Sukses

Manfaat Totok Wajah untuk Mengatasi Sakit Kepala

Tradisi pijat tradisional totok wajah disinyalir mampu untuk mengatasi masalah sakit kepala. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Siapa yang betah mengalami sakit kepala menyiksa? Bila sudah begitu, obat-obatan yang dijual bebas kerap dipilih sebagai jalan pintas mengatasinya. Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan, tak ada salahnya Anda mencoba terapi totok wajah untuk mengatasi sakit kepala.

Teknik pengobatan tradisional Tiongkok ini dipercaya dapat mengobati beragam keluhan kesehatan, termasuk sakit kepala.

1 dari 3 halaman

Totok Wajah untuk Meredakan Sakit Kepala

Dinukil dari Healthline, penekanan pada titik-titik akupresur di wajah telah lama digunakan untuk mengatasi banyak keluhan kesehatan, mulai dari hidung tersumbat, demam, hingga sakit kepala.

Pada dasarnya, bagian tubuh manusia saling terhubung dengan bagian lain. Yang artinya, mengobati sakit kepala dapat dilakukan dengan memijat atau menekan lokasi lain.

Terapi ini sudah lama dipraktikkan di Tiongkok. Saat ditotok, beberapa titik akan dipijat ataupun ditekan dengan jari, siku, ataupun telapak tangan pemijat. Terkadang, pemijat dapat menggunakan alat khusus.

Akan tetapi, menurut dr. Sepri T. Limbong, belum banyak studi yang mendukung pijat refleksi atau totok wajah untuk mengatasi sakit kepala. Studi yang ada saat ini pun masih sangat terbatas.

Artikel lainnya: Perbedaan Antara Totok Aura dan Totok Wajah

“Masih perlu lebih banyak bukti ilmiah untuk pressure point dan sakit kepala ini. Jadi belum bisa dibilang ini (totok wajah) efektif dalam mengobati sakit kepala,” ucap dr. Sepri.

Sebenarnya, cara mengobati sakit kepala itu tergantung penyebabnya. “Sakit kepala itu ada berbagai tipe, jadi pengobatannya harus tergantung pada penyebabnya,” dia menambahkan.

Meski demikian, bukan berarti teknik akupresur sama sekali tidak bermanfaat dalam mengatasi sakit kepala. Dalam Healthline, ada beberapa studi yang meneliti terapi pijat di kepala dan bahu dapat meredakan sakit kepala.

Dalam satu studi kecil tahun 2002 itu, para ilmuwan meneliti pemberian pijat untuk membantu meredakan sakit kepala. Penelitian dilakukan selama 6 bulan pada empat orang dewasa yang mengalami sakit kepala kronis. Mereka menjalani terapi dengan frekuensi 2-3 kali seminggu.

Dalam penelitian tersebut, para relawan yang diberikan pijatan mengaku sakit kepala yang dialami turun pada minggu pertama pengobatan.

Kemudian, pada akhir masa pengobatan, rata-rata jumlah kekambuhan sakit kepala relawan berkurang. Relawan yang semula mengalami sakit kepala 7 kali seminggu, setelah menjalani terapi hanya mengalami 2 kali keluhan dalam periode yang sama. 

Rata-rata durasi sakit kepala para relawan juga berkurang setengahnya selama masa pengobatan. Dari sebelumnya 8 jam, setelah terapi pijat berkurang menjadi 4 jam saja.

Artikel lainnya: Sederet Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

2 dari 3 halaman

Titik Totok Wajah untuk Sakit Kepala

Meski masih membutuhkan penelitian, bukan berarti Anda tidak bisa mencoba totok wajah sebagai alternatif mengatasi sakit kepala. 

Terdapat beberapa titik tekanan di tubuh yang dipercaya dapat meredakan keluhan sakit kepala. Berikut lokasinya.

  1. Drilling Bamboo

Drilling bamboo berada di lekukan di dua sisi titik, tempat batang hidung bertemu punggung alis.  Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti cara ini:

  • Pakai dua jari telunjuk Anda untuk memberi tekanan kuat pada dua titik sekaligus.
  • Pertahankan selama sekitar 10 detik.
  • Lepaskan lalu ulangi lagi.

Menekan titik-titik tersebut bisa meredakan sakit kepala akibat kelelahan mata dan sinus.

  1. The Third Eye

The third eye hampir sama dengan drilling bamboo tapi metode ini hanya menggunakan satu jari. Titik tekan dapat ditemukan di antara kedua alis tempat batang hidung bertemu dengan dahi. 

  • Gunakan jari telunjuk salah satu tangan untuk menekan area ini dengan kuat selama 1 menit.
  • Tekanan kuat yang diterapkan pada titik tekanan mata ketiga dianggap dapat meredakan kelelahan mata serta tekanan sinus penyebab sakit kepala.

Meski efektivitas totok wajah untuk mengatasi sakit kepala belum banyak diteliti, teknik ini relatif aman dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika sakit kepala tak juga mereda, jangan tunda untuk berkonsultasi kepada dokter.

JIka Anda punya pertanyaan lain seputar manfaat totok wajah untuk kesehatan, konsultasikan dengan dokter di layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar