Kesehatan Mental

Takut Kucing? Waspada Mengidap Ailurophobia

dr. Valda Garcia, 21 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kucing merupakan hewan yang banyak disukai. Namun ternyata, ada sebagian orang yang memiliki fobia kucing. Seperti apa fobianya? Ini penjelasannya.

Takut Kucing? Waspada Mengidap Ailurophobia

Kucing adalah hewan yang bersahabat dan menggemaskan. Tak heran,  banyak orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Namun, siapa sangka ada orang yang memiliki ketakutan tidak biasa terhadap kucing. 

Ketakutan berlebih terhadap kucing disebut sebagai ailurofobia atau ailurophobia. Kondisi ini juga dikenal sebagai elurophobia, gatophobia, atau felinophobia

Lalu, apakah fobia terhadap kucing bisa disembuhkan? Simak terus penjelasan di bawah ini.

Penyebab Ailurophobia

Ailurofobia adalah ketakutan berlebih yang tidak rasional terhadap kucing. Orang dengan fobia ini bisa menjadi sangat takut atau cemas saat mendengar suara atau melihat kucing. Bahkan, penderita ailurophobia bisa sangat ketakutan ketika melihat gambar kucing. 

Penyebab ailurofobia sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga bisa memicu fobia kucing, seperti pengalaman tidak menyenangkan dengan kucing, misalnya pernah dicakar. 

Ailurophobia juga bisa timbul karena kebiasaan melihat orang di sekitar takut kucing. Jadi, kamu bisa ikut merasa takut dengan kucing karena terbiasa melihat respon mereka yang ketakutan.

Artikel Lainnya: Bahaya Penyakit dari Kucing

Ciri-Ciri Orang yang Takut Kucing

Gejala utama ailurophobia adalah ketakutan ekstrem saat melihat atau mendengar suara kucing. Fobia ini juga menyebabkan gejala fisik dan psikologis saat memikirkan atau bersentuhan dengan hal berbau kucing.

Gejala fisik yang bisa dirasakan penderita ailurofobia, antara lain:

  • Nyeri atau sesak di dada
  • Peningkatan detak jantung dan berkeringat
  • Sulit bernapas dengan normal
  • Timbul perasaan gelisah, pusing, atau mual
  • Badan gemetar atau gugup
  • Sakit perut tiba-tiba

Selain gejala fisik, ciri-ciri orang takut kucing mengalami gejala psikologis, seperti:

  • Merasa panik dan takut saat memikirkan kucing
  • Sangat takut ketika berada di area baru yang kemungkinan terdapat kucing
  • Menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan cara-cara menghindari tempat yang terdapat kucing
  • Mengalami kecemasan dan ketakutan ekstrem saat mendengar suara kucing mengeong, mendesis, atau suara serupa

Sederet gejala tersebut dapat mengganggu aktivitas penderita ailurofobia. Misalnya, kamu jadi berhenti mengunjungi rumah teman yang memelihara kucing.

Kamu mungkin juga menghindari teman yang membicarakan soal kucing peliharaannya. Ketakutan berlebihan pada kucing juga bisa menyebabkan stres.

Artikel Lainnya: Viral Manusia Cicip Makanan Kucing, Apa Efek Kesehatannya?

Cara Menghilangkan Fobia Kucing

Seperti fobia umumnya, cara menghilangkan fobia kucing bisa diatasi dengan sejumlah terapi, di antaranya: 

Terapi Eksposur

Cara agar tidak takut kucing bisa dilakukan dengan terapi eksposur bersama psikolog. Terapi ini membantu kamu memiliki keberanian terhadap sumber ketakutan, yaitu kucing. 

Caranya, kamu akan didekatkan ke kucing secara perlahan. Semakin lama, hal ini dilakukan semakin dekat hingga kamu sanggup menyentuh kucing. 

Cognitive Behavioral Therapy

Psikolog juga bisa memberikan terapi cognitive behavioral therapy (CBT). Terapi ini bertujuan mengubah pola pikir negatif kamu terhadap kucing. 

Saat kamu menjalani CBT, psikolog akan memberikan penalaran-penalaran tentang kucing yang lebih masuk akal. Menurut penelitian yang dimuat F1000Research, CBT adalah terapi yang sangat efektif dalam mengubah rasa takut seseorang terhadap sesuatu.

Obat

Apabila ailurofobia tidak dapat diatasi menggunakan terapi eksposur atau CBT, cara mengatasi takut kucing mungkin bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan. Untuk memperoleh obat, konsultasi lebih lanjut dengan psikiater perlu dilakukan agar tingkat fobia kucing yang kamu miliki bisa dievaluasi.

Nantinya, psikiater bisa meresepkan obat untuk mengatasi cemas berlebih.

Rasa takut terhadap sesuatu adalah hal yang wajar. Namun, jika rasa takut berlebih sudah mengganggu keseharian, konsultasikan langsung dengan psikolog, ya!  

Jika kamu merasa mengalami gejala ailurofobia, lakukan konsultasi psikologi online di KlikDokter, lebih mudah dan cepat, lo. Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk tahu informasi seputar kesehatan mental lainnya.

(ADT/JKT)

F1000Research. Diakses 2022. Recent developments in the intervention of specific phobia among adults: A rapid review 

PsikologFobia

Konsultasi Dokter Terkait