HomeInfo SehatOtot dan SendiCara Atasi Leher Kaku Sehabis Bangun Tidur
Otot dan Sendi

Cara Atasi Leher Kaku Sehabis Bangun Tidur

dr. Muhammad Isman S, 19 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Leher sakit saat bangun tidur tentu sangat mengganggu. Hal ini tidak bisa Anda biarkan berlarut. Cari tahu cara mengatasi kondisi tersebut di sini.

Cara Atasi Leher Kaku Sehabis Bangun Tidur

Sering mengalami leher kaku setelah bangun tidur? Sebaiknya kondisi ini tidak dibiarkan karena dapat mengganggu aktivitas sepanjang hari. Misalnya, Anda menjadi sulit bergerak atau menoleh karena sakit leher.

Leher kaku setelah bangun tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti posisi tidur yang salah, penggunaan bantal yang tidak cocok, ketegangan otot, atau penyakit tertentu seperti saraf kejepit.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit leher saat bangun tidur:

1. Hidroterapi

Anda dapat melakukan hidroterapi dengan air hangat untuk menghilangkan kekakuan pada leher. Mandi air hangat akan membantu merelaksasi otot-otot yang kencang. 

Hidroterapi merupakan terapi yang menggunakan metode hidrotermal. Metode ini bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan shower.  

Caranya, berdiri di kamar mandi dan biarkan air hangat membasahi tubuh Anda yang nyeri selama 3-5 menit. Setelah itu, gunakan air dingin selama 30-60 detik. Lakukan sampai Anda merasa relaks. 

Air panas dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan, air dingin akan mengurangi peradangan pada leher. 

Artikel lainnya: Sakit Punggung dan Leher saat WFH? Ini Cara Mengatasinya

2. Lakukan Peregangan

Untuk mengatasi leher sakit akibat salah tidur, caranya juga bisa dengan melakukan peregangan. 

Ya, setelah mengetahui letak nyerinya, Anda bisa melakukan peregangan. Peregangan bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas secara bertahap tanpa menyebabkan lebih banyak rasa sakit. 

Anda bisa melakukan peregangan dengan cara mendongakkan kepala ke atas, menunduk ke bawah, menengok ke kiri dan kanan, lalu miringkan ke kiri dan kanan. Gunakan hitungan 8x3 seperti Anda sedang senam. 

3. Kompres Air Hangat

Posisi tidur yang salah bisa menjadi salah satu penyebab leher kaku. Anda dapat mengompres dengan air hangat untuk membantu melemaskan otot-otot yang kaku. 

Caranya, rendam handuk di baskom berisi air hangat. Kemudian, peras airnya dan letakkan handuk di bagian leher yang kaku. Coba kompres leher selama 10 menit. 

Anda juga bisa menggunakan botol yang diisi air hangat untuk meredakan kekakuan pada leher. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari. 

4. Hindari Aktivitas Menggunakan Leher

Ketika Anda sedang merasakan nyeri di leher, hindari aktivitas yang melibatkan gerakan kepala dan otot leher. Misalnya, duduk lama saat menyetir mobil, menari, dan sebagainya.

Pastikan Anda mengistirahatkan leher dan cari posisi yang nyaman untuk duduk maupun tidur. 

Artikel lainnya: Kulit Leher Kendur Padahal Masih Muda, Ini Alasannya!

5. Pijat dengan Minyak Esensial

Salah satu cara mengatasi sakit leher saat bangun tidur adalah dengan melakukan pemijatan menggunakan minyak esensial. Hal ini berguna untuk mengendurkan otot-otot yang kaku. 

Lakukan pijatan dengan lembut agar tidak memperparah kekakuan leher. Ambil beberapa tetes minyak esensial lavender atau peppermint, campurkan dengan minyak kelapa. Oles minyak tersebut di bagian leher. 

Minyak esensial dengan aromaterapi bisa membuat pikiran menjadi relaks dan melenturkan kembali otot-otot Anda. 

6. Kompres Es

Terapi kompres es juga dapat bermanfaat untuk mengatasi leher kaku saat bangun tidur. 

Perlu diketahui, salah satu penyebab terjadinya nyeri leher adalah adanya inflamasi atau peradangan. Tanda dari inflamasi ini berupa pembengkakan dan kemerahan di leher. 

Jika Anda menemui tanda tersebut, maka Anda bisa melakukan kompres es batu di leher. Hal itu mampu menurunkan proses inflamasi sehingga menghilangkan rasa nyeri. 

Artikel lainnya: Nyeri Leher Bisa Jadi Pertanda Komplikasi Virus Corona

7. Olahraga Ringan

Saat leher Anda sakit, jangan lupa untuk melakukan olahraga. Hal tersebut bertujuan untuk membantu memperlancar peredaran darah, sehingga aliran darah ke leher tetap terjaga. 

Namun, perlu diingat untuk tidak melakukan gerakan yang dapat menyebabkan leher Anda bertambah sakit.

8. Konsumsi Obat Antinyeri

Cara lainnya untuk mengatasi sakit leher saat bangun tidur adalah dengan konsumsi obat antinyeri. 

Ya, jika Anda merasa nyeri sudah tak tertahankan, maka Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri yang banyak dijual di apotek. 

Ibuprofen, natrium diclofenac, dan paracetamol adalah beberapa contoh obat yang bisa Anda peroleh di apotek terdekat. Sebelum mengonsumsinya, baca baik-baik aturan minumnya.

9. Gunakan Bantal Tidur yang Lembut dan Empuk

Salah satu penyebab munculnya kaku atau nyeri leher setelah tidur adalah bantal yang tidak nyaman digunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki bantal yang lembut dan empuk yang bisa menyesuaikan bentuknya dengan bentuk leher Anda.

Selain itu, usahakan menggunakan bantal yang tepat saat tidur dan jangan terlalu lama melakukan aktivitas yang melibatkan leher. 

Demikian sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit leher atau leher kaku saat bangun tidur. Jika rasa sakit tidak kunjung membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter. 

Anda bisa konsultasi ke dokter seputar masalah kesehatan lewat Live Chat KlikDokter.

[RS]

Nyeri OtotSakit Leher

Konsultasi Dokter Terkait