Kulit

Efektivitas Terapi Intense Pulsed Light untuk Mengatasi Jerawat

Zahra Aminati, 25 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jerawat menjadi hal yang memusingkan bagi semua orang. Terapi Intense Pulse Light (IPL) dikatakan efektif untuk mengatasi keluhan tersebut. Apakah medis setuju?

Efektivitas Terapi Intense Pulsed Light untuk Mengatasi Jerawat

Permasalahan jerawat di wajah menjadi hal yang memusingkan. Pasalnya, dalam situasi tatap muka, wajah adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat oleh lawan bicara.

Setiap orang yang berjerawat pasti ingin segera terbebas dari keluhan tersebut. Apakah Anda juga demikian? Jika ya, salah satu tindakan yang disinyalir efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan terapi intense pulsed light (IPL).

 

Apa Itu Terapi Intense Pulsed Light?

Intense pulsed light (IPL) adalah terapi perawatan kulit dengan menggunakan cahaya lampu xenon. Metode ini memanfaatkan cahaya dengan gelombang intensitas tinggi untuk memperbaiki permasalahan kulit, seperti perontokkan bulu, garis dan kerutan wajah, noda hitam penuaan, bekas luka, serta permasalahan jerawat.

Banyak yang beranggapan bahwa terapi IPL sama saja dengan laser. Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian.

Perbedaan antara IPL dan terapi laser terlihat dari luasan fokusan cahaya. Laser hanya fokus pada satu panjang gelombang, sedangkan IPL lebih menyebar.

Terapi IPL menggunakan energi cahaya yang diarahkan langsung ke area yang dikehendaki. Cahaya ini diubah menjadi energi panas yang dapat menyebabkan kerusakan di bagian-bagian tertentu.

IPL akan mengirimkan banyak gelombang setiap kali mengeluarkan cahaya. Karena itu, dalam terapi ini digunakan filter yang berfungsi memperbaiki keluaran cahaya. Dengan demikian, target kulit yang disasar tidak meleset.

Artikel Lainnya: Manfaat Terapi Radiofrequency untuk Kecantikan

Manfaat IPL untuk Jerawat

Perawatan dengan terapi IPL biasanya dilakukan selama 20 hingga 30 menit, tergantung banyaknya kulit yang bermasalah.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, terapi IPL dapat dilakukan tergantung kondisi jerawatnya.

“Ada yang baru perawatan dua kali sudah hilang jerawatnya, ada pula yang butuh waktu sampai beberapa kali. Pasien juga harus menjaga pola hidup sehari-hari untuk hasil yang optimal,” jelas dr. Dyah Novita.

“Secara garis besar, IPL untuk jerawat dapat mematikan bakteri penyebab keluhan tersebut. Terapi ini juga dapat mengatasi peradangan akibat jerawat,” sambungnya.

Untuk mendapat hasil yang optimal, Anda harus sabar dalam menjalani terapi ini. Di samping itu, Anda juga mesti bersiap dengan kemungkinan efek samping terapi IPL.

Faktanya, terapi ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari. Selain itu, dapat pula muncul bercak hitam di beberapa area yang berjerawat.

“Tak perlu khawatir (dengan efek samping IPL), karena dokter biasanya akan memberikan obat untuk perawatan di rumah,” ucap dr. Dyah Novita.

Manfaat IPL untuk jerawat bukanlah isapan jempol belaka. Namun, terapi ini wajib dilakukan dengan penuh kesabaran, dan Anda mesti mematuhi segala anjuran dari dokter  yang merawat.

Apabila Anda ragu atau butuh informasi lebih lanjut mengenai terapi Intense Pulsed Light (IPL), tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KecantikanKulit Anak Belang Pada Kuping Hingga LeherJerawat

Konsultasi Dokter Terkait