Sukses

Daftar Rasa Vagina yang Perlu Anda Tahu

Organ intim wanita memang lebih kompleks ketimbang pria. Tak cuma aroma, rasa miss v juga bisa berbeda-beda! Apa saja rasa vagina?

Mungkin Anda sudah sedikit banyak tahu tentang aroma vagina. Organ intim tersebut memang beraroma khas dan beberapa di antaranya bisa menunjukkan normal tidaknya kondisi miss v.

Lalu, bagaimana dengan rasa vagina? Sudahkah Anda memahami hal tersebut?  Sama seperti bau, rasa miss v juga bermacam-macam. 

Pasalnya, menurut dr. Arina Heidyana, rasa tersebut sangat bergantung dari flora normal, kebersihan, makanan yang dikonsumsi, serta pH-nya sendiri. 

Adapun ragam jenis rasa vagina dan penyebab medis yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

1. Rasa Logam 

Vagina merupakan saluran internal  yang secara alami bersifat asam. Dengan sifat asamnya itu, organ intim Anda mampu menyeimbangkan jumlah bakteri yang berkembang di area tersebut. 

Keasaman alami itu bisa diartikan menjadi beberapa rasa yang lebih kuat. Sebagian orang menggambarkan ini sebagai rasa logam. 

Artikel Lainnya: Makan Bawang Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap, Benarkah?

Bahkan, mengutip dari Healthline, ada juga yang menggambarkan rasa vagina seperti rasa baterai!

Rasa logam pada vagina biasanya disebabkan oleh siklus haid yang baru selesai.  Kemungkinan, sejumlah kecil darah masih berada di sekitar vagina Anda. 

Darah itu sendiri secara alami memang punya cita rasa rasa logam karena adanya kandungan zat besi.

1 dari 3 halaman

2. Rasa Asin

Rasa asin ini berasal dari keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika Anda habis melakukan aktivitas fisik atau berada di lingkungan yang cukup panas, produksi keringat akan lebih banyak, tak terkecuali di bagian vagina. 

Karena bentuk vagina yang kompleks, keringat tidak dengan mudah meninggalkan area tersebut. 

Alhasil, cairan tubuh yang mengandung garam itu terjebak di dalamnya dan membuat miss v terasa asin. 

Selain dari keringat, sisa urine setelah buang air kecil juga dapat membuat organ intim Anda semakin asin. 

3. Rasa Asam

Perlu Anda ingat bahwa pH vagina yang normal adalah 3,5 (bersifat asam). Dengan demikian, tanpa adanya campuran keringat, rasa alami dari cairan vagina adalah asam. 

Nah, saat berhubungan seksual, lendir yang sedari awal sudah ada akan bercampur lagi dengan lendir baru yang dihasilkan oleh rangsangan seksual. 

Ditambah dengan keringat akibat pergerakan, rasa vagina pun akan berubah dari yang benar-benar ke asam menjadi asin. 

Artikel Lainnya: Tips agar Vagina Tidak Robek Saat Melahirkan

2 dari 3 halaman

4. Rasa Buah yang Terlalu Matang

Siapa sangka bahwa vulva juga bisa memberikan rasa seperti buah matang. Akibat kelembapan yang terkunci di bawah lapisan pakaian dalam, infeksi bakteri jadi rentan terjadi. 

Normalnya, vagina tidak terasa manis atau seperti buah yang terlalu matang. Jika hal itu sampai terjadi, kemungkinan penyebabnya ada dua.

Pertama, Anda memang dengan sengaja memberikan “sesuatu” di dalam organ intim. Kedua, terjadi infeksi bakteri pada organ intim Anda. 

5. Rasa yang Sangat Menusuk, Termasuk Pahit

Untuk rasa miss v yang satu ini memang cukup sulit untuk digambarkan. Yang jelas, rasanya seperti campur aduk dan sangat menyengat di lidah. 

Jika hal tersebut sampai terjadi, maka kemungkinan besar pH alami miss v sedang terganggu. 

Hati-hati dengan kondisi pH yang tidak seimbang. Risiko untuk terkena peradangan, iritasi, dan infeksi akan semakin tinggi. 

Beberapa makanan memang bisa berpengaruh terhadap rasa vagina (lebih menyengat). Contohnya, asparagus, kari, dan minuman beralkohol. Jika Anda minum minuman beralkohol secara berlebih dan sekaligus menjadi perokok berat, vagina bisa terasa pahit atau seperti makanan basi. 

Artikel Lainnya: Bentuk Vagina seperti Jengger Ayam, Normalkah?

Kabar baiknya, dr. Arina mengatakan, pengaruh makanan sebenarnya tidak terlalu besar. 

“Makanan atau minuman memang bisa memengaruhi, tapi itu tidak besar dan tidak pasti,” jelasnya. 

“Ketika berhubungan seksual, pasti akan ada lendir dan keringat yang terproduksi. Dua hal itu yang paling besar perannya dalam memberi rasa pada vagina, yakni asin dan asam,” tambahnya. 

Itu dia penjelasan tentang jenis rasa vagina yang perlu Anda kenali. Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan organ intim, konsultasikan pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU) 

0 Komentar

Belum ada komentar