Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Hamil Trimester Pertama

Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Hamil Trimester Pertama

Pada awal kehamilan, ibu diminta berolahraga guna meningkatkan kesehatan. Jenis olahraga apa saja yang baik dilakukan saat trimester pertama atau hamil muda?

Selama hamil trimester pertama, ibu harus menjaga kesehatan fisik dan kandungannya. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan aktif, ibu bisa berolahraga.

Selain menjaga kesehatan, olahraga juga bisa membantu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur ibu hamil di trimester pertama.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengatakan, wanita yang berolahraga secara teratur selama kehamilan juga dapat mengurangi kemungkinan persalinan caesar. Sayangnya, tidak semua olahraga boleh dilakukan saat sedang hamil muda.

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Olahraga yang ringan baik untuk dilakukan untuk tubuh ibu hamil di trimester pertama. Ibu hamil bisa melakukan yoga, berenang, sepeda santai, aerobik ringan, dan jalan santai.”

Artikel Lainnya: Olahraga Plank untuk Ibu Hamil, Aman atau Berbahaya?

1 dari 2 halaman

Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Dilansir dari laman Medical News Today, ada beberapa olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil trimester pertama. Berikut ini jenis-jenisnya.

1. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan pada waktu luang. Kalau dilakukan dengan tepat, yoga bisa mengundang banyak manfaat.

Olahraga ini dapat membangun kekuatan dan keseimbangan tubuh selama hamil. Tentunya, ibu yang mendapatkan perubahan berat badan secara cepat ketika hamil trimester pertama sering mengalami kesulitan bergerak.

Dengan olahraga ini, bumil bisa bergerak lebih leluasa. Bahkan rasa nyeri hamil saat trimester pertama bisa berkurang akibat konsep yoga yang melenturkan otot.

Selain itu, yoga juga berfungsi melatih pernapasan sehingga ibu yang lagi hamil trisemester pertama tidak mudah merasa sesak dan lebih tenang.

Kendati begitu, ibu harus memerhatikan setiap gaya dan durasi yoga. Mulailah dengan gerakan yang ringan. Hindari menekan bagian perut selama melakukan yoga. Jika merasa lelah, berhenti sejenak dan perbanyak minum air putih.

2. Jalan Santai

Olahraga lain yang bisa dilakukan saat hamil trimester pertama adalah jalan santai. Lakukan jalan santai di pagi atau sore hari selama 15-20 menit.

Minta pasangan untuk menemani atau Anda bisa mengajak hewan peliharaan untuk jalan santai.

Selalu bawa botol berisi air minum setiap jalan santai untuk menghindari dehidrasi dan kelelahan.

Saat jalan santai di pagi hari, Anda juga bisa berjemur di bawah sinar matahari guna meningkatkan asupan vitamin D harian selama hamil.

Vitamin ini dibutuhkan oleh ibu untuk kekuatan tulang dan tentunya janin yang sedang membentuk tulang.

Artikel Lainnya: Naik Sepeda Saat Hamil Amankah? Ini Kata Dokter

3. Berenang

Berenang adalah olahraga yang bisa dilakukan ibu saat hamil trimester pertama. Berenang membantu meregangkan otot yang kaku dan menjaga berat badan tetap ideal.

Sejuknya air kolam dapat membuat tubuh ibu hamil menjadi nyaman dan rileks. Sebelum berenang, awali dengan pemanasan dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Umumnya, pada kehamilan trimester pertama, ibu akan merasa tegang. Bahkan sering menghadapi morning sickness. Dengan berenang, Anda akan akan terhindar dari stres pada masa kehamilan.

Tujuan pemanasan agar tidak terjadi kram selama berenang. Ibu yang sedang hamil muda bisa melakukan olahraga ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

4. Bersepeda Santai

Jika terlalu malas berjalan, maka bersepeda bisa jadi pilihan. Bersepeda di pagi atau sore hari bisa menguatkan otot kaki dan tangan ibu yang sedang hamil muda.

Ini karena seiring bertambahnya masa kandungan, tubuh ibu akan bertambah bebannya. Itu sebabnya, sejak awal kehamilan kekuatan otot kaki dan tangan perlu diperhatikan.

Saat bersepeda, jarak tempuhnya jangan terlalu jauh karena dapat membuat ibu hamil kelelahan.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesuburan Wanita

5. Latihan Beban Intensitas Rendah

Low intensity weight training atau latihan beban intensitas rendah juga bisa dilakukan saat ibu hamil trimester pertama.

Latihan angkat beban intensitas rendah dapat menguatkan otot dan membantu berat badan ibu tetap stabil selama masa kehamilan. Namun, olahraga yang satu ini harus dilakukan dengan pengawasan trainer, ya.

Pastikan juga kondisi kehamilan ibu tidak bermasalah dan sudah mendapat persetujuan dari dokter untuk latihan angkat beban ringan.  Apabila ibu hamil merasa kelelahan, segera berhenti dan istirahat.

6. Naik Tangga

Menaiki beberapa anak tangga juga bisa menjadi olahraga murah meriah yang dilakukan ibu hamil trimester pertama.

Naik tangga berfungsi menguatkan jantung dan paru-paru ibu selama masa kehamilan. Selain itu, otot dan tulang ibu hamil juga lebih kuat karena banyak melakukan gerakan menanjak dan menurun.

Akan tetapi, berhati-hati saat naik atau menurunkan tangga karena berisiko tergelincir. Jadi, pastikan tangga di rumah Anda kering dan ibu harus  tetap berpegangan pada penyangga tangga.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

7. Menari

Bumil yang tengah hamil trimester pertama memerlukan fisik yang kuat. Selain itu, harus menjaga berat badannya. Untuk itu, memerlukan olahraga kardio ringan.

Ibu hamil bisa menari kapan pun selama kondisi fisik dan kandungannya sehat. Menari termasuk kedalam olahraga kardio yang menyenangkan dan membangkitkan semangat.

Misalnya saja, ibu bisa melakukan zumba dengan intensitas gerakan yang ringan atau tidak berat. Dengan alunan musik yang asyik, menari menjadi olahraga yang seru dan bikin ibu tak mudah bosan.

Itu dia daftar olahraga atau latihan untuk ibu hamil trimester pertama. Apabila mau tau tips kehamilan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar