Sukses

Benarkah Buah Nanas Dapat Membantu Pasien Diabetes?

Buah Nanas disebut-sebut dapat membantu penderita diabetes. Benar manfaat nanas untuk diabetes tersebut? Simak jawaban dokter di bawah ini.

Seseorang dengan penyakit diabetes harus memperhatikan apa saja yang dikonsumsi. Mereka harus membatasi asupannya dengan konsep 3J, yaitu jumlah, jenis, serta jam makan. Bukan cuma dalam makanan berat, konsep ini berlaku pula untuk buah, termasuk nanas.

Buah dengan nama Latin Ananas comosus itu sangat kaya akan vitamin C dan mineral mangan. Tak main-main, buah ini mampu menyediakan 131 persen kebutuhan vitamin C harian dan 76 persen kebutuhan mangan harian.

Vitamin C amat penting dalam mendukung sistem kekebalan yang sehat, serta membantu penyerapan zat besi dari makanan. Adapun, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat, serta memiliki sifat antioksidan.

Selain itu, buah tropis ini juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin B6, tembaga, folat, magnesium, riboflavin, dan juga zat besi. Dengan sederet nutrisi ini, amankah buah nanas untuk diabetes? Kita simak penjelasan dokter di bawah ini.

Artikel lainnya: Bahaya Makan Nanas yang Mesti Diwaspadai Siapa Saja

1 dari 3 halaman

Apakah Aman Mengonsumsi Nanas untuk Diabetes?

Walaupun banyak terdapat banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, nanas bukanlah pilihan yang terbaik untuk penderita diabetes. Buah ini memiliki indeks glikemik atau kadar gula darah level sedang. 

“Indeks Glikemik yang cukup sedang ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah,” dr. Atika menegaskan.

Meskipun demikian, bukan berarti nanas sama sekali tidak boleh dikonsumsi diabetesi. Hanya saja, dr. Atika menekankan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 

Makanan yang terbaik dan paling cocok untuk para pasien diabetes adalah yang memiliki indeks glikemik rendah.

Di lain sisi, agar kadar glukosa tetap berada pada kisaran yang sehat, penderita diabetes harus menjaga asupan karbohidratnya sepanjang hari.

Dilansir dari Healthline, biasanya orang menargetkan 45 – 60 gram karbohidrat dalam setiap makan, serta 15 - 20 gram karbohidrat per ngemil, bergantung pada target kalori di hari itu.

Jumlah ini dapat berbeda, tergantung obat yang dikonsumsi dan aktivitas fisik yang dilakukan.

Jika makan asupan tinggi karbo, termasuk nanas, Anda perlu mengurangi makanan tinggi karbohidrat lainnya. Misalnya, mengurangi atau menghindari makanan roti, agar tetap dapat mencapai target karbohidrat yang dianjurkan.

Anda juga bisa memasangkan nanas dengan buah berkadar glikemik rendah. Misalnya saja, apel dan alpukat.

Artikel lainnya: Blueberry Bermanfaat untuk Diabetes? Ini Faktanya

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengonsumsi Nanas yang Tepat?

Manfaat nanas untuk diabetes memang belum bisa dikatakan. Akan tetap, boleh-boleh saja jika penderita diabetes ingin mengonsumsi buah nanas. Selain jumlahnya yang perlu dibatasi, dr. Atika menyarankan hal berikut.

“Sebaiknya pilih buah nanas yang segar, bukan kalengan. Biasanya buah kalengan banyak ditambahkan pemanis atau gula,” ujarnya.

“Konsumsi juga nanas dalam bentuk segar, bukan dijus. Ketika dijus, seratnya sudah dihancurkan oleh proses pembuatan jus,” tutur dr. Atika lagi.

Kandungan serat dalam buah nanas ini sejatinya berperan dalam menjaga gula darah agar tidak melonjak. 

Konsumsi buah nanas untuk diabetes boleh-boleh saja, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Akan tetapi, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan nanas dalam diet harian. Dokter dapat menyarankan jumlah yang paling tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Jangan ketinggalan informasi serta tips lainnya seputar nutrisi dan penanganan penyakit diabetes melalui info sehat di aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

1 Komentar