Sukses

Manfaat Bibit Gandum bagi Kesehatan

Tidak hanya biji gandum tapi bibit gandum atau yang disebut dengan wheat germ juga punya banyak manfaat untuk tubuh lho! Apa saja khasiatnya?

Bibit gandum (wheat germ) merupakan bagian dari inti gandum yang akan tumbuh menjadi tanaman gandum. Meksi umumnya dibuang, tapi bibit gandum dapat ditemukan di sereal gandum, granola, camilan jagung, dan tersedia juga dalam kemasan mentah. 

Biasanya bibit gandum cocok dijadikan sebagai topping es krim, sereal, smoothies, maupun yoghurt. Bibit gandum memiliki nilai gizi yang sangat baik bagi kesehatan

Menanggapi manfaat bibit gandum, begini kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Wheat germ kaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan, sehingga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Vitamin E dapat mendukung daya tahan tubuh, membantu memelihara kesehatan jantung, dan memelihara kadar kolesterol,” ujarnya.

Artikel Lainnya: Alasan Roti Gandum Baik untuk Diet Anda

Tak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan lain dari bibit gandum. 

1 dari 3 halaman

1. Sumber Mineral Baik

Bibit gandum mengandung berbagai mineral, seperti seng, mangan, fosfor, dan magnesium.

Mineral seng berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus seperti flu. Magnesium bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu menjaga jantung dan tulang Anda tetap kuat. 

Lalu, fosfor dapat memperbaiki dan menumbuhkan jaringan dengan bantuan kalsium. Sementara itu, mangan berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular 

Bibit gandum mengandung fitosterol, yakni zat yang membantu menurunkan penyerapan kolesterol. 

Karena kemampuan tersebut, fitosterol juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung. Agar pencegahan penyakit kardiovaskular maksimal, imbangi dengan melakukan pola hidup sehat, ya.

3. Membangun Otot 

Bibit gandum adalah sumber protein nabati yang baik dan bisa membantu Anda kenyang lebih lama. Selain itu, protein dari bibit gandum dapat membangun dan memperbaiki otot tubuh. 

Artikel Lainnya: Menguak Manfaat Bekatul untuk Kesehatan Tubuh

2 dari 3 halaman

4. Menurunkan Risiko Kerusakan Sel

Kandungan vitamin E dari bibit gandum dapat melindungi zat-zat yang mengandung lemak di dalam tubuh. Beberapa contoh zat mengandung lemak adalah sel otak, membran sel, dan kolesterol. 

Vitamin E, yang juga berperan sebagai antioksidan, dapat melindungi sel lemak dari kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh. Kerusakan ini dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Meningkatkan Energi 

Bibit gandum mengandung banyak vitamin esensial. Beberapa di antaranya adalah vitamin B, seperti folat, tiamin, dan vitamin B6.  Hadirnya vitamin B di dalam bibit gandum mampu mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi bagi tubuh. 

Itu dia beberapa manfaat bibit gandum untuk kesehatan. Untuk tahu manfaat kesehatan dari makanan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar