Sukses

Aturan Penting Sebelum Melakukan Terapi Penghilang Bulu

Terapi penghilang bulu sering dicari wanita untuk atasi bulu tebal pada kulit. Apa saja yang mesti dipersiapkan? Simak penjelasan dokter.

Untuk mengatasi bulu lebat di kulit, terapi penghilang bulu kerap menjadi cara ampuh. Layanan treatment ini pun sudah banyak tersedia di klinik-klinik kecantikan.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar penanganan terapi penghilang bulu bisa dipastikan keamanannya. Jadi, treatment bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit pasien.

Terapi penghilang bulu bisa dilakukan dengan berbagai pilihan. Beberapa di antaranya yaitu waxing, laser, dan IPL.

Artikel Lainnya: Bubuk Kunyit Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami?

Sebelum menentukan dan melakukan terapi menghilangkan bulu, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini:

1 dari 4 halaman

1. Pilih Ahlinya

Sebelum memutuskan terapi penghilang bulu, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu dokter terbaik atau ahli kecantikan yang telah memiliki sertifikat.

“Perhatikan juga tempat terapinya, harus klinik atau RS yang tentunya memiliki izin,” kata dr. Theresia Rina Yunita. Dengan memilih ahlinya, Anda dapat terhindar dari berbagai risiko.

2. Infokan Riwayat Penyakit Anda

Informasikan kepada dokter atau ahli kecantikan seputar riwayat penyakit atau obat tertentu yang Anda konsumsi rutin. Hal itu akan berguna sebagai bahan pertimbangan dokter.

Nantinya, dokter akan lebih waspada dengan bahan-bahan yang akan digunakan dalam proses menghilangkan bulu.

2 dari 4 halaman

3. Tanya Detail Prosedurnya

Anda perlu menjadi orang yang aktif ketika ingin melakukan terapi penghilang bulu. Tanyakan dengan jelas bagaimana langkah-langkahnya, persiapan, dan perawatan setelah terapi.

Tanyakan juga obat-obatan yang harus dihindari sebelum dan sesudah treatment.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ketika ingin melakukan terapi menghilangkan bulu, usahakan kulit tidak terkena paparan sinar matahari langsung 6 minggu sebelum prosedur.

Paparan sinar matahari langsung dapat membuat kulit iritasi. Selain itu, kulit Anda juga berisiko mengalami perubahan warna setelah melakukan terapi penghilang bulu. Selalu gunakan sunscreen saat Anda beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

3 dari 4 halaman

5. Cukur Sedikit Bulu Anda Sebelum Terapi

Anda perlu mencukur pendek bulu sehari sebelum terapi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dokter atau terapis menemukan folikel rambut.

Namun, dr. Theresia menjelaskan, sebaiknya tidak perlu mencukur bulu sampai habis. Langkah itu nantinya akan dilakukan oleh terapis ataupun dokter.

Artikel Lainnya: Ragam Metode untuk Hilangkan Bulu di Wajah

Dokter Iqbal mengatakan, efek samping yang diberikan oleh terapi laser dan IPL sama, yaitu iritasi dan kehitaman (hiperpigmentasi usai inflamasi). Namun, risiko tersebut akan tergantung area kulit mana yang menjalani prosedur terapi penghilang bulu.

Ia juga menjelaskan, untuk tekstur kulit yang tidak rata, tidak disarankan menggunakan terapi IPL karena treatment tidak terfokus. Disamping itu, dokter Iqbal juga memberi saran perihal treatment yang sebaiknya dipilih berdasarkan kondisi bulu.

“Lalu, [warna] bulu yang lebih cerah dapat menggunakan laser, dan bulu yang lebih gelap bisa menggunakan terapi IPL,” jelas dr. Iqbal.

Dengan mengetahui seluk-beluk terapi penghilang bulu, Anda dapat memilih dengan bijak mana yang lebih cocok dengan kebutuhan dan kondisi. Jangan asal mengikuti tren bila ternyata harus mengorbankan kesehatan kulit.

Konsultasi ke dokter kulit bisa lebih cepat lewat Live Chat di Klikdokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar