Sukses

Minum Kopi Picu Mata Kedutan, Bagaimana Faktanya?

Kopi nikmat diminum dalam segala suasana. Namun, disebut-sebut efek samping minum kopi bisa sebabkan mata kedutan. Benarkah demikian?

Ada banyak mitos seputar mata kedutan. Ada yang bilang kondisi ini adalah pertanda baik, akan mendapat keberuntungan, hingga ada yang rindu! 

Padahal, mata kedutan adalah gangguan medis di mana terjadi pergerakan berulang tanpa disadari pada kelopak mata bagian atas.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari stres, kelelahan, hingga penggunaan gadget berlebih. Namun, ada yang berpendapat kalau penyebab mata kedutan salah satunya adalah kopi. Benar atau tidak, ya?

1 dari 4 halaman

Sekilas tentang Mata Kedutan

Sebelum membahas efek samping minum kopi tersebut, ada baiknya Anda mengetahui kondisi yang dikenal sebagai myokymia dalam medis ini.

Mata kedutan bisa menyerang siapa saja dan terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus. 

Kondisi ini pada umumnya tidak berbahaya, meski penderitanya mungkin akan merasa terganggu karena ketidaknyamanan di area mata.

Artikel Lainnya: Dari Kedutan Hingga Lebam, Ini Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Myokymia biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan tertentu. Namun dalam beberapa kasus, gangguan ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan. 

Di sisi lain , mata berkedut sering kali dikaitkan dengan kesehatan mental seseorang. Orang yang mengalami kelelahan, stres, kondisi tertekan, atau depresi lebih berisiko alami gangguan ini.

Namun begitu, gangguan kesehatan fisik juga bisa jadi penyebab mata Anda berkedut, misalnya iritasi pada kornea. Selain itu, faktor genetik juga dikaitkan dengan kemunculan kedutan pada mata.

2 dari 4 halaman

Kedutan Mata dan Kafein

Lantas, benarkah anggapan efek samping minum kopi bikin mata berkedut? Menanggapi itu, dr. Sara Elise Wijono, M. Res mengatakan, 

“Iya, betul bisa, tapi sifatnya juga individual (tidak semua orang akan mengalami efek yang sama).”

Seperti Anda tahu, asupan kafein yang berlebihan bisa membuat gelisah dan gugup. Apalagi, jika Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak, yakni melebihi 1.000 mg per hari.

Selain itu, kafein yang terlalu banyak juga menyebabkan seseorang jadi insomnia. Akhirnya, Anda jadi kelelahan dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya. 

Peningkatan asupan kafein acap kali sejalan dengan kelelahan dan stres, dua faktor umum penyebab mata kedutan.

Itu sebabnya, jika Anda saat ini sedang mengalami myokymia, lebih baik hindari kopi dan asupan berkafein lainnya untuk mempercepat kesembuhan. 

Selain itu, minuman yang mengandung alkohol juga jadi faktor lain mata berkedut. Jadi, hentikan atau batasi asupan alkohol untuk mencegah atau mengatasi kedutan mata.

Artikel Lainnya: Kenali dan Waspadai Penyebab Mata Kedutan

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kedutan Akibat Minum Kopi

Jika kedutan mata terjadi karena asupan kafein berlebih, coba batasi atau hentikan minuman kopi ataupun teh. 

Untuk kopi misalnya, Anda cukup minum 1-2 gelas kopi sehari untuk mengurangi mata kedutan. 

Imbangi juga dengan jam istirahat yang cukup setiap harinya. Untuk membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik, coba redupkan lampu kamar, dan usahakan kamar Anda memiliki suhu yang sejuk.

Pasang juga lagu instrumental untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bila perlu, pasang lilin aromaterapi untuk membantu mempercepat tubuh terasa mengantuk.

Bila kafein bukan jadi penyebab utamanya, coba konsultasikan dengan dokter. Bisa jadi ada yang salah dengan kelopak mata sehingga menyebabkan mata jadi berkedut.

Jika masih ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter seputar mata kedutan, manfaatkan layanan LiveChat 24 dari aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar