Sukses

Daftar Makanan Berlemak yang Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tetap membutuhkan asupan lemak dalam jumlah cukup dan dari sumber yang sehat. Ini daftar makanan berlemak untuk ibu hamil yang menyehatkan.

Lemak adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil untuk menunjang proses tumbuh kembang janin di dalam kandungannya. 

Hal itu pun dikatakan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong. Menurutnya, lemak untuk ibu hamil memegang peran penting dalam mendukung perkembangan sistem saraf janin sejak dalam kandungan. 

Berangkat dari alasan tersebut, ibu hamil disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan lemak sehari-hari. 

Namun, hal ini bukan berarti bahwa ibu hamil boleh sembarang memilih sumber lemak yang dikonsumsi.

Faktanya, lemak terbagi menjadi dua; lemak jahat dan lemak baik. Lemak jahat adalah jenis yang wajib dihindari. 

Lemak ini dapat dengan mudah ditemukan pada gorengan, makanan cepat saji, kue-kue kering dan sejenisnya. 

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Makan Steak Sirloin dan Tenderloin, Amankah bagi Janin?

Sebaliknya, lemak baik adalah jenis yang dibutuhkan ibu hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungannya. Lemak baik dapat ditemukan pada jenis makanan berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Ikan

“Lemak baik itu yang mengandung omega-3 tinggi. Salah satu makanan yang mengandung omega-3 tinggi adalah ikan,” ujar dr. Sepriani.

“Ikan yang bisa dimakan juga berbagai macam jenis; mulai dari salmon, tuna, sampai sarden,” sambungnya.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak sebanyak 3 porsi dalam satu minggu. 

Apabila terdapat kondisi-kondisi khusus selama kehamilan, berkonsultasilah kepada dokter untuk mengetahui porsi ikan yang tepat selama kehamilan.

2. Alpukat

Alpukat juga termasuk makanan mengandung lemak untuk ibu hamil yang baik bagi kesehatannya. 

Selain rasanya yang enak, buah yang satu ini juga mengandung lemak tidak jenuh, jenis lemak baik, yang membantu perkembangan saraf janin. 

Selain itu, alpukat juga disinyalir dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga berat badan ibu hamil tetap di rentang ideal. 

3. Biji-bijian 

Biji rami dan chia seed merupakan jenis biji-bijian yang paling terkenal di kalangan ibu hamil. 

Selain tinggi lemak baik, biji-bijian ini juga mengandung protein, serat, dan kalsium yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan janin di dalam kandungan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Tempe untuk Ibu Hamil, Jadi Sumber Protein!

2 dari 3 halaman

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almon juga mengandung lemak tidak jenuh, yang punya segudang manfaat untuk ibu hamil. 

Kacang almond dianggap bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan risiko diabetes gestasional. Meski begitu, kacang juga mengandung banyak kalori sehingga asupannya perlu dibatasi. 

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga termasuk sebagai makanan berlemak yang baik untuk ibu hamil. Kandungan lemak baik dan omega-3 di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi). 

Minyak zaitun juga kaya akan vitamin E dan punya sifat antioksidan yang kuat. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam salad, atau menggunakannya sebagai bahan dasar menumis makanan. 

Itu dia daftar makanan berlemak untuk ibu hamil, yang terbukti dapat membantu menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. 

Selain makanan, ibu hamil juga bisa mengonsumsi minuman yang kaya protein dan lemak baik. Salah satunya dengan produk susu dan vitamin khusus kehamilan. Anda bisa mendapatkannya langsung di sini.

Apabila Anda ingin mengetahui porsi lemak untuk ibu hamil yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh selama kehamilan, tak perlu sungkan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar