Kehamilan

Pilihan Camilan Dingin untuk Ibu Hamil di Malam Hari

Tamara Anastasia, 08 Mar 2023

Ditinjau Oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Ibu hamil sering lapar di malam hari. Dibanding makan yang tidak sehat, berikut beberapa camilan malam untuk ibu hamil yang aman dan menyegarkan!

Pilihan Camilan Dingin untuk Ibu Hamil di Malam Hari

Selain makanan pokok, konsumsi camilan juga dianjurkan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Snack sehat dapat membantu mengurangi rasa mual dan menekan keinginan makan berlebih.

Kebiasaan ngemil ibu hamil sering datang di malam hari, salah satunya ingin makan makanan dingin seperti es krim. Sebenarnya, makanan dingin untuk ibu hamil apa saja yang diperbolehkan pada malam hari? Simak berikut ini:

Pilihan Susu untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

1. Susu Dingin 

Susu dingin bisa menjadi cemilan malam untuk ibu hamil. Minuman ini mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalsium juga menguatkan tulang ibu selama mengandung. 

Untuk menu pendampingnya, kamu juga bisa menyiapkan roti isi selai kacang agar lebih kenyang. 

Artikel lainnya: Camilan Kekinian Penghilang Mual untuk Wanita Hamil

2. Yoghurt

Selain susu, kamu juga bisa makan produk olahan susu lainnya seperti yoghurt. Yoghurt punya kandungan protein tinggi dan sedikit glukosa. 

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, yoghurt memang menjadi pilihan sehat untuk dijadikan camilan malam hari untuk ibu hamil. 

Pilihlah yoghurt rendah gula. Kamu bisa mencampurnya dengan makanan sehat lainnya seperti oatmeal atau buah potong.

3. Dark Chocolate

Menilik Dark Chocolate dari Sisi Kesehatan (Iravgustin/Shutterstock)

Konsumsi cokelat selama hamil memang diperbolehkan. Tapi, ibu hamil diminta untuk makan cokelat rendah gula atau dark chocolate. Cokelat ini memiliki rasa pahit karena kadar gulanya tergolong rendah. 

Dark chocolate mengandung zat besi yang dapat bermanfaat untuk mencegah kontraksi dini. Selain itu, cokelat hitam juga bisa meningkatkan suasana hati ibu hamil. 

Selain makan cokelat hitam dingin secara langsung, kamu juga bisa mengubahnya menjadi dipping sauce yang dimakan bersama buah potong dingin. Menarik, bukan? 

Artikel lainnya: Daftar Makanan Berlemak yang Baik untuk Ibu Hamil

4. Buah Potong

“Buah potong memang jadi salah satu camilan dingin yang disarankan, karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh ibu hamil. Buah mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil,” ujar dr. Iqbal. 

Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan yoghurt rendah gula atau menjadikan buah potong sebagai jus di malam hari. Siapkan juga buah potong di siang hari dan masukkan ke kulkas untuk mendinginkannya. 

Pilih buah yang mengandung banyak air, seperti stroberi, semangka, apel, pepaya, dan sebagainya.

5. Selada 

Selada juga menjadi salah satu pilihan makanan dingin yang sehat untuk ibu hamil di malam hari. Kamu bisa menyiapkan selada segar yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan dressing misalnya minyak zaitun. 

Agar lebih mengenyangkan, tambahkan pula beberapa potong roti atau kacang-kacangan. 

Itulah beberapa opsi camilan dingin untuk ibu hamil yang masih aman dikonsumsi di malam hari. Tapi, nikmatilah dalam porsi secukupnya saja.

Konsultasi ke dokter kandungan lebih mudah lewat Tanya Dokter.

(FR/JKT)

KehamilanCamilan

Konsultasi Dokter Terkait