Kesehatan Anak

Manfaat Kangkung untuk Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

dr. Dyah Novita Anggraini, 11 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kangkung bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang diberikan untuk anak. Simak segudang manfaat kangkung untuk anak, yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Manfaat Kangkung untuk Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

Kangkung adalah sayuran yang murah dan mudah diolah. Biasanya, kangkung dimasak dengan cara ditumis atau direbus.

Sayuran hijau ini ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan anak. Hal ini tidak lepas dari kandungan gizi kangkung. 

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram kangkung segar, terkandung 17 mg vitamin C. Sayuran hijau ini juga memiliki beragam vitamin lainnya,  seperti betakaroten, vitamin B1, B2, dan B3. 

Kangkung juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan tubuh, meliputi protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, hingga zinc. 

Lalu, apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan anak? Yuk, simak di sini.

1. Baik untuk Pencernaan

Kangkung sangat baik untuk menjaga fungsi saluran pencernaan anak. Hal ini berkat kandungan serat di dalamnya. Dalam 100 gram kangkung, terdapat 2 gram serat. 

Mengonsumsi kangkung secara rutin dan teratur, dapat menghindarkan si kecil dari masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare.

Artikel Lainnya: Bolehkah Menyembunyikan Sayur Agar Anak Mau Makan?

2. Menunjang Kesehatan Mata

Kangkung kaya betakaroten. Dalam 100 gram kangkung, terdapat 2.868 mcg betakaroten.

Betakaroten adalah senyawa alami tumbuhan yang menjadi bentuk awal vitamin A. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menunjang kesehatan mata si kecil.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Betakaroten dalam kangkung juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Perlindungan bagi daya tahan tubuh si kecil juga berasal dari sejumlah vitamin dan mineral penting di dalam sayuran hijau ini.

Anak dengan sistem kekebalan tubuh yang baik tidak mudah terserang penyakit.

4. Menurunkan Risiko Anemia

Dalam 100 gram kangkung, terkandung 2,3 miligram zat besi. Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin. 

Oleh karena itu, anak yang mengonsumsi kangkung secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah terkena anemia atau penyakit kurang darah.

5. Mencegah Dehidrasi

Manfaat makan kangkung untuk anak selanjutnya adalah mencegah dehidrasi. Khasiat ini berasal dari kandungan kalium dan natrium di dalam kangkung.

Kedua mineral tersebut berperan menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit sehingga si kecil berisiko lebih rendah mengalami dehidrasi.

Artikel Lainnya: Benarkah Makan Kangkung Saat Sahur Bikin Ngantuk?

6. Meningkatkan Kualitas Otak Anak

Efek positif kangkung untuk anak diduga bisa mendukung kemampuan otak si kecil. Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin B kompleks dan asam lemak omega-4 di dalam kangkung.

Vitamin B kompleks dan asam lemak omega-4 bisa meningkatkan kinerja otak si kecil.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kondisi ini bisa menyebabkan si kecil mudah lemas, penglihatannya kabur, berat badan menurun, dan memiliki luka yang lama sembuh.

Meski belum dapat dikonfirmasi kebenarannya, anak yang mengonsumsi kangkung secara rutin dan teratur diduga memiliki risiko diabetes yang lebih rendah.

8. Melawan Kerusakan Hati 

Kangkung dapat memproduksi enzim yang membuat tubuh mengeluarkan racun dan zat sisa penyebab kerusakan hati atau liver. 

Karenanya, jika Ayah dan Bunda ingin menjaga kesehatan hati si kecil, kangkung bisa jadi pilihan.

Untuk memperoleh sederet manfaat kangkung untuk anak, Ayah dan Bunda bisa menjadikan sayuran hijau ini sebagai menu makanan sehari-hari si kecil. Meski begitu, jangan dikonsumsi berlebihan dan tetap perhatikan jumlah porsi kangkung yang dikonsumsi anak, ya!

Apabila kangkung ingin disajikan sebagai MPASI, pastikan usia si kecil sudah lebih dari 6 bulan. Selain itu, perhatikan pula tekstur kangkung yang diberikan sudah benar-benar halus sehingga mencegah risiko anak tersedak.

Berniat memberikan kangkung untuk anak, tetapi masih bingung dengan cara menyajikannya agar lebih sehat? Ayah dan Bunda bisa meminta saran dari dokter dengan berkonsultasi melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter.  

Informasi seputar kesehatan anak juga bisa disimak dengan download aplikasi KlikDokter. KlikDokter solusi untuk #JagaSehatmu!

(ADT/JKT)

Referensi : Data Komposisi Pangan Indonesia. Diakses 2022. Kangkung Segar.

SayurmakananAnak

Konsultasi Dokter Terkait