Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Rokok, Penyebab Kanker Payudara pada Wanita yang Jarang Disadari

Rokok, Penyebab Kanker Payudara pada Wanita yang Jarang Disadari

Bahaya rokok tidak hanya menyerang organ pernapasan saja. Produk olahan tembakau ini juga bisa menjadi penyebab kanker payudara pada wanita. Cek faktanya!

Kanker payudara adalah jenis penyakit paling umum ditemukan pada wanita. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko wanita mengalami kondisi tersebut, salah satunya gaya hidup. 

Dalam kasus kanker, gaya hidup yang diduga memiliki hubungan paling erat dengan peningkatan risiko penyakit tersebut adalah kebiasaan merokok.

1 dari 3 halaman

Rokok Memicu Kanker Payudara pada Wanita

Faktanya, asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia yang berbeda. Setidaknya, 250 di antara bahan kimia tersebut diketahui berbahaya bagi tubuh. 

Saat Anda menghirup asap rokok, bahan kimia yang berasal darinya dapat masuk ke paru-paru dan menyebar ke organ lain di tubuh. 

Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan mutasi pada DNA, yang cepat atau lambat berpotensi menyebabkan kanker. 

Diduga bahwa perubahan DNA yang merujuk pada pembentukan sel kanker bisa terjadi setiap 15 batang rokok yang Anda isap. Ketika DNA mulai berubah dan rusak, tubuh juga ikut mengalami efek buruknya. 

Artikel Lainnya: Wanita, Ini Cara Sederhana Mencegah Kanker Payudara

“Pada wanita yang sudah ada bakat genetik kanker payudara, paparan nikotin dari rokok dan sejumlah zat kimia berbahaya lain; seperti radikal bebas, polusi, dan radiasi memang bisa memicu kanker payudara,” kata dr. Reza Fahlevi, Sp.A.

Melansir healthline, penelitian dari National Institutes of Health tahun 2011 mengatakan bahwa wanita dengan riwayat merokok memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi 10 persen daripada mereka yang tidak sama sekali. 

Risiko ini mungkin saja meningkat, khususnya pada wanita yang punya kebiasaan berikut ini.

  • Merokok dalam frekuensi berat saat masih muda.
  • Merokok selama bertahun-tahun. 
  • Merokok sebelum kelahiran anak pertama. 
  • Merokok 40 batang atau lebih per hari.
  • Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih, khususnya jika dikombinasikan dengan frekuensi merokok yang tinggi.
  • Terkena paparan asap rokok (perokok pasif).
2 dari 3 halaman

Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara tergolong sulit dilihat jika masih tahap gejala awal. Kondisi ini biasanya beru terdeteksi ketika sudah masuk stadium lanjut. 

Oleh karena itu, sebelum benar-benar terjadi, lebih baik Anda menghentikan kebiasaan merokok mulai saat ini. 

Saat ini, sudah banyak fasilitas yang bisa membantu Anda berhenti merokok. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau menghubungi langsung lembaga yang memang dibuat untuk membantu berhenti merokok. 

Artikel Lainnya: Jenis Asupan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Tidak cukup hanya dengan itu, wanita yang enggan terkena kanker payudara juga bisa menurunkan risiko penyakit tersebut dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, serta menghindari alkohol.

Ada pula hal-hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara

Kebiasaan merokok hanyalah satu di antara banyak penyebab kanker payudara pada wanita. 

Dengan menghindari kebiasaan tersebut sambil menerapkan gaya hidup sehat, setidaknya risiko Anda terkena penyakit tersebut dapat lebih diminimalkan.

Atas dasar itu, mulailah berhenti merokok dan menjauhi paparan asapnya mulai saat ini. Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup aktif dan sehat. 

Jika Anda punya keluhan kesehatan, segera konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar