Diet dan Nutrisi

Menyingkap Manfaat Daun Sirsak untuk Tumor Jinak Tulang Rahang

Tamara Anastasia, 28 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah manfaat daun sirsak untuk tumor jinak tulang rahang sesuai dengan fakta medis, atau hanya isapan jempol belaka? Cari tahu kebenarannya lewat pembahasan berikut.

Menyingkap Manfaat Daun Sirsak untuk Tumor Jinak Tulang Rahang

Sebagai orang yang tinggal di Indonesia, Anda mungkin sudah tidak asing dengan keberadaan daun sirsak. 

Daun yang diklaim punya segudang manfaat ini kian dicari dan diminati. Salah satu alasannya adalah karena daun sirsak dianggap bisa mengobati tumor jinak tulang rahang.

Apakah medis setuju dengan manfaat daun sirsak untuk tumor jinak? Yuk, cari tahu kebenarannya.

Benarkah Daun Sirsak Bisa Atasi Tumor di Tulang Rahang?

Menurut dr. Arina Heidyana, tumor di tulang rahang merupakan kondisi langka alias jarang ditemukan. 

Salah satu gejala paling umum dari tumor tulang rahang adalah munculnya benjolan, baik di rahang maupun pada wajah atau mulut penderita.

Hingga saat ini, penyebab pasti tumor tulang rahang masih belum diketahui. Namun, kondisi ini sering dihubungkan dengan adanya sindrom gorlin.

Artikel Lainnya: Mi Instan Sebabkan Tumor Jinak di Payudara, Mitos atau Fakta?

Bagaimana dengan pengobatan tumor jinak di rahang? Apakah benar bahwa daun sirsak adalah solusi dari gangguan kesehatan tersebut?

Menjawab pertanyaan, dr. Arina mengatakan bahwa penelitian akan efektivitas daun sirsak untuk mengobati tumor jinak di tulang rahang masih sangat terbatas. 

Namun, menurutnya, daun sirsak itu sendiri memiliki sifat sitotoksik yang mampu membunuh sel kanker

“Sepertinya belum ada penelitian yang mengatakan bahwa daun sirsak bisa bermanfaat untuk tumor rahang,” ucap dr. Arina.

“Daun sirsak memang memiliki sifat sitotoksik, yaitu kemampuan untuk membunuh sel termasuk sel kanker (dan tumor). Tapi, temuan tersebut masih terbatas pada kanker payudara, kanker pada sistem pencernaan, dan kanker kulit,” tegasnya. 

Lebih lanjut, dr. Arina juga mengatakan bahwa penelitian tersebut juga hanya sebatas uji laboratorium. Artinya, temuan dari penelitian tersebut masih belum dapat dijadikan sebagai acuan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kabar mengenai manfaat daun sirsak untuk tumor jinak hanya sebatas anggapan. Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian sahih yang dapat membuktikannya secara gamblang.

Artikel Lainnya: Waspada, Sakit Mata Bisa Jadi Gejala Tumor Otak

Haruskah Tumor Jinak Tulang Rahang Dioperasi?

Faktanya, tindakan bedah adalah jenis pengobatan yang paling utama untuk mengatasi tumor rahang. 

Apabila tumor yang tadinya jinak terbukti berubah menjadi ganas setelah diperiksa oleh dokter, pasien juga mungkin membutuhkan kemoterapi atau terapi radiasi untuk mengatasinya.

Tidak hanya itu, pasien pun akan diminta untuk melakukan fisioterapi guna mengembalikan fungsi normal rahang.

Pasien dapat pula diminta oleh dokter yang merawat untuk melakukan kontrol kesehatan secara berkala guna memastikan laju penyembuhan sekaligus mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Kabar mengenai daun sirsak untuk tumor jinak ternyata keliru. Agar tidak lagi terjebak, Anda sebaiknya menyikapi segala informasi yang diterima dengan lebih bijak.

Apabila butuh bantuan dari tenaga medis profesional untuk memastikan informasi kesehatan yang didapatkan, Anda dapat mengajukan pertanyaan melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

herbalTumor

Konsultasi Dokter Terkait