Sukses

Menghilangkan Komedo dengan Skin Gritting, Efektifkah?

Skin gritting merupakan cara menghilangkan komedo yang populer. Namun, apakah teknik skin gritting aman dan efektif? Simak penjelasan dokter.

Komedo disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak dan sel kulit mati. Penyebabnya bisa banyak hal, seperti perubahan hormon, stres, kebersihan wajah yang buruk, penggunaan kosmetik yang tidak tepat, dan konsumsi makanan tertentu.

Berbagai cara menghilangkan komedo pun dilakukan. Salah satu yang sedang populer saat ini adalah skin gritting. Aman dan efektifkah teknik ini?

1 dari 4 halaman

Apa Itu Skin Gritting?

Skin gritting disebut sebagai cara efektif menghilangkan komedo dari pori-pori. Metode pembersihan mendalam ini memiliki sejumlah prosedur yang melibatkan pembersih berbahan minyak, masker clay atau tanah liat, serta pemijatan wajah.

Tak hanya komedo, teknik skin gritting juga turut mengeluarkan kotoran lain dan minyak penyumbat pori-pori. 

Saat sesi gritting berhasil dilakukan, komedo dan kotoran yang keluar bisa dilihat secara kasat mata. Bentuknya menyerupai serangga hitam mungil di tangan. 

Artikel lainnya: Pakai Alat Vacum Komedo Efektif atau Bahaya?

“Cara melakukan skin gritting adalah dengan menggunakan cleanser berbahan dasar minyak, dilanjutkan dengan masker tanah liat. Kemudian dibersihkan kembali dengan pembersih berbahan dasar minyak yang diikuti dengan gerakan pengelupasan,” jelas dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

2 dari 4 halaman

Apakah Skin Gritting efektif untuk menghilangkan Komedo?

Dokter Iqbal mengatakan bahwa metode skin gritting efektif untuk mengeluarkan komedo dan kotoran yang ada di pori-pori ataupun di dalam kulit. 

Skin gritting ini akan melancarkan atau mendorong pori-pori yang tersumbat sehingga keluar ke permukaan kulit,” kata dr. Iqbal.

Namun, dr. Iqbal mengatakan bahwa teknik ini agak riskan jika dilakukan oleh pemilik kulit sensitif.

“Seseorang yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam melakukan teknik skin gritting ini. Penyebabnya, proses eksfoliasi atau pengelupasan tadi membuat kulit menjadi lebih sensitif,” ujar dr. Iqbal.

Artikel lainnya: Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami Ini

3 dari 4 halaman

Cara Melakukan Skin Gritting di Rumah

Skin gritting merupakan teknik pengeluaran komedo yang bisa dilakukan di rumah. Tertarik mencobanya? Berikut cara mempraktikkan skin gritting di rumah:

  1. Metode Minyak – Tanah  Liat – Minyak 

Teknik ini memiliki tiga langkah. Yang pertama, bersihkan seluruh permukaan kulit wajah dengan pembersih berbahan dasar minyak demi melembutkan pori-pori.

Selanjutnya, terapkan masker tanah liat di wajah. Bagian ini berfungsi untuk mengeringkan serta menarik kotoran dari pori-pori.

Kemudian, bersihkan masker tanah liat lalu keringkan wajah Anda. Langkah terakhir, gunakan minyak untuk memijat kulit wajah selama 2-3 menit.

  1. Metode Minyak – Asam – Tanah  Liat – Minyak 

Metode ini berbeda dengan metode pertama karena menambahkan bahan ekstra di antara penggunaan minyak pembersih serta masker tanah liat.

Usai membersihkan kulit, oles exfoliating acid, biasanya  lebih disukai yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid). Biarkan 20-25 menit. Kandungan asam BHA dapat melarutkan minyak sekaligus membuang sel kulit mati.

Artikel lainnya: Efektifkah Menggunakan Pore Pack untuk Usir Komedo?

Selanjutnya, jangan lekas bilas asam, tapi aplikasikan masker tanah liat langsung di atasnya. Barulah setelah itu dibersihkan sambil memijat wajah. 

Banyak ahli mengatakan bahwa penambahan asam dalam teknik ini dapat menyebabkan iritasi. Ada baiknya baca terlebih dahulu label instruksi dalam produk BHA dan pastikan cocok untuk kulit Anda.

  1. Metode Minyak – Tidur – Minyak 

Jika Anda kurang suka menggunakan tanah liat atau memiliki waktu yang minim, metode ketiga ini bisa dipertimbangkan. 

Anda hanya perlu mengusapkan minyak ke permukaan wajah, biarkan, dan pergilah tidur. Esok paginya, Anda bisa membersihkan wajah Anda dengan cleanser berbahan dasar minyak.

Berjam-jam membiarkan minyak di wajah dapat membuat komedo keluar lebih banyak. 

Cara menghilangkan komedo dengan skin gritting rupanya cukup efektif. Namun, para pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hari jika ingin mengaplikasikan metode ini. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. 

Baca artikel soal kesehatan kulit lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar

  • Wes******s

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda atau tambahan modal usaha atau telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Silakan hubungi email kami melalui: agenthinson@gmail.com