamil Meski KB

3 dari 5 halaman

5. Cukup Istirahat dan Kelola Stres dengan Baik

Pastikan waktu istirahat Anda selalu tercukupi, dengan tidur selama kurang lebih 8 jam setiap hari.

Di samping itu, kelola juga kadar stres Anda dengan baik. Hal ini bisa membantu menjaga kestabilan kondisi fisik dan kadar hormon, sehingga siklus haid dan masa subur Anda dapat berlangsung dengan teratur.

6. Menghindari Rokok dan Alkohol

Rokok mengandung banyak zat berbahaya, yang sebagian di antaranya terbukti dapat mengganggu kesuburan pada wanita maupun pria. Hal serupa juga dapat dirasakan jika Anda dan pasangan rutin minum alkohol.

Oleh karena itu, bagi pasangan yang hendak memiliki momongan, Anda sebaiknya menjauhkan diri dari rokok maupun alkohol.

4 dari 5 halaman

7. Konsultasi ke Dokter

Sudah mencoba segala kiat cepat hamil setelah KB, namun hasilnya masih belum kelihatan? Jika ya, sebaiknya Anda segera berobat ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dokter juga akan memberikan tips dan saran lanjutan terkait cara cepat hamil setelah KB yang sesuai dengan kondisi Anda dan pasangan.

Punya pertanyaan seputar cara cepat hamil setelah KB andalan? Ingin tahu lebih detail mengenai fakta kontrasepsi dan kehamilan?

Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar