Sukses

Manfaat Kangkung untuk Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

Kangkung bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang diberikan untuk anak. Simak segudang manfaat kangkung untuk anak, yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Sayuran dengan harga murah dan mudah diolah, apalagi kalau bukan kangkung. Jenis sayuran hijau ini terbukti mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan.

Segudang manfaat kangkung untuk kesehatan tak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa. Anak-anak pun bisa merasakannya, asalkan diberikan dalam jumlah yang tepat dan secara teratur.

Artikel Lainnya: Kangkung untuk MPASI anak di bawah 1 Tahun, Bolehkah?

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi di dalam Kangkung

Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana, kangkung memiliki banyak kandungan nutrisi terbukti dapat menyehatkan tubuh orang dewasa maupun anak-anak.

Melansir dari Health Benefit Fruits, 100 gram kangkung mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 29 kalori
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 5,4 gram
  • Serat: 1,0 gram
  • Kalsium: 0,073 gram
  • Fosfor: 0,05 gram
  • Zat Besi: 0,025 gram
  • Vitamin A: 6.300 IU
  • Vitamin B1: 0,007 gram
  • Vitamin C: 0,032 gram
  • Air: 89,7 gram

Kangkung juga sangat kaya akan elektrolit, seperti natrium dan kalium. Faktanya, 100 gram kangkung dapat menyumbang 7,5 persen natrium dan 6,6 persen kalium harian.

Artikel Lainnya: Benarkah Bayam dan Kangkung Sayuran Penyebab Asam Urat?

2 dari 3 halaman

Manfaat Kangkung untuk Anak

Berikut ini beberapa khasiat kangkung untuk anak, yang sayang jika dilewatkan begitu saja:

1. Baik untuk Pencernaan

Berdasarkan dr. Arina, kangkung sangat baik untuk menjaga fungsi saluran pencernaan anak berkat kandungan serat di dalamnya.

Dengan mengonsumsi kangkung secara rutin dan teratur, anak akan terhindar dari masalah pencernaan. Hal ini karena kandungan serat pada kangkung yang tinggi dapat mencegah anak mengalami sembelit atau diare.

2. Menunjang Kesehatan Mata

Kangkung dikenal sebagai penyedia vitamin dan mineral yang hebat. Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan mata.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Banyaknya vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan lain yang terkandung di dalam kangkung membuatnya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak.

Anak dengan sistem kekebalan tubuh yang baik tidak mudah terserang penyakit.

4. Menurunkan Risiko Anemia

Zat besi yang ada di dalam kangkung dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin. Oleh karena itu, anak yang mengonsumsi kangkung secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah terkena anemia atau penyakit kurang darah.

5. Mencegah Dehidrasi

Khasiat kangkung untuk anak yang selanjutnya adalah mencegah dehidrasi.

Menurut dr. Arina, kandungan mineral seperti kalium dan natrium di dalam kangkung dapat menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektolit, sehingga risiko dehidrasi menjadi lebih rendah.

Artikel Lainnya: Kangkung Bisa Sebabkan Hipertensi?

6. Meningkatkan Kualitas Otak Anak

Manfaat lain dari kangkung untuk anak terkait dengan kemampuan otak. Sayuran hijau ini mengandung vitamin B kompleks dan omega-4, yang bisa meningkatkan kinerja otak si kecil.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Meski masih belum pasti, anak yang mengonsumsi kangkung secara rutin dan teratur diduga akan memiliki risiko diabetes yang lebih rendah.

Tertarik dengan khasiat kangkung untuk anak? Anda dapat memberikannya kepada si kecil sebagai menu sehari-hari. Tetap perhatikan jumlah porsi kangkung yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Apabila ingin mengolah kangkung sebagai MPASI, pastikan usia si kecil sudah lebih dari 6 bulan. Selain itu, perhatikan pula tekstur kangkung yang diberikan sebagai MPASI. Pastikan sudah benar-benar halus guna mencegah risiko tersedak.

Berniat memberikan kangkung untuk anak, namun masih bingung cara penyajiannya agar lebih sehat? Anda dapat meminta saran dan masukan dari dokter dengan berkonsultasi melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar