Kulit

Penyakit Kulit Dermatitis Numularis, Bisakah Disembuhkan?

Zahra Aminati, 30 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dermatitis numularis menyebabkan bercak bulat seperti koin di permukaan kulit. Apakah dermatitis numularis bisa sembuh? Simak jawaban dokter ini.

Penyakit Kulit Dermatitis Numularis, Bisakah Disembuhkan?

Dermatitis numularis adalah salah satu bentuk peradangan kulit yang ditandai dengan ruam bulat berbentuk seperti koin.

Sering disebut eksim diskoid, penyakit kulit ini sering muncul di bagian tungkai bawah, tangan, dan lengan bawah. Penyakit ini lebih sering ditemui pada lelaki berusia 55-65 tahun. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, penyebab pasti dermatitis numularis belum diketahui. Namun diduga, kondisi ini dipicu oleh rusaknya barrier kulit. “Misalnya pada kulit yang kering, terkena gigitan serangga atau paparan zat lain yang dapat merusak lapisan kulit,” katanya. 

Apakah Dermatitis Numularis Bisa Sembuh?

Mengetahui fakta di atas, adakah cara mengobati dermatitis numularis? Simak jawaban dokter berikut.

Menurut dr. Theresia, penyakit dermatitis numularis tidak dapat disembuhkan. Namun, eksim diskoid dapat dicegah ataupun dikendalikan agar gejalanya ringan. Anda juga harus mengetahui kemungkinan pemicunya agar dapat mencegah timbulnya dermatitis numularis.

“Pengobatan juga dapat meminimalkan gejala hingga hilang tidak berbekas. Namun pada beberapa kasus dapat ditemukan bekas berupa bercak kecokelatan yang membutuhkan tatalaksana lebih lanjut,” jelas dr. Theresia lagi. 

Artikel lainnya: Bisakah Krim Kulit Dipakai untuk Mengatasi Dermatitis Atopik?

Pencegahan Dermatitis Numularis

Perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah dan mengelola dermatitis numularis agar gejalanya tidak memberat. Beberapa panduan berikut bisa Anda terapkan:

  1. Jangan Gunakan Pakaian Berbahan Wol atau Bertekstur Kasar

Dermatitis numularis adalah penyakit yang menimbulkan rasa gatal. Ada baiknya Anda menghindari pakaian berbahan kasar yang bisa memicu gatal dan memperparah gejala. 

Carilah pakaian yang nyaman, longgar, dan terasa sejuk di kulit Anda, misalnya katun yang lebih menyerap keringat. 

  1. Jangan Berendam atau Mandi Terlalu Lama

Karena kulit Anda sensitif dan mudah menimbulkan bercak, sebaiknya hindari mandi atau berendam terlalu lama, terlebih dengan air hangat.

Air hangat bisa membuat kulit Anda meradang lebih lama. Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal.

  1. Jaga Hidrasi Kulit

Menjaga kulit agar selalu lembap dan tidak kering amat penting untuk mencegah dan meringankan gejala dermatitis numularis. Selain dengan cukup air putih dan asupan sehat lainnya, biasakan untuk rajin mengoleskan pelembap, terutama sehabis mandi.

Artikel lainnya: Pilihan Obat Dermatitis Atopik Sesuai Kondisi Kulit

  1. Pakai Produk Kulit yang Sesuai

Pakai produk kulit, seperti kosmetik dan sabun, yang berbahan lembut. Hindari bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi atau memicu kulit kering. Jangan pula menggunakan sabun dengan butiran scrub.

  1. Kelola Stres

Stres bisa menjadi pemicu munculnya dermatitis numularis. Itu sebabnya, kelola stres Anda dengan baik. Anda bisa melakukan meditasi atau yoga sebagai stress release. Bila tak juga bisa diatasi atau kondisi semakin berat disertai gejala lainnya, mintalah bantuan profesional.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menjalani pola hidup yang sehat merupakan solusi dari semua penyakit, termasuk dermatitis numularis. Lakukan gaya hidup yang sehat dengan makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. 

Cara mengobati numularis memang belum bisa ditentukan secara pasti. Namun, dengan penanganan yang tepat dan perubahan pola hidup, penyakit tersebut dapat dikelola dengan baik. 

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk pengobatan dermatitis numularis yang tepat sesuai kondisi.

Dapatkan Informasi lainnya seputar masalah kesehatan kulit dengan mengunduh aplikasi Klikdokter. Gratis lho!

[HNS/JKT]

penyakit kulitDermatitis Numularis

Konsultasi Dokter Terkait