Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hair Branching Remover, Efektif Atasi Masalah Rambut Bercabang?

Hair Branching Remover, Efektif Atasi Masalah Rambut Bercabang?

Rambut bercabang bisa bikin kusam dan tidak menarik. Tak perlu risau, hair branching remover disebut ampuh atasi masalah ini. Begini penjelasannya.

Rambut bercabang, atau disebut trichoptilosis dalam medis, bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa faktor di antaranya  genetik dan kurangnya nutisi rambut.

Selain itu, masalah rambut ini juga bisa dipicu dengan perlakuan atau perawatan yang kurang tepat. Misalnya, menyisir dengan kasar, terlalu sering pakai catokan yang terlalu panas, ataupun tidur dengan rambut diikat.

Meski tidak berbahaya, rambut bercabang dalam jumlah besar patut mendapat perhatian. Jika tidak ditangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan kerapuhan rambut secara keseluruhan.

Nah, salah satu cara mengatasi rambut bercabang yang kini kerap direkomendasikan adalah hair branching remover. Ini merupakan sebuah alat yang disebut-sebut dapat mengatasi masalah rambut tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Efektif Mengatasi Rambut Bercabang dengan Cara Sederhana

1 dari 4 halaman

Hair Branching Remover dan Cara Kerjanya

Hair branching remover merupakan metode pemotongan rambut bercabang tanpa harus memangkas rambut lain di sekitarnya. Alat yang digunakan disebut dengan split and trimmer.

Alat ini didesain bekerja untuk memotong bagian rambut yang bercabang saja. Anda tidak perlu khawatir nantinya rambut yang sehat ikut terpotong juga. 

Cara pemakaian hair branching remover pun tergolong mudah. Anda cukup mencuci rambut sampai bersih, lalu keringkan.

Anda tidak perlu menambahkan vitamin rambut. Ini karena masih ada proses selanjutnya yang harus dilakukan. Belah rambut menjadi beberapa bagian kecil, kemudian masukkan rambut ke alat split and trimmer ini.

Secara perlahan, tarik rambut dari atas ke bawah. Nantinya alat ini akan memotong rambut bercabang dengan sendirinya.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, durasi yang diperlukan untuk memotong rambut bercabang ini juga tidak lama.

“Kalau rambutnya sedang dan tebal paling butuh 30 menit saja. Tapi untuk rambut yang lebih panjang dan lebih tebal, proses ini membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam,” ujar dr. Iqbal. 

2 dari 4 halaman

Efektifkah Hair Branching Removal Atasi Rambut Bercabang?

Menanggapi hal ini, dr. Iqbal mengatakan, “Kalau dilihat dari review alat yang memang berfungsi untuk menghilangkan rambut bercabang, split and trimmer memang tergolong efektif dalam mengatasi rambut bercabang. Sekitar 60-80 persen rambut bercabang bisa berkurang dengan penggunaan alat ini.”

Selain itu, penggunaan metode hair branching removal juga dapat memberikan hasil rambut yang lebih halus dan berkilau.

Meskipun tidak semua rambut bercabang bisa hilang dengan split and trimmer, hasil akhirnya cukup menjanjikan. Rambut bercabang akan berkurang secara drastis baik di bagian rambut pendek atau panjang. 

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

3 dari 4 halaman

Ini yang Harus Dilakukan Saat Pakai Hair Branching Remover 

Sebenarnya tidak ada cara-cara tertentu dalam pemakaian hair branching remover. Anda cukup mencuci dan mengeringkan rambut sebelum pemakaian.

Jika Anda memiliki rambut ikal, coba luruskan terlebih dahulu rambut dengan menggunakan catokan. Hal ini guna menghindari rambut kusut saat dimasukkan ke dalam alat split and trimmer

Anda juga bisa mencuci kembali rambut usai menggunakan alat ini. Jangan lupa juga untuk menggunakan hair tonic dan vitamin setelahnya agar nutrisi dalam rambut tetap bisa dimaksimalkan. 

Meski tidak ada syarat khusus usai pemakaian hair branching remover, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ingat setelah pemakaiannya, yakni:

  • Hindari menggunakan produk pemanas pada rambut. Misalnya, mengeringkan dengan hair dryer, serta menggunakan catokan atau pengeriting rambut secara berlebihan.

Jika pun Anda terpaksa menggunakan alat pemanas, pastikan untuk mengaplikasikan minyak rambut terlebih dahulu agar rambut tidak cepat kering dan kembali bercabang.

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Pisang untuk Rambut Sehat dan Kuat

  • Hindari keramas terlalu sering karena bisa membuat rambut jadi lebih kering dan menurunkan produksi minyak rambut. Anda cukup keramas selama 2-3 hari sekali.

Tapi jika rambut Anda sudah kotor akibat debu dan keringat, segera cuci rambut agar kuman dan bakteri tidak menumpuk.

  • Gunakan produk rambut yang sesuai dengan kondisi rambut. Hal ini penting agar kondisi rambut tidak rusak akibat salah pemakaian produk.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai hair branching remover. Siapa tahu Anda mau mencoba mengaplikasikan di rambut Anda.

Bila Anda masih punya pertanyaan seputar tips perawatan rambut bercabang, manfaatkan layanan LiveChat dari Klikdokter untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar