Diet dan Nutrisi

Manfaat Vitamin K untuk Mengatasi Mata Panda

Tamara Anastasia, 11 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penggunaan vitamin K di dalam skincare memang tidak sepopuler vitamin lainnya. Tetapi vitamin K efektif untuk mengatasi mata panda, lho.

Manfaat Vitamin K untuk Mengatasi Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata merupakan kondisi yang umum dialami banyak orang. Mata panda kerap dialami mereka yang sering begadang atau bekerja hingga larut malam.

Meski bukan suatu kondisi yang berbahaya, tetapi mata panda bisa menurunkan kepercayaan diri penderitanya.

Sebagai solusi untuk mengatasi mata panda, Anda bisa rutin mengoleskan eye cream mengandung vitamin K.

Manfaat Vitamin K untuk Mengurangi Mata Panda

Vitamin K adalah jenis vitamin yang larut di dalam lemak. Vitamin K bisa ditemukan di dalam makanan dan diproses oleh usus besar.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam fungsi tubuh, termasuk membantu pembekuan darah, meregulasi kalsium darah, dan menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K juga memiliki beberapa kandungan seperti antioksidan dan sifat antiinflamasi yang diklaim bisa mengatasi pembekuan darah.

Menanggapi manfaat vitamin K untuk mengurangi mata panda, begini tanggapan dari dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

“Vitamin K dan turunannya dianggap bisa mengurangi garis atau lingkar hitam di bawah mata. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti vitamin C. Jadi, vitamin K ini bekerja dengan membekukan darah yang terkumpul di pembuluh-pembuluh kecil di bawah mata.”

Meski begitu, dr. Muhammad Iqbal mengatakan produk dengan kandungan vitamin K tidak dijual secara tunggal.

Biasanya, vitamin K akan dicampurkan dengan bahan lainnya di dalam satu produk eye cream.

Nantinya, beberapa kandungan tersebut akan mencerahkan kulit di sekitar garis mata atau lingkar bawah mata.

Adakah Efek Samping Vitamin K Terhadap Kulit?

“Hingga saat ini, belum ditemukan efek samping yang signifikan dari vitamin K. Dengan catatan, penggunaan eye cream mengandung vitamin K ini dilakukan dengan benar, sesuai petunjuk yang tertera. Waspadai juga kulit sensitif dan pilih bahan yang memang aman untuk semua jenis kulit,” ujar dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Vitamin Untuk Mengatasi Bercak Melasma

Agar eye cream mengandung vitamin K bisa memberikan hasil yang maksimal, Anda harus mengimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Di antaranya, Anda harus tidur dalam jumlah atau waktu yang cukup setiap harinya. Anda diminta untuk tidur minimal 7 sampai 8 jam setiap malam.

Jika insomnia menyerang, cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Misalnya dengan melakukan peregangan, mendengar lagu instrumental, dan latihan pernapasan.

Anda juga bisa mengonsumsi segelas susu hangat dan selai kacang untuk membantu tidur lebih pulas. Sebab susu hangat bisa membantu membuat tubuh rileks dan roti selai kacang membantu perut terasa kenyang.

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

SkincareVitamin K

Konsultasi Dokter Terkait