Sukses

Ragam Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Kusam

Cara mengatasi rambut kusam bisa dilakukan dengan berbagai bahan alami. Ini cara alami untuk mengatasi rambut kusam yang bisa Anda coba!

Salah satu permasalahan rambut yang membuat wanita kurang percaya diri adalah rambut kusam. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya sinar matahari atau kekurangan nutrisi.

Tidak perlu khawatir, rambut kusam yang kehilangan kilau alaminya bisa diatasi dengan beberapa bahan alami yang mudah Anda temukan. Mau tahu apa saja? Ini dia pilihannya: 

1. Baking Soda atau Soda Kue

Melansir Healthline, rambut bisa menjadi kusam seiring waktu karena ada penumpukan residu (sisa produk) dari penggunaan sampo, kondisioner, dan sebagainya yang selama ini digunakan.

Saat menggunakan sampo atau produk perawatan rambut dan kulit kepala, residu dapat menumpuk dan menghalangi aliran alami minyak yang menutrisi batang rambut. 

Jika itu terus terjadi, maka rambut bisa menjadi kurang kuat dan terlihat lebih kusam.

Untuk itu, Anda harus menghilangkan residu yang tertinggal di kulit kepala. Langkah ini bertujuan membantu membuka folikel rambut, serta memastikan rambut mendapatkan nutrisi dan minyak alami agar bersinar dan tumbuh sehat.

Coba gunakan soda kue untuk masker rambut. Ambil 2-4 sdt soda kue, tambahkan air sehingga soda kue mengental. Gunakan masker baking soda sebelum keramas. Aplikasikan pada kulit kepala hingga ujung rambut.

Anda bisa menggunakannya 2-3 kali per bulan bila memiliki rambut tebal dan kasar. 

Artikel lainnya: Cek Dulu, 5 Kesalahan Saat Mencuci Rambut yang Buat Kusam dan Rapuh

1 dari 4 halaman

2. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Anda yang suka sekali mengganti warna rambut atau mengeringkannya dengan hair dryer bisa rentan mengalami masalah rambut, termasuk rambut kusam. 

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, rambut kusam bisa menjadi tanda kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan perawatan rambut yang dapat mengembalikan kelembapan dan kilau alami rambut. 

“Untuk mengatasi rambut kusam, dapat menggunakan aloe vera. Aloe vera mengandung berbagai zat, misalnya vitamin, mineral, air, dan asam amino yang akan melembapkan rambut, sehingga rambut tidak lagi tampak kusam atau lebih bersinar,” ucap dr. Iqbal.

Anda dapat menggunakan gel lidah buaya langsung dari daun lidah buaya atau yang sudah berbentuk kemasan. Gunakan gel aloe vera 2-3 kali seminggu sebelum keramas. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Artikel lainnya: Berbagai Penyebab Rambut Rontok pada Remaja

2 dari 4 halaman

3. Madu

Cara alami untuk mengatasi rambut kusam lainnya adalah memakai madu. "Madu itu memiliki sifat antiinflamasi. Bahan ini juga bisa mengurangi penampilan rambut yang kering, kemudian membuat rambut menjadi lebih bersinar," ucap dr. Iqbal.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker rambut dengan mencampurnya bersama minyak rambut ataupun pisang.

Pisang kaya akan silika, yaitu molekul alami yang sangat mirip dengan silikon. Silikon sering digunakan di dalam masker rambut. Kandungan ini dapat membantu menghaluskan rambut kusut.

Untuk membuat masker madu dan pisang, Anda cukup menghaluskan 1 pisang dan tambahkan dengan beberapa tetes madu. Kemudian, oleskan masker pada akar hingga batang rambut. Diamkan 15 menit sebelum dibilas.

4. Minyak Argan

Menurut dr. Iqbal, rambut kusam dapat diatasi dengan minyak argan (argan oil). Minyak ini telah dikenal dengan khasiatnya dalam melembapkan rambut dan menjaga kilau alaminya.

Kandungan asam lemak minyak argan dapat mengunci kelembapan ke dalam folikel rambut. Jadi, rambut dapat tumbuh dengan sehat. Anda dapat menggunakan minyak argan murni sebagai masker atau pelembap rambut.

Artikel lainnya: Retinol Bisa Menjadi Solusi Mengatasi Masalah Rambut Rontok 

3 dari 4 halaman

5. Telur

Salah satu bahan alami yang juga bisa digunakan untuk merawat rambut kusam adalah telur. Makanan ini mengandung asam amino yang membantu melembapkan helaian rambut dan protein untuk menunjang struktur rambut.

Kuning telur pun memiliki khasiat untuk melembutkan rambut. Dalam mengatasi rambut kusam, Anda dapat menggunakan masker telur sebulan sekali.

Untuk membuat masker rambut dari telur, kocok 1-2 telur dan oleskan pada seluruh bagian rambut. Biarkan selama 20-30 menit, bilas dengan air dingin sebelum keramas. 

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa Anda temui di dapur untuk mengatasi rambut kusam. Perlu diingat, penggunaan bahan alami juga dapat membuat alergi pada kulit kepala.

Berhati-hatilah dalam menggunakan bahan alami untuk masker rambut. Sesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan rambut Anda. Efektivitasnya pun dapat berbeda-beda karena setiap orang memiliki keadaan rambut yang berbeda pula.

Untuk mengetahui cara merawat rambut lainnya, Anda bisa konsultasi ke dokter menggunakan layanan Live Chat di Klikdokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar