Kesehatan Anak

Manfaat Minum Oralit Saat Anak Diare

Zahra Aminati, 05 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Oralit dikenal dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Ketahui sejumlah manfaat oralit untuk anak demi menghindari bahaya dehidrasi!

Manfaat Minum Oralit Saat Anak Diare

Oralit merupakan minuman campuran air dan garam yang biasanya diminum untuk menangani dehidrasi.

Fungsinya memang diutamakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena diare atau disentri.

Tak hanya bagi orang dewasa, oralit untuk anak juga sangat bermanfaat. Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, oralit mengandung glukosa dan elektrolit untuk menghidrasi anak akibat penyakit diare atau muntah.

Berikut sederet manfaat oralit untuk anak:

1. Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang Akibat Diare dan Muntah

Anak-anak biasa terserang diare dan muntaber. Jika penyakit tersebut tidak ditangani dengan baik, maka dapat membuat anak kehilangan banyak cairan tubuh.

Salah satu manfaat oralit untuk anak yang paling penting adalah meningkatkan kadar kalium dan natrium di dalam tubuh. Kedua mineral ini merupakan zat penting untuk membantu usus menyerap lebih banyak cairan.

Cairan dan elektrolit yang hilang karena diare, muntah, dan lain-lain dapat teratasi dengan cepat menggunakan oralit.

Artikel Lainnnya: Jangan Bingung, Ini Langkah Pertama Mengatasi Anak Diare

2. Menurunkan Risiko Kematian pada Balita dan Anak Akibat Diare

Diare dan disentri telah disebut-sebut sebagai penyakit yang dapat mematikan bagi anak dan orang dewasa. Penyakit ini mengganggu pencernaan dan membuat seseorang buang air besar berkali-kali.

Kondisi tersebut akan sangat berbahaya bila tidak ditangani segera, khususnya pada anak karena dapat menyebabkan kematian.

Dengan mengonsumsi oralit dalam dosis tepat, cairan tubuh yang hilang dapat terganti. Jadi, fungsi oralit untuk anak adalah menurunkan risiko kematian akibat dehidrasi dari penyakit diare dan muntaber.

3. Mengobati Malnutrisi

Sebenarnya, cairan oralit memang kurang cocok dikonsumsi orang-orang yang memiliki masalah dehidrasi akibat malnutrisi. Ini karena di dalam oralit lebih banyak terkandung sodium dibanding potassium.

Namun, UNICEF berhasil mengembangkan oralit agar aman dikonsumsi penderita malnutrisi. Rehydration Solution for Malnutrition (ReSoMal) memiliki kandungan potassium yang lebih banyak ketimbang sodium.

Bahan tersebut dapat disesuaikan konsumsinya dengan kondisi dehidrasi yang dialami penderita malnutrisi.

4. Mengatasi Dehidrasi Karena Cuaca Panas

Dehidrasi juga bisa disebabkan karena cuaca panas. Karena banyaknya aktivitas yang anak lakukan khususnya di bawah terik matahari, kinerja organ tubuhnya menjadi semakin meningkat.

Dalam keadaan tersebut, anak akan banyak kehilangan cairan tubuh. Agar keseimbangan cairan tetap terjaga, anak perlu mengganti cairan yang hilang. Jika tidak, maka ia bisa mengalami dehidrasi.

Lalu, musim kemarau dapat membuat anak-anak merasa cepat haus, mulut mudah kering, dan tubuh menjadi lemas.

Dengan meminum cairan oralit, anak akan terjaga keseimbangan cairan dan elektrolitnya di dalam tubuh.

Kalau anak telah menghabiskan banyak waktu di luar ruangan saat musim kemarau, Anda bisa memberikan cairan oralit untuknya.

Artikel Lainnnya: Hal-Hal yang Bikin Anak Mudah Terserang Diare

5. Mengatasi Muntaber yang Menginfeksi Pencernaan Anak

Banyak faktor yang menyebabkan anak mengalami muntaber, salah satunya keracunan saat jajan.

Anak-anak biasanya akan mengalami muntah selama 1-2 hari, diikuti diare yang berlangsung selama 7 hari.

Biasanya, muntaber pada anak disebabkan oleh virus. Virus inilah yang menyerang sistem imun di pencernaan anak serta menyebabkan diare dan muntaber.

Oralit akan menggantikan cairan serta mineral seperti natrium dan kalium yang bisa hilang karena muntaber.

Itulah sejumlah manfaat oralit untuk anak. Minuman ini dapat menjadi pertolongan pertama saat diare dan tentunya akan menekan angka kematian akibat hilangnya cairan tubuh.

Konsultasi ke dokter spesialis anak seputar konsumsi oralit bisa lebih mudah lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

DiareDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait