Sukses

Deretan Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Mata Janin

Ingin si kecil lahir ke dunia dengan fungsi penglihatan yang baik? Berikut ini beberapa vitamin mata yang dapat diberikan kepada janin sejak masih di dalam kandungan

Hampir setiap asupan bernutrisi yang dikonsumsi ibu hamil turut mempengaruhi kondisi janin yang ada di dalam kandungannya. Hal tersebut juga berlaku untuk kesehatan mata si kecil ketika dilahirkan nanti, lho.

Jadi, apabila ibu hamil rutin mengonsumsi vitamin yang dapat menunjang fungsi mata selama kehamilan, si kecil yang masih ada di dalam kandungan juga akan mendapatkan keuntungannya.

Artikel Lainnya: Rekomendasi Suplemen untuk Ibu Hamil

Apa saja yang termasuk sebagai vitamin untuk mewujudkan kesehatan mata janin yang optimal ketika dilahirkan nanti? Berikut ini beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Vitamin A

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, vitamin A baik untuk perkembangan retina mata. Vitamin yang satu ini juga baik untuk perkembangan telinga, anggota gerak, dan jantung janin.

Hanya saja, ibu hamil tetap perlu memperhatikan asupan vitamin A harian dengan saksama. Pasalnya, kelebihan vitamin A selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir.

Atas dasar itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi vitamin A lebih dari 770 mikrogram dalam sehari. Jika Anda memiliki kondisi khusus selama hamil, konsultasikan kepada dokter yang merawat untuk mengetahui kebutuhan vitamin A yang paling tepat.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari B1, B2, hingga B12. Semuanya adalah vitamin mata yang terbukti dapat menunjang kesehatan fungsi penglihatan si kecil sejak masih di dalam kandungan.

2 dari 4 halaman

3. Vitamin D

Tidak hanya baik untuk kulit, vitamin D juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan mata. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan berjemur di bawah matahari pagi selama 10 hingga 15 menit.

Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

4. Omega-6

Asam lemak omega-6 juga berperan penting untuk membentuk kesehatan mata janin yang optimal. Asam lemak ini bisa membantu sel-sel saraf, terutama yang berhubungan dengan retina, berkembang dengan optimal.

Tidak hanya itu, omega-6 juga berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak janin.

3 dari 4 halaman

5. Omega-3

Asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk perkembangan saraf tubuh dan otak janin. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk membentuk mata janin yang sehat.

Memenuhi kebutuhan omega-3 selama kehamilan juga dapat membuat si kecil terlahir dengan kekebalan tubuh yang lebih optimal, lho!

Artikel Lainnya: Dosis Vitamin C yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Selain yang telah disebutkan, ibu hamil juga disarankan untuk mendapat asupan vitamin C, E, zink, dan lutein dalam jumlah yang cukup setiap hari guna mewujudkan perkembangan mata janin yang optimal.

Seluruh vitamin mata yang telah disebutkan dapat ditemukan dengan mudah dari makanan sehari-hari.

Apabila kesulitan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut, ibu hamil tetap dapat memenuhi kebutuhannya dengan minum suplemen. Untuk mengetahui suplemen dan dosis yang paling tepat, pastikan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter yang merawat.

Punya pertanyaan seputar vitamin ibu hamil? Ingin tahu lebih jauh mengenai fakta kesehatan lainnya? Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar