Sukses

Pilihan Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil

Keluhan masuk angin kerap kali dialami oleh ibu hamil. Apa, sih, obat masuk angin untuk ibu hamil yang tepat? Simak jawabannya di sini.

Selama masa kehamilan, keluhan masuk angin mungkin kerap dialami ibu. Padahal, di sisi lain, bumil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat karena bisa berdampak buruk bagi janin. Lantas, apa saja perawatan dan obat masuk angin untuk ibu hamil yang paling tepat?

Sebenarnya, dalam medis tidak dikenal istilah masuk angin. Istilah tersebut sering dipakai oleh masyarakat awal untuk menggambarkan sekumpulan gejala seperti demam, nyeri otot, radang tenggorokan, pusing, kembung, dan tidak nafsu makan.

Lalu, pengobatan seperti apa, sih, yang aman dan efektif digunakan ibu hamil yang masuk angin? Berikut penjelasannya: 

1. Istirahat yang Cukup 

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, ibu hamil mengeluhkan masuk angin sebaiknya memperbanyak istirahat.

Dia mengatakan, “Karena ibu hamil tidak boleh minum sembarang obat, maka penanganannya lebih secara alami seperti istirahat yang cukup setiap harinya.” 

Anda diminta untuk tidak melakukan banyak aktivitas. Pastikan juga Anda punya durasi tidur yang cukup, yakni sekitar 7 - 9 jam setiap hari.

Artikel lainnya: Medfact: Vagina Kemasukan Angin Bisa Bikin Wanita Hamil?

1 dari 3 halaman

2. Perbanyak Makan Sayur

Obat masuk angin alami saat hamil selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan nutrisi. Baik saat sakit atau tidak, kelengkapan nutrisi sebenarnya akan menjaga tubuh ibu tetap sehat.

Anda bisa makan sayur-sayuran dan buah segar yang kaya antioksidan setiap harinya. Jadikan juga buah sebagai camilan sehat dikala sedang lapar atau bosan. Asupan nutrisi sehat akan membantu tubuh untuk meningkatkan kembali sistem imunitasnya.

3. Minum Air Putih 

Perbanyak minum air putih jika Anda merasa tubuh sedang tidak enak badan. Jika biasanya Anda minum 1 liter air putih dalam sehari, naikkan jumlahnya jadi 2 liter dalam sehari saat masuk angin.

Sajikan juga air putih dengan suhu hangat agar tubuh menjadi lebih rileks. Anda juga bisa meminum air jahe untuk menghangatkan badan saat demam.

4. Memberi Pijatan Lembut

Ketimbang mengerik badan dengan baby oil dan koin, lebih baik pijat lembut pundak dan punggung ibu hamil. Pijatan lembut dengan minyak bisa membuat ibu merasa lebih rileks dan nyaman.

Anda bisa minta pasangan untuk memijat sebelum tidur di malam hari. Hindari memijat bagian perut terlalu kencang karena ini berisiko menimbulkan kontraksi. 

Artikel lainnya: Deretan Penyakit Berbahaya yang Sering Dikira Masuk Angin

2 dari 3 halaman

5. Kelola Stres

Sedapat mungkin, kelola stres dengan baik. Coba lakukan kegiatan yang membuat diri jadi bahagia. Misalnya Anda suka memasak, buatlah makanan yang Anda suka.

Jika Anda suka menonton, maka habiskan waktu istirahat Anda dengan menonton santai sambil makan buah potong segar untuk camilan. Jangan lupa juga untuk melakukan relaksasi seperti latihan pernapasan, dan peregangan di malam sebelum tidur. 

6. Minum Obat Jika Diperlukan 

“Jika diperlukan dan muncul demam, ibu hamil bisa minum obat penurun panas, seperti parasetamol. Parasetamol tergolong aman untuk ibu hamil, jadi boleh saja untuk diminum. Tapi tetap imbangi juga dengan asupan cairan yang cukup,” ujar dr. Devia. 

Itulah beberapa cara alami mengatasi masuk angin ibu hamil. Jika gejala masuk angin semakin parah, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kandungan untuk penanganan yang lebih tepat.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar penanganan dan obat masuk angin untuk ibu hamil, konsultasikan langsung kepada dokter dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar

  • Her******ia

    Assalamualaikum.... Dok saya mau tanya. Ko hamil yg kedua lebih banyak keluhan seperti telapak kaki sakit perut sllalu kencang. Dok itu pnyebabnya knpa yah.