Sukses

Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Kata siapa penderita diabetes tak boleh makan buah sama sekali? Ada banyak jenis buah untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi! Cek di sini.

Buah termasuk makanan alami yang punya cita rasa manis. Rasa manis tersebut yang membuat penderita diabetes enggan menyantapnya meski terdapat banyak nutrisi menyehatkan di dalamnya. 

Jika mengonsumsinya, mereka khawatir kadar gula darah langsung melonjak. Kekhawatiran seperti itu sebenarnya tak salah. 

Namun, ada baiknya Anda kenali lagi beragam jenis buah untuk diabetes yang memang aman dikonsumsi secukupnya secara rutin.

Dengan menyantap aneka buah yang direkomendasikan oleh dr. Arina Heidyana ini, kebutuhan serat dan berbagai vitamin pun akan terpenuhi.

1. Beri 

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, termasuk superfood karena sangat kaya akan antioksidan dan serat.

Anda bisa menyantap beberapa buah stroberi atau blueberry dengan yoghurt plain yang rendah lemak. Camilan tersebut sangat sehat untuk penderita diabetes. 

Artikel Lainnya: Blueberry Bermanfaat untuk Diabetes? Ini Faktanya

1 dari 4 halaman

2. Ceri

Buah yang satu ini sangat bagus untuk melawan peradangan. Ceri mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Hindari membeli buah ceri dalam kalengan karena tambahan gulanya banyak.

3. Persik

Persik juga termasuk buah yang aman untuk diabetes. Satu buah persik ukuran sedang mengandung 59 kalori dan 14 gram karbohidrat menurut United States Department of Agriculture (USDA).

Buah tersebut juga mengandung 10 mg vitamin C dan 285 mg kalium.

4. Aprikot

Satu aprikot hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat menurut laman USDA. Aprikot juga termasuk sumber serat.

Selain dimakan sendiri, buah untuk diabetes ini juga bisa dijadikan campuran salad.

5. Apel

Satu apel ukuran sedang mengandung 95 kalori dan 25 gram karbohidrat. Buah tersebut juga memiliki 4 gram serat dan 8,73 mg vitamin C.

Jangan jangan kupas kulit apel karena kulitnya bergizi dan mampu memberikan antioksidan ekstra untuk melindungi jantung. Namun, sebelum menyantapnya, cuci bersih dulu dengan air mengalir. 

Artikel lainnya: Penderita Diabetes Makan Buah Mangga, Amankah untuk Gula Darah?

2 dari 4 halaman

6. Jeruk

Menyantap satu buah jeruk berarti Anda sudah memenuhi 78 persen kebutuhan vitamin C harian. Satu jeruk berukuran sedang juga mengandung folat dan kalium yang membantu menormalkan tekanan darah.

7. Pir

Pir juga termasuk buah yang aman untuk diabetes. Bonusnya lagi, rasanya akan semakin enak setelah dipetik.

Simpan pir pada suhu ruang sampai matang sempurna. Setelah itu barulah masukkan ke dalam kulkas. Pir dingin sangat enak untuk dinikmati

8. Kiwi

Menurut USDA, satu buah kiwi memiliki 215 mg potassium, 64 mg vitamin C, dan 2 gram serat.

Karena kalorinya juga hanya 42 kalori dan karbohidrat hanya 10 gram, buah ini sangat aman dan sehat untuk penyandang masalah gula darah.

9. Tomat

Dilansir dari WebMD, satu cangkir tomat yang dipotong-potong memiliki 32 kalori, 7 gram karbohidrat, dan 2 gram serat. Tak cuma kaya akan vitamin dan fitokimia, tomat mampu menurunkan risiko untuk terkena penyakit kronis lainnya. 

Artikel lainnya: Tips Makan Buah untuk Penderita Diabetes

3 dari 4 halaman

10. Pisang

American Diabetes Association (ADA) memperbolehkan penderita kencing manis untuk mengonsumsi pisang dengan takaran yang tidak berlebihan.

Batasan yang dianjurkan adalah satu pisang yang ukurannya tak lebih dari 15 cm. Hindari melanggar batasan agar gula darah tak melonjak.

11. Mangga

Meski manis, dr. Arina menyatakan bahwa mangga kaya akan vitamin C, tinggi serat, dan indeks glikemik rendah. Hindari menyantap mangga yang terlalu matang karena kadar gulanya lebih tinggi. 

Menurut USDA, setiap satu cangkir mangga (165 gram) terkandung 99 kalori, 1,4 gram protein, 2,6 gram serat, vitamin C, folat, vitamin A, E, dan kalium. Apabila dikonsumsi dalam batasan normal, kadar glukosa tak akan terpengaruh secara signifikan. 

Serat dan antioksidannya pun akan menghambat proses penyerapan gula oleh tubuh. Dengan begitu, tubuh lebih bisa mengontrol asupan karbohidratnya. 

Untuk mengolah buah yang aman untuk penderita diabetes ini, ada pesan dari dr. Arina. 

“Lebih baik dipotong-potong saja lalu dimakan langsung. Hindari dijadikan jus karena pasti akan ditambah gula lagi. Selain itu, ampasnya pun terbuang, serat jadi berkurang,” ujarnya.

“Selain itu, saat dijadikan minuman, Anda biasanya akan membutuhkan beberapa buah. Padahal, jumlah konsumsi buah untuk penderita kencing manis harus dibatasi,” ujarnya lagi.

Itulah daftar buah untuk penderita diabetes. Konsumsi secara bijak agar makanan sehat ini tak menjadi bumerang bagi kesehatan Anda.

Masih ada pertanyaan lain seputar masalah gula darah? Tanya langsung pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar