Diabetes

Benarkah Buah Nanas Dapat Membantu Pasien Diabetes?

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 30 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah Nanas disebut-sebut dapat membantu penderita diabetes. Benar manfaat nanas untuk diabetes tersebut? Simak jawabannya di bawah ini.

Benarkah Buah Nanas Dapat Membantu Pasien Diabetes?

Penderita diabetes harus memperhatikan betul asupan makanan yang dikonsumsi. Hal ini juga berlaku ketika makan buah seperti nanas.

Nanas alias Ananas comosus kaya akan vitamin C dan mangan. Buah ini bahkan sanggup memenuhi 131 persen kebutuhan vitamin C dan 76 persen kebutuhan mangan harian.

Vitamin C sangat penting dalam mendukung sistem kekebalan serta membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga proses metabolisme, serta berperan sebagai antioksidan.

Buah tropis ini juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin B6, tembaga, folat, magnesium, riboflavin, dan zat besi. Dengan sederet nutrisi tersebut, amankah buah nanas untuk penderita diabetes (diabetesi)? Simak penjelasan lengkap di bawah ini, ya!

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Nanas?

Sebagian besar buah memiliki skor indeks glikemik (GI) rendah, yang berarti dampak buah pada lonjakan kadar glukosa (gula darah) lebih sedikit daripada makanan lainnya. 

Indeks glikemik buah yang rendah berasal dari kandungan fruktosa dan serat di dalamnya. Keduanya membantu tubuh mencerna karbohidrat lebih lambat sehingga kadar gula darah tetap stabil ketika kamu makan buah.

Lalu, bagaimana dengan nanas? Nanas mentah memiliki indeks glikemik sebesar 66. Artinya, nanas termasuk kategori buah dengan indeks glikemik sedang yang skornya berkisar antara 56 dan 69.

Hal ini membuat nanas memiliki lebih banyak efek lonjakan pada glukosa darah daripada buah-buahan lainnya. Indeks glikemik kian meningkat apabila nanas sudah matang. 

Nah, pertanyaannya, apakah pengidap diabetes boleh makan nanas? Sebenarnya, nanas adalah buah yang aman dikonsumsi diabetesi atau pengidap diabetes. 

Berdasarkan Defeat Diabetes Foundation, nanas mengandung banyak vitamin C dan mangan. Buah ini juga mengandung serat, vitamin A, dan B, serta senyawa bromelain yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk berperan sebagai agen antidiabetes. 

Kandungan nutrisi ini menjadikan nanas sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Karenanya, nanas boleh dikonsumsi diabetesi. 

Artikel lainnya: Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Cara Konsumsi Nanas bagi Penderita Diabetes

Manfaat nanas untuk mengatasi diabetes bisa diperoleh dengan membatasi asupannya. 

Makanlah nanas secukupnya. Maksimal, nanas dikonsumsi sebanyak satu cangkir berisi potongan buah. Selain itu, konsumsilah nanas segar, bukan nanas kemasan atau kalengan yang sudah diawetkan. Soalnya, indeks glikemik nanas meningkat ketika sudah melalui proses pengawetan, karena ada tambahan gula di dalamnya.

Ketika makan nanas, diabetesi juga perlu memadukannya dengan protein atau lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, atau alpukat. Tujuannya adalah untuk membatasi efek lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Di sisi lain, agar kadar glukosa tetap berada pada kisaran sehat, penderita diabetes harus menjaga asupan karbohidrat sepanjang hari. 

Jika mengonsumsi asupan tinggi karbohidrat, termasuk nanas, kamu perlu mengurangi makanan tinggi karbohidrat. Misalnya, dengan mengurangi atau menghindari makanan, seperti nasi putih agar tetap bisa mencapai target karbohidrat yang dianjurkan.

Diabetesi sebaiknya juga tidak mengonsumsi jus nanas. Soalnya, serat nanas bisa hancur akibat proses pembuatan jus. Serat sangat penting bagi penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan gula darah, mengurangi kolesterol, serta mengatur pergerakan usus. 

Konsumsi buah nanas untuk diabetes boleh-boleh saja, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Agar khasiat buah nanas untuk diabetes bisa diperoleh, #JagaSehatmu dengan makan nanas segar, ya!

Apabila kamu menderita diabetes, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter layanan primer atau dokter spesialis endokrinologi sebelum menambahkan nanas dalam diet harian. 

Dokter bisa menyarankan takaran konsumsi nanas sesuai dengan kondisi kamu. Jika ingin konsultasi seputar masalah kesehatan secara umum, pakai fitur Tanya Dokter aja!

Ikuti terus informasi lengkap seputar kesehatan terkini dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

(ADT/JKT)

Referensi:

Defeat Diabetes Foundation. Diakses 2022. Pineapple

Nigerian Journal of Nutritional Sciences. Diakses 2022. Glycemic Indices Of Pineapple, Banana, Jollof Rice and Wheat Flour Dough

NutrisiDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait